Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Senin, Juni 18

Tips Mudik Lebaran Aman, Sehat, dan Selamat

ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/ama/17
Tips Mudik Lebaran Aman, Sehat, dan Selamat

Infokyai.com - Kesehatan adalah salah hal utama yang harus dipersiapkan, dan dipertanggungjawabkan saat anda ingin melaksanakan mudik, bilamana diri anda tidak terlalu sehat, hmm sebaiknya jangan paksakan diri anda, karena bisa mengakibatkan kendala saat diperjalanan mudik. 
Baca JUga :  7 Tips Mudik Sehat dan Aman, Mau Tau? https://goo.gl/99heiQ
Seperti dilansir infokyai.com dari tirto.id, Kesehatan yang prima penting sekali jika ingin mudik Lebaran berjalan baik, selamat, aman, dan menyenangkan. Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menyatakan pihaknya telah menyediakan layanan kesehatan jika terjadi masalah kesehatan.

"Kalau terjadi masalah kesehatan dan dalam keadaan darurat saat mudik, segera hubungi 119,” kata Nila pada Teleconference di Markas Besar Polri, Jakarta, Selasa (5/6/2018) dilansir dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan RI. 

Terkait hal ini, Menkes juga pernah menjelaskan sejumlah upaya untuk meminimalkan potensi kecelakaan dan masalah kesehatan saat mudik.

Sebagaimana diberitakan di laman depkes.go.id, tips mudik sehat, aman dan selamat yang ditujukan kepada pemudik, pengemudi dan masyarakat umum ini di antaranya adalah pemudik perlu menyiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.

Selain itu, periksa kondisi kelayakan kendaraan dan tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi.

Tips lainnya, kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk. Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak, serta gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara. Diingatkan juga untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

"Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat, buanglah sampah pada tempatnya, tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia. Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat," lanjutnya.

Terkait pemeriksaan kesehatan, Kemenkes berkoordinasi dengan dinas kesehatan di kabupaten/kota untuk melakukan cek kesehatan pengemudi bus di 48 terminal pada H-10 sampai H+10. Disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pemudik, pemantauan data morbiditas dan mortalitas saat arus mudik.

“Pemeriksaan itu meliputi wawancara, pemeriksaan fisik, gula darah, kadar alkohol dalam tubuh, dan kadar narkoba. Selain itu pengemudi bus juga perlu memperhatikan waktu istirahat, makan makanan yang sehat, dan lakukan peregangan saat istirahat,” kata Menkes.

Menkes mengatakan waktu istirahat lakukan setiap 2 jam untuk pengemudi roda dua, dan setiap 4 jam untuk pengemudi roda 4 minimal selama 15 menit. 

Selain itu, Kemenkes juga menyebarluaskan informasi bagi masyarakat tentang tips mudik sehat, aman, dan selamat di berbagai media, (elektronik, cetak, media sosial), memasang pesan kesehatan di terminal keberangkatan (Terminal Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Kali Deres, Stasiun Senen, Gambir, Pelabuhan Tanjung Priok, bandara, dan rest area di sepanjang jalur mudik.

Selain itu, Menkes juga mengatakan upaya yang dilakukan Kementerian Kesehatan untuk mudik 2018 dengan menambah 84 fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes), yakni menjadi 3.910 Fasyankes di sepanjang jalur mudik.

Total jumlah tersebut terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 2.231 Puskesmas, 375 rumah sakit, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan 174 Public Safety Center (PSC) 119.

Sementara itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Depok turut membagikan beberapa tips mudik itu.

"Upayakan agar para pemudik dapat tidur nyenyak minimal enam jam sebelum berangkat," kata Ketua IDI Kota Depok, Sukwanto Gamalyono dilansir Antara. 

Sukwanto menambahkan juga agar pemudik tidak menempuh perjalanan dalam keadaan lapar. Sebisa mungkin ada asupan makanan bergizi yang dikonsumsi sebelum perjalanan. Perbanyak unsur karbohidrat dan protein yang merupakan sumber tenaga bagi para pemudik.
Baca JUga : Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan, Ingat Buat Yang Halal Ya, Cek https://goo.gl/mB5t8D
Sukwanto menganjurkan kepada para pemudik agar tidak menggunakan pakaian yang ketat. Sebab, sambungnya, selain dapat mengganggu kenyamanan saat melakukan perjalanan, hal itu juga dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan para pemudik.

"Dengan memakai pakaian yang ketat, maka akan membuat para pemudik lebih cepat berkeringat, serta aliran darah tidak sempurna. Sehingga dapat dengan cepat menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik," ujarnya.


Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...