Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Job Fair 13 - 14 Desember 2018 KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Rabu, Agustus 8

Duh, Ketahuan Curang, UMY Coret Status Mahasiswa Baru yang Memakai Joki Saat Ujian Masuk


Duh, Ketahuan Curang, UMY Coret Status Mahasiswa Baru yang Memakai Joki Saat Ujian Masuk

Infokyai.com - Praktik perjokian masih saja dipergunakan, apalagi jika untuk bisa masuk ke Universitas yang diinginkan, ternyata masih saja ada orang yang berlaku curang. Salah satunya adalah dengan menggunakan joki. Joki inilah yang nantinya menggantikan calon mahasiswa baru untuk melaksanakan ujian.
.
.
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah memutuskan untuk mencoret status mahasiswa baru yang terbukti memakai jasa joki saat ujian masuk pada Jumat (3/7) lalu. Langkah ini diambil setelah UMY berdiskusi dengan sejumlah pihak terkait termasuk dengan orang tua calon mahasiswa.
"Mahasiswa yang terbukti menggunakan joki diputuskan untuk digugurkan oleh UMY dalam diskusi yang dilakukan oleh tim penerimaan mahasiswa baru dengan orangtua calon mahasiswa," kata Rektor UMY, Gunawan Budiyanto lewat keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (7/8/2018).
Gunawan menjelaskan bahwa perilaku curang tersebut seharusnya tidak terjadi di perguruan tinggi yang menjunjung tinggi asas integritas dan kejujuran.
"Ini merugikan UMY sebagai institusi pendidikan dan juga menghilangkan kesempatan calon mahasiswa lainnya. Terlebih anak yang pintar namun terhalang biaya pendidikan, karena kami memiliki banyak skema pembiayaan pendidikan untuk anak yang punya kapasitas," ujarnya.

Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru UMY, Siti Dyah Handayani mengatakan bahwa langkah dan keputusan pencoretan status mahasiswa baru pengguna joki di UMY diambil setelah pihaknya menggelar evaluasi bersama. yaitu berdiskusi dengan orangtua wali mahasiswa yang berbuat curang.

Dyah melanjutkan, agar kasus serupa tidak terulang, UMY akan terus berupaya meningkatkan kualitas ujian masuk. Salah satunya dengan menggunakan finger print sejak awal pendaftaran, saat tes ujian masuk, dan sampai mereka dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UMY.

Sebelumnya, seorang joki ujian masuk gelombang keempat tahap kedua di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tertangkap basah sedang menggantikan salah satu peserta ujian.

#news #infokyai #yogyakarta #mahasiswa #pendidikan #ujian #UMY

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...