Breaking News

Berbuat Baik Kepada Tetangga. InshaAllah Menghantarkan Jalan Menuju Syurga


Berbuat Baik Kepada Tetangga. InshaAllah Menghantarkan Jalan Menuju Syurga

Infokyai.com - Tetangga merupakan saudara terdekat yang bilamana jika kita sedang ada musibah ialah yang pertama kali menolong selain orang yang ada di rumah.
.
.
Rasulullah SAW pun telah mencontohkan kehidupan dalam segi kemasyarakatan. Beliau mengajarkan hidup bertetangga, sebagaimana sabda beliau adalah sebagai berikut "Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir (kiamat) hendaklah berbuat baik kepada tetangga. Dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya menghormati tamunya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya berkata yang baik atau hendaknya diam"(HR.Muslim)
.
.
Bahkan jikalau ada kerabat tetangganya yang masih dalam kekurangan, sebaiknya dibantu bilamana kita mengetahui keadaannya.
.
.
Rasulullah SAW juga bersabda "Tidaklah beriman dengan baik orang yang bermalam dengan perut kenyang, padahal tetangganya berbaring dalam keadaan lapar, sedang ia mengetahui keadaan tetangganya.
.
Adapun tentang hidup bergotong royong, hidup dalam suasana saling tolong menolong, banyak sekali hadits-hadits yang mengajarkan tentang itu, seperti halnya sabdah beliau sebagai berikut "Barangsiapa yang memudahkan kesulitan saudaranya, niscaya Allah akan memudahkan jalannya ke surga (HR.Muslim)
.
.
Itulah motivasi bagi umat Islam, umat Islam di seluruh dunia adalah sesama saudara seiman dan seagama. Apalagi ada tetangga yang sakit atau menderita, solidaritas kita tergugah untuk ikut meringankan penderitaan mereka.
.
.
Solidaritas yang luhur ini bila digalang secara baik dan teratur dengan manajemen yang canggih, InshaAllah tidak akan ada rakyat yang miskin dan kelaparan, karena banyak umat Islam yang hidup di negara-negara makmur dengan sumber daya alam yang melimpah ruah.
.
.
Akhlak yang luhur sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana Beliau bersabda "Ahlak yang baik dapat menghapus kesalahan, bagaikan air yang menghancurkan tanah yang keras. Dan akhlak yang jahat dapat merusak amal, seperti cuka yang merusak manisnya madu.(HR.Baihaqi)
.
.
Semoga untuk kita semua yang sering membantu tetangga sekitarnya, InshaAllah jalan menuju syurga dilancarkan. Aamiin (*)
.
. ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jangan lupa tag temenmu untuk saling berbagi informasi

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung