Breaking News

Israel Selidiki Penembakan Paramedis Palestina Razan Najjar di Gaza

Razan Al-Najar, paramedis Palestina yang ditembak tentara Israel di perbatasan Gaza. FOTO/Reuters
Israel Selidiki Penembakan Paramedis Palestina Razan Najjar di Gaza 

Infokyai.com - Paramedia Palestina Razan Najjar yang tewas di Gaza ketika sedang bertugas, membuat luka mendalam bagi umat muslim khususnya Palsetina, padahal ketika itu Razan hanya menjalankan tugas untuk membantu sesama.
Baca Juga : Razan yang Tewas Ditembak Saat Bertugas, Israel Berdalih Telah Bertindak Sesuai Aturan https://goo.gl/SM2XXA
Dilansir infokyai.com dari tirto.id, Militer Israel menyatakan sedang menyelidiki penembakan paramedis Palestina, Razan Najjar yang menyebabkan perempuan berusia 21 tahun itu meninggal dunia. Razan ditembak saat berada di antara pengunjuk rasa yang terluka di Gaza.

Seperti dikutip dari The Washington Post pada Minggu (3/6/2018), Israel menyatakan akan menyelidiki kematian Razan. Mereka memastikan pasukannya bekerja "sesuai dengan prosedur standar operasi yang telah ditetapkan."

"IDF (Israel Defence Forces/Pasukan Pertahanan Israel) terus bekerja dan berusaha mengurangi jumlah korban di wilayah pagar keamanan Jalur Gaza," kata militer dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip The Washington Post, Sabtu (2/6/2018) waktu setempat.

Saksi di lokasi aksi protes menyatakan Razan mendekati pagar pengamanan dengan tangan terangkat, untuk menunjukkan kepada tentara Israel bahwa ia bukan ancaman. 

Razan bermaksud mengevakuasi seorang pengunjuk rasa yang terluka dan berbaring di sisi pagar. 

Tak lama setelah ia menolong pengunjuk rasa, ia ditembak tepat di dadanya hingga menembus ke belakang.

Razan Najjar menjadi perempuan kedua yang tewas di perbatasan Gaza dan Israel sejak protes massal yang dimulai pada awal Maret lalu. Perempuan pertama yang tewas adalah seorang pengunjuk rasa yang masih remaja.

Lebih dari 115 orang tewas dalam aksi tersebut. Razan membantu mengevakuasi dan mengobati warga yang terluka selama unjuk rasa.

Seorang relawan medis, Rida Najjar (29)—tak punya hubungan darah dengan Razan, mengatakan ia berdiri di samping Razan saat penembakan itu.
Baca Juga : Mengenal Koeswali yang Wajahnya Mirip Pak Harto https://goo.gl/VhWTZP
"Ketika kami memasuki pagar untuk menolong pengunjuk rasa, Israel menembakkan gas air mata ke arah kami. Kemudian seorang penembak jarak jauh menembak satu kali dan langsung mengenai Razan."

"Awalnya Razan tak menyadari dia ditembak, namun kemudian ia mulai menangis dan berkata, 'punggungku, punggungku' dan ia jatuh ke tanah," kata Rida, seperti dikutip Aljazeera.

Rida pun tak menyangka Razan ditembak, sebab mereka "terlihat jelas" mengenakan rompi putih paramedis dan membawa tas obat-obatan.

"Seragam kami terlihat jelas, rompi kami dan tas obat-obatan, terlihat jelas. Tidak ada pengunjuk rasa di sekitar kami," tambahnya.

Proses pemakaman Razan pada Sabtu (2/6/2018) waktu setempat dihadiri ribuan warga Palestina. Para petugas media mengenakan seragam putih, berbaris dalam prosesi pemakaman.
Baca Juga : Suasana Haru, Ribuan Orang Menghantarkan Jenazah Razan Al Najjar yang Mati Ditembak Israel https://goo.gl/5X8mTk
Mereka memegang bendera Palestina dan foto Razan. Sementara ayah Razan berjalan sambil memegang rompi putrinya yang bernoda darah.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung