Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Kamis, Oktober 25

Jangan Mengungkit Sedekah Karena Bisa Merusak Berkah


Jangan Mengungkit Sedekah Karena Bisa Merusak Berkah

Infokyai.com - Bersedekah merupakan salah satu kegiatan yang positif yang baik dilakukan, dalam islam pun dianjurkan. Bersedekah itu, bisa dengan materi ataupun non materi. Intinya ikhlas dengan apa yang disedekahkan antara perkataan dan perbuatan.
.
.
Namun saja terkadang ada diantaranya masih saja ada yang mengungkit sedekah itu sendiri, antara perbuatannya dan perkataannya tidak balance, bahkan hingga menyakitkan orang yang menerima sedekah itu sendiri. Sebagaimana firman Allâh Azza wa Jalla pada ayat berikut ini "Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allâh, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Robb mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al-Baqarah:262)
.
.
Dalam ayat dibawah ini, Allâh Azza wa Jalla melarang untuk manna (mengungkit pemberian) dan adza (perkataan atau perbuatan yang menyakitkan), karena hal itu akan membatalkan pahala  sedekah yang telah mereka berikan. Allâh Azza wa Jalla berfirman "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allâh dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allâh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (Al-Baqarah:264)
.
.
Demikianlah, semoga ilmu yang kita dapatkan hari ini bisa bermanfaat dan menjadi penuntun kelak menuju ke Akhirat. InshaAllah kita semua menjadi orang yang dimuliakan oleh Allah SWT. Aamiin. (*)
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jangan lupa tag temenmu untuk saling berbagi informasi 👍, berbagi kebaikan sedikitpun, kelak akan ada perhitungannya di akhirat. InshaAllah jadi amalan jariyah untuk kita semua. Aamiin.
.
.
#infokyai #sunnah #ceramah #kajian #ustadz #islam #muslim #kebaikan #peduli #renungan #berbagipahala #dakwah #dosa #sedekah

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...