Breaking News

Mau Buat Bakwan Jagung? Ini Dia Resepnya!

Ilustrasi | Foto Ist
Mau Buat Bakwan Jagung? Ini Dia Resepnya!

Bakwan merupakan salah jenis gorengan yang biasa di konsumsi dalam sehari-hari. Di beberapa tempat di sekitar kita, ada saja penjual gorengan yang menjual bakwan. Bakwan memang enak dimakan sebagai makanan pendamping ataupun juga enak dimakan begitu saja. Bakwan biasanya dimakan dengan tambahan cabai, karena, menurut sebagian orang, jika memakan bakwan tidak menggunakan cabai, maka memakan bakwan menjadi kurang enak.

Bakwan yang sering kita jumpai di penjual gorengan, biasanya bakwan yang isiannya daun kol dengan campuran bahan-bahan lainnya. Namun, bagaimana jika bakwan di buat dengan menggunakan jagung ya?. Tentu saja bisa, karena untuk membuat bakwan jagung ini, hampir sama dengan membuat bakwan lada umumnya. Yang membedakannya disini adalah bahan utamanya yaitu jagung.

Untuk membuat bakwan jagung, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Adapun bahan-bahan yang perlu kita persiapkan yaitu;
- Jagung Manis 2 buah. (Pastikan jangung masih muda dan basah)
- Daun bawang 1 batang
- 1 siung bawang putih
- 1 butir Telur Ayam
- 6 sendok makan tepung terigu
- ½ sendok teh soda kue
- 50 cc air
- 2 sendok teh gula pasir
- ½ sendok teh garam halus
- Merica dan ;
- Minyak goreng untuk menggoreng.

Setelah bahan-bahan diatas telah tersedia, selanjutnya kita akan mengolahnya menjadi bakwan  yang enak. Ada beberapa langkah untuk membuat bakwan jagung, yaitu sebagai berikut;

Langkah pertama, Cuci terlebih dahulu jangung, kemudian sisir menggunakan pisau, lalu tumbuk hingga setengah hancur. Setelah itu masukkan kedalam wadah adonan.

Langkah kedua, haluskan bawang putih, potong tipis-tipis daun bawang, kemudian masukkan kedalam adonan. Masukkan 1 butir telur kedalam adonan kemudian aduk-aduk hingga adonan menjadi rata.

Langkah ketiga, Tambahan tepung terigu, gula, garam, merica dan tambahkan air dikit demi sedikit kemudian aduk-aduk hingga adonan pas ( tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental)

Langkah keempat, sebelum digoreng, tambahan soda kue kedalam adonan, kemudian aduk-aduk hingga rata. Setelah itu, gorenglah kira-kira satu centong nasi kedalam penggorengan, lakukan berulang- ulang hingga adonan habis. Pastikan minyak untuk menggoreng cukup banyak dan mengunakan api sedang. 

Langkah kelima, bolak-balik bakwan dalam penggorengan sampai bakwan berwarna kecoklatan, kemudian angkat. Selanjutnya tiriskan bakwan hingga minyak berkurang. Selanjutnya siapkan piring dan bakwan siap untuk disajikan.

Bagi Anda yang suka pedas, anda bisa memakan bakwan dengan tambahan cabai. Namun, bagi yang tidak suka pedas, bisa langsung dimakan begitu saja. Memakan bakwan juga enak dengan menggunakan kuah cuka. Kuah cuka yang biasa digunakan untuk memakan bakwan adalah kuah cuka pada empek-empek. Ini akan memberikan rasa yang lebih nikmat.

Demikiaah cara mengolah bakwan jagung, selamat mencobanya dirumah yaa 😊 (tm)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung