Breaking News

Jika Ibu Menyusui Berpuasa Akankah Berdampak Pada ASI?

Via family.fimela.com
Jika Ibu Menyusui Berpuasa Akankah Berdampak Pada ASI? 

Infokyai.com - Pada bulan ramadhan, seringkali banyak pertanyaan terlontarkan mulai dari masalah sahur, menggosok gigi, berprilaku, dan lainnya, dan salah satunya yang kali ini dibahas adalah terkait tentang Ibu Menyusui berpuasa, akankah berdampak pada asi yang akan dibeirkan ke anak ? dari tema yang kali ini kita bahas, yuk simak baik - baik penjelasannya, dibawah ini. 

Baca Juga :
Berbuka Puasa Dianjurkan dengan yang Manis, Tapi Jangan Berlebihan https://goo.gl/qG9tXo
Bagaimana Hukum Menjual Makanan dan Minuman di Siang Hari pada Bulan Ramadhan? https://goo.gl/DXnWXg

Dilansir infokyai.com dari family.fimela.com,  Ibu menyusui banyak yang takut berpuasa karena mengkhawatirkan kualitas ASI selama berpuasa. Benarkah? Ibu menyusui yang ingin berpuasa boleh saja lho. Karena menurut penelitian puasa dalam waktu yang tidak berkepanjangan sebenarnya tidak mengurangi asupan nutrisi dan produksi ASI. Jadi jangan khawatir ya, Bu, karena ibu tetap bisa menjalankan ibadah puasa dan menyusui tanpa takut produksi dan kualitas ASI menurun.

Seperti yang diungkapkan oleh presenter cantik Melanie Putria dalam akun pribadi twitternya siang ini, "Subhanallah,bukti bahwa berpuasa tidak mengurangi produksi ASI. Masih dapat 100ml dipagi tadi dan sampai siang ini". Nah, kalau kamu ingin seperti Melanie Putria, yang bisa tetap menyusui meski menjalankan ibadah puasa? Kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut agar selama puasa tidak mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan kualitas ASI menurun.

Memenuhi Kebutuhan Serat Lebih Banyak
Tidak hanya di bulan puasa, ibu menyusui memang harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Nah, apalagi di bulan puasa, saat ibu menyusui akan berpuasa selama hampir 13 jam tidak mengonsumsi makanan dan minuman.

Karena itu saat yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan serat saat bulan puasa adalah di saat sahur. Buatlah hidangan makanan sahur yang dilengkapi dengan sayur dan buah. Sebab kandungan serat banyak terdapat di sayuran.

Mencukupi kebutuhan serat di  bulan puasa bisa mencegah ibu menyusui mengalami konstipasi. Selain itu sayuran tidak hanya kaya serat tetapi juga vitamin A, karoten, lycopene dan zat antioksidan lainnya. Kebiasaan mengonsumsi sayuran di saat sahur juga bisa membuat ibu menyusui menahan lapar lebih lama lho.

Istirahat yang Cukup           
Untuk menjaga stamina dan produksi ASI selama ibu menyusui menjalankan ibadah puasa luangkan waktu untuk tidur siang. Karena salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kualitas ASI adalah dengan istirahat yang cukup. Ibu menyusui disarankan untuk tetap beraktivitas di pagi hari dan sore hari. Saat siang hari ibu menyusui sebaiknya beristirahat selama 60 menit dengan tidur.

Tetap Makan Tiga Kali Sehari
Salah kaprah kalau ibu menyusui tidak menjaga pola makan tiga kali sehari selama bulan puasa. Karena berpuasa bagi ibu menyusui bukan artinya menghilangkan satu kali waktu makan. Selain sahur dan berbuka puasa, ibu menyusui bisa kembali makan sebelum waktu tidur. Dengan tetap makan tiga kali sehari maka pemenuhan gizi dan nutrisi serta kualitas ASI akan terjaga baik.

Baca Juga :
Hukum Bersiwak di Siang Hari Bulan Ramadhan https://goo.gl/57Yt1S
4 Kiat agar Puasa Ramadan Lebih Mudah untuk Ibu Menyusui https://goo.gl/TrUCYr

Ibu menyusui juga bisa menambahkan menu segelas susu di setiap santap sahur dan berbuka puasa. Karena susu mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan selama menyusui. Jadi ibu menyusui bisa kok berpuasa tanpa berdampak pada produksi ASI.

Demikianlah informasi yang dapat disajikan kali ini terkait tentang "Jika Ibu Menyusui Berpuasa Akankah Berdampak Pada ASI?" semoga bermanfaat, untuk kalian semua. (*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung