Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di Telkomsel KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Minggu, Juli 1

Resep Bawal Masak Tauco, Enak Lho

Via cookpad.com
Resep Bawal Masak Tauco, Enak Lho

Kuliner, Infokyai.com - Bawal merupakan salah satu jenis ikan yaitu ikan bawal. Ikan ini termasuk ikan laut. Lalu apa yang dimaksud dengan Tauco? Tauco sendiri merupakan sebuah makanan yang terbuat dari biji kedelai yang telah di fermentasi. Menu 'Bawal Masak Tauco' ini merupakan salah satu menu makanan yang diolah dengan cara di tumis. 

Beda dengan tumis biasa, pada menu ini ikan tidak langsung ditumis begitu saja melainkan harus di goreng terlebih dahulu baru kemudian di tumis dengan bumbu-bumbu. Menu ini memiliki rasa pedas asam. Rasa asam timbul karena adanya tambahan belimbing wuluh. Belimbing ini sengaja di tambah kan karena untuk memberi rasa asam serta segar pada masakan. Anda penasaran dengan rasanya? Tetap simak uraian di bawah ini yaa 😊

Baiklah, tanpa panjang lebar, kali ini kita akan bahas mengenai cara untuk mengolah masakan 'Ikan Bawal Masak Tauco'. Sesuai dengan namanya, pada menu ini ikan bawal di campurkan dengan tauco. Wah, pasti enak tuh..

Sebelum kita memulai untuk mengolahnya, terlebih dahulu kita persiapkan bahan-bahan nya. Adapun bahan-bahan dan bumbu yang oeu dipersiapkan  adalah sebagai berikut :

Bahan yang diperlukan :
* Ikan bawal 4 ekor
* Bawang putih 3 butir
* Bawang Bombay ½
* Jahe 2 cm
* Cabai hijau 2 buah
* Tauco 3 sdm
* Kecap manis 2sdm
* Belimbing wuluh 2 buah
* Daun salam 1 lembar
* Batang serai 1 tangki
* Air 200 ml
* Minyak goreng 2 sdm

Jika bumbu dan bahan diatas telah disediakan, selamat kita akan bahas cara untuk mengolahnya menjadi menu masakan yang lezat dan nikmat untuk disantap. Untuk mengolah menu ini, adalah beberapa langkah yang akan kita lakukan, yaitu sebagai berikut :
Langkah pertama, cuci ikan bawal terlebih dahulu sampai bersih. Setelah itu, goreng ikan sebentar saja atau setengah batang. Baru kemudian  angkat dan sisihkan sebentar.

Langkah kedua, setelah ikan selesai di goreng, selanjutnya cincang halus bawang putih, sisihkan. Iris tipis jahe lalu sisihkan. Cincang halus bawang Bombay lalu sisihkan. Iris miring/condong cabai hijau lalu sisihkan. Untuk batang serai nya, cukup kita memarkam saja

Langkah ketiga, jika semua bumbu telah di iris-iris, selanjutnya tinggal penumisan, tumis bawang putih, bawang Bombay, cabai hijau dan jahe hingga tercium aroma harum. Setelah tercium aroma harum baru kita masukkan ikan bawal nya, lalu tambahkan tauco, kecap manis, belimbing wuluh, salam, serai, dan air secukupnya. Masak di atas api kecil sampai kuah mengental. Menggunakan api kecil bertujuan untuk maksimal rasa, maksudnya disini adalah supaya bumbu dapat meresap dengan baik kedalam daging. Jika dirasa sudah cukup matang, angkat dan sajikan

Catatan :
1. Menu ini cukup di konsumsi oleh 3-5 orang
2. Ikan Bawal kita goreng terlebih dahulu bertujuan untuk mematangkan ikan, sedang pada saat ditumis untuk peresapan bumbu.
3. Jika anda pencinta pedas, anda dapat menambahkan cabai hijau pada saat menumis.

Demikianlah pembahasan kita kali ini, mengenai cara untuk mengolah Ikan Bawal Masak Tauco. Terimakasih telah sejenak membaca. Mudah-mudahan apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita. Amin (tm)



Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...