Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Agustus 25

Mirisnya, Guru Honorer Gajinya Rp 200 Ribu per Bulan


Mirisnya, Guru Honorer Gajinya Rp 200 Ribu per Bulan

Infokyai.com - Baru - baru ini sejumlah guru honorer di Cirebon mengeluhkan gaji yang mereka terima dari profesi ini. Pasalnya, mereka hanya mendapat gaji Rp 75 ribu sampai Rp 200 ribu per bulannya.
.
.
Potret guru honorer di cirebon ituu kian viral, dan membuat netizen pun merasa miris melihat perjuangan guru yang hanya di gaji minim sekali.
.
.
Teryata, Sejumlah guru honorer ini yang tergabung dalam Forum Honorer Pendidik dan Tenaga Kependidikan (FHPTK) PGRI, Kabupaten Cirebon. Mereka menyampaikan keluhan ini kepada DPRD setempat pada hari Jumat kemarin.
.
.
"Jumlah guru honorer, plus guru penjaga sekolah, dan pustakawan di kita ada 6.606 orang. Kesejahteraan kita sangat jauh dari cukup, sebab paling besar sebulan hanya Rp200 ribu, dan yang paling rendah Rp 75ribu per bulannya," kata Ketua Umum FHPTK PGRI Kabupaten Cirebon, Sholeh Abdul Ghofur.
.
.
Para guru ini meminta adanya APBD yang dianggarkan untuk kesejahteraan mereka. Mereka juga meminta dilindungi hukum dan mengangkat guru honorer yang telah berusia 35 tahun ke atas menjadi PNS.
.
.
"Jadi kami menginginkan, agar yang sudah 35 tahun ke atas, karena terbentur batasan umur untuk daftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk bisa difasilitasi menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) ," katanya.
.
.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Cirebon, Asdullah Anwar mengatakan, bahwa pihaknya selama ini sudah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honorer ini.
.
.

Asdullah mengaku bahwa tahun ini masing-masing dari guru honorer mendapat insentif Rp 100 ribu per orang. Meskipun pemberian insentif itu belum merata.
"Jadi totalnya, dalam satu tahun, setiap guru akan mendapatkan tambahan Rp1.200.000, dan keseluruhan anggaran yang dikeluarkan untuk insentif itu senilai Rp 6 miliaran per tahun," ujar Asdullah.

Di sisi lain, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Bejo Kasiono mengaku prihatin dengan kondisi guru honorer di daerahnya, Cirebon.
"Kita sangat prihatin dengan kesejahteraan para guru honorer, karena upah mereka tidak sampai setengahnya dari UMK. Kita akan dorong supaya ada payung hukum," katanya. (*)
#infokyai #viral #guru #honorer #pengajar #pelajar

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...