Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Job Fair 13 - 14 Desember 2018 KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Senin, Juni 11

Malam Pertanda Lailatul Qadar?


Malam Pertanda Lailatul Qadar?

Infokyai.com - Bulan Ramadhan tahun ini (1439H) masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, jika sudah masuk di hari-hari terakhir seringkali muncul sebuah pertanyaan apa pertandanya malam Lailatul Qadar, hal itu pun marak beredar di jejaring sosial media
.
.
Seperti dilansir @infokyai dari dakwah.id, Informasi paling kuat yang terdapat dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya sebatas mengabarkan bahwa lailatul qadar itu terdapat di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dan malam yang lebih pantas untuk terjadinya lailatul qadar adalah malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan tersebut, tanpa ada penegasan pada urutan hari tertentu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Carilah Lailatul Qadar pada malam yang ganjil dalam sepuluh malam yang akhir dari Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari No. 1878)

Memang ada hadits yang menyebutkan waktu yang lebih sempit dari itu, namun hadits tersebut juga tidak menyebutkan secara pasti di hari ke berapa lailatul qadar terjadi.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar radliallahu ‘anhuma, seorang laki-laki dari sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bermimpi bahwa Lailatul Qadr terdapat pada tujuh hari terakhir (dari bulan Ramadlan). Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang telah beri’tikaf bersamaku maka hendaklah dia beri’tikaf pada sepuluh malam-malam akhir. Sungguh aku telah diperlihatkan tentang malam Lailatul Qadar ini namun kemudian aku dilupakan waktunya yang pasti. Maka carilah pada malam sepuluh akhir dan carilah pada malam yang ganjil.” (HR. Al-Bukhari No. 1887) .
.
Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullahmengatakan, “Lailatul Qadar hanya terdapat di bulan Ramadhan, di sepuluh hari terakhir, di malam yang ganjil, bukan pada urutan malam tertentu yang disebutkan di bulan itu. Inilah yang ditunjukkan oleh begitu banyak riwayat berkenaan tentang itu.” (Fathul Bari Syarh Shahih al-Bukhari, Ibnu Hajar al-Asqalani, 4/306) .

#dakwah #dakwahshubuh #kultum #siramanrohani #islam #muslim #fitnah #kajianshubuh #shubuh #sikap #berdoa #sabar #tawakal #ramadhan #bulanramadhan #puasa #lailatulqadar

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...