Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Job Fair 13 - 14 Desember 2018 KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Juli 7

Ini yang Terjadi Ketika Susu Kental Manis Diminum Selayaknya Susu

Ilustrasi Minum Susu | Foto Ist
Ini yang Terjadi Ketika Susu Kental Manis Diminum Selayaknya Susu

Infokyai.com - Marak topik susu kental manis sudah beredar ke masyarakat, hal itu pun menjadi perbicangan hangat diberbagai kalangan. Hal ini dikarenakan sebuah surat edaran dari Badan Pengawas Obat dan Makanan tentang pelabelan dan iklan produk.
Baca Juga :   Tak Hanya Susu Kental Manis, 3 Makanan Sehat Ini Juga Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan https://goo.gl/8zcdEd
Susu kental manis tidak hanya berpotensi menaikkan risiko diabetes karena kandungan gulanya yang banyak. Produk semacam itu jika dikonsumsi dengan cara yang salah juga mengganggu asupan nutrisi lain terutama bagi anak-anak.

"Kalau ini untuk dipakai harian dan dianggap sebagai pengganti nutrisi, ini menjadi kurang pas. Karena dominasi gulanya. Padahal untuk anak kecil, kalau sudah dikasih sesuatu yang mengenyangkan contohnya dari SKM (susu kental manis), otomatis dia akan berisiko untuk kenyang dan itu membuat asupan gizi berikutnya jadi terganggu," kata dokter Spesialis Gizi Klinis, Marya Haryono seperti dilansir Infokyai.com dari Health Liputan6.com.

Lanjutnya, Mengkonsumsi susu kental manis jika dilakukan secara rutin maka dampaknya asupan gizi yang dapatkan didominiasi oleh asupan gula.  "Tapi kalau rutin diminum terus, otomatis asupan gizinya didominasi oleh gula. Kalau untuk orang dewasa kalau mungkin ini untuk asupan tambahan, risikonya termasuk obesitas," tambah Marya.

Selain itu, Marya juga mengatakan selain obesitas, gangguan lain yang bisa ditimbulkan dari penyalahgunaan susu kental manis adalah pada gula darah.
Baca Juga :   Setelah Susu Kental Manis, Minuman 'Sari Buah' Pun Kena Sentil, Hingga Jadi Perbincangan Hangat https://goo.gl/gjV32P
Lebih Bijak Menggunakannya
Walaupun memberi edaran, BPOM tidak melarang penggunaan SKM sebagai pelengkap makanan. Contohnya untuk pemanis bagi kopi, kue, maupun es buah.

"SKM bukan tidak boleh. Boleh, namun mohon diperhatikan untuk apa penggunaan SKM. Ada hal yang perlu disampaikan agar kita semua mendapatkan hal yang baik," kata Direktur Standarisasi Pangan Olahan BPOM Dra. Mauizzati Purba, Apt, M.Kes dalam sosialisasi yang diadakan oleh BPOM beberapa waktu lalu.

"Setelah ini, harapannya kita menjadi lebih bijak dalam menyikapi dan menyajikan pangan yang baik untuk keluarga dan diri sendiri," Mauizzati pada kesempatan tersebut.
Baca Juga : BPOM Resmi Nyatakan Susu Kental Manis Tak Mengandung Susu, Jangan Mengkonsumsi Berlebihan https://goo.gl/BRE7MQ
Dari hal itu pun, masyarakat harus bijak dalam mengkonsumsinya, bukannya adanya pelarangan terkait SKM, namun saja jangan dikonsumsi secara berlebihan, bisa dipergunakan seperti untuk melengkapi kue, pemanis kopi, teh, maupun  es buah.  (*)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...