Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Rabu, Juni 27

Cara Membuat Es Putri Hijau dengan Mudah, Mau Tau?

Ilustrasi | Foto makanapadandimana.blogspot.com

Cara Membuat Es Putri Hijau dengan Mudah, Mau Tau?

Infokyai.com - Dalam cuaca yang panas, biasanya kita menginginkan sesuatu yang dingin dan menyengarkan badan. Apa itu?.. tentu saja adalah minuman dingin. Anda dapat minum minuman untuk menyegarkan tubuh anda. Namun, bila anda kurang puas dengan minuman dingin yang biasa, anda dapat minum olahan es yang enak dan menyegarkan, salah satunya adalah es putri hijau. 

Berbicara mengenai es putri hijau, mungkin anda sudah paham dengan minuman yang satu ini. Namun, bagi anda yang belum paham dan tidak tahu apa itu es putri hijau?, Akan dijelaskan pada uraian di bawah ini. Karena itu, simak terus hingga akhir yaaa

Es putri hijau merupakan es yang terbuat dari mentimun muda dan kelapa muda serta tambahkan sirup yang menyegarkan. Minuman ini dinamakan es putri hijau karena terdapat warna hijau.

Warna hijau ini timbul karena adanya mentimun hijau muda yang diolah dengan cara di serut sehingga membuat minuman menjadi hijau. Sedangkan kata 'putri' ini menggambarkan bentuk tampilannya yang cantik, sehingga dinamakan Es Putri Hijau.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat es putri hijau. Untuk membuatnya, kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut :
Bahan utama :
- Mentimun muda 750 gr
- Kelapa muda 1 bauh
- Es batu secukupnya

Bahan untuk pembuatan sirup : 
- Air minum 350 ml
- Gula pasir 200 gr
- Air asam Jawa 1 sendok makan
- Garam ½ sendok teh
- Satu buah cabai rawit halus

Setelah bahan selesai di persiapkan, selanjutnya adalah proses pengolahan nya. Untuk membuat es putri hijau ini, ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan, yaitu sebagai berikut ;
Langkah pertama, kupas kulit mentimun atau biarkan begitu saja, lalu cuci dengan hingga bersih. Setelah itu, buang bagian ujungnya kemudian serut mentimun dengan menggunakan alat serut buah, lalu sisihkan.

Langkah kedua, potong buah kelapa pada bagian ujungnya, lalu tampung airnya dengan wadah. Setelah airnya habis, belah menjadi dua bagian kemudian keruk daging buahnya dengan menggunakan alat keruk buah. 

Langkah ketiga, dalam langkah ini kita akan membuat sirupnya. Campurkan semua bahan pembuatan sirup kedalam satu wadah, lalu masak dan aduk-aduk hingga gula mencair. Masak hingga mendidih kemudian angkat dan saring. Setelah itu sisihkan dan biarkan hingga sirup menjadi dingin.

Langkah keempat, setelah sirupnya dingin campurkan dengan mentimun dan kelapa mudah kedalam satu wadah. Aduk-aduk hingga rata. 

Langkah kelima, siapkan gelas atau mangkuk saji kemudian isi dengan campuran sirup buahnya. Setelah itu tambahkan dengan potongan es batu secukupnya. 
Nah, jadi deh es putri hijau nya. Segera nikmati selagi masih dingin atau sebelum es batu mencair, karena bila es telah mencair minuman akan terasa kurang segar.

Mengkonsumsi minum minuman es memang dapat menyegarkan badan dan dapat menghilangkan haus seketika. Namun, bila mengkonsumsi nya terlalu banyak, akan menjadi kurang baik. Bahkan bisa menyebabkan sakit. Jadi sebaiknya mengkonsumsinya sekedar saja.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara membuat Es Putri Hijau. Bila anda tertarik dengan minuman yang satu ini, silahkan untuk mencobanya dirumah yaa (tm)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...