Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Selasa, Mei 29

Cara Mudah Khatam Al Qur’an Selama Bulan Ramadhan

Via wajibbaca.com
Cara Mudah Khatam Al Qur’an Selama Bulan Ramadhan

Infokyai.com - Bulan Ramadan adalah bulan penuh dengan berkah. Sehingga sayang sekali jika dilewatkan begitu saja tanpa diisi dengan kebaikan dan beribadah, salah satunya dengan membaca Alquran. Bulan Ramadhan memiliki kekhususan dengan Al-Qura'nul Karim, sebagaimana firman Allah SWT: "Bulan Ramadhan, yang di dalamnya diturunkan permulaan Al-Qur'an ... " (Al-Baqarah: 185).
Baca Juga :  33 Hal Inilah yang Kerap Disangka Dapat Membatalkan Puasa Padahal Tidak Membuat Batal Puasa https://goo.gl/7TFEXj
Akan tetapi untuk sebagian umat Muslim terkadang menghatamkan Al Qur’an dalam bulan Ramadhan adalah hal yang berat. Banyak sekali yang akhirnya gagal melakukannya. Lalu adakah cara mudah dalam menghatamkan Al Qur’an selama bulan Ramadhan? Tentu saja ada asalkan kalian mau menyicil membacanya. Dibawah ini ada tips-tips menghatamkan AL Qur’an dengan mudah. Mari kita simak sama-sama tips-tipsnya.

1.Membaca Al Qur’an Untuk Mengisi Waktu Luang 
Sesibuk apapun pekerjaan atau kegiatan yang kamu miliki setiap harinya, tentu kamu memiliki waktu luang untuk beristirahat kan? Oleh karena itu, kamu tetap memiliki kesempatan dalam menghatamkan Al Qur’an. Jadi manfaatkan sebaik mungkin waktu yang kamu miliki dalam bulan Suci dengan sebaik mungkin. Sebab bulan Ramadhan hanya sekali dalam setahun dan belum tentu tahun depan kita bisa bertemu dengan bulan Suci ini, kan?
Jumlah juz ada 30
Jumlah surat ada 114
Jumlah ayat 6.236
Jumlah halaman kurang lebih 600

Dari jumlah yang ada diatas maka didapatkan: Jika ada 6.236 ayat dalam Al Qur’an dan diestimasikan 5 ayat dalam 1 menit. Maka 6236:5 =  1247,2 menit = 20 jam 47 menit 12 detik. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak bisa khatam loh ya, karena dalam satu bulan kamu memiliki waktu sebanyak 24x30 = 720 jam atau 43.200 menit atau 2.592.000 detik.

2.Membaca Al Qur’an Setiap Selesai Salat
Tips yang pertama adalah dengan membaca Al Qur’an setiap selesai salat. Biasanya dalam satu juz terdapat delapan belas halaman atau sembilan lembar. Jadi setiap kamu selesai salat maka kamu bisa menyicil membacanya sebanyak dua lembar atau empat halaman. Hitungan tersebut bisa kamu gunakan jika kamu ingin menghatamkan Alquran sebanyak satu kali selama Ramadan. Istilahnya adalah ODOJ alias One Day One Juz. Namun, jika kamu ingin menghatamkan lebih dari satu kali selama Bulan Suci, maka kamu harus membaca dilipat gandakan setiap usai salat. 

3.Khataman Alquran untuk yang perempuan
Lalu bagaimana cara khatam Al Qur’an bagi seorang perempuan? Pasti jauh lebih sulit kan? Tentu. Sebab mereka masih harus melewati masa haid atau menstruasi. Kita ambil contoh paling lama haid selama 10 hari, jadi waktu untuk menghatamkan Al Qur’an selama bulan Ramadhan hanya tersisa 20 hari. Maka rumusnya adalah begini: Kita bulatkan saja halaman dalam Al Qur’an ada 600 halaman. Jadi 600 halaman dibagi dengan 20 hari adalah 30 halaman. Maka kamu harus menyicil membaca Al Qur’an sebanyak 30 halaman setiap harinya atau 1,5 juz setiap hari. Apakah itu memberatkan kamu? Tentu tidak kok. Jika sudah dibaca maka pasti akan membuat hati kamu terasa nyaman. Mari kita sama-sama khatamkan bacaan Al Qur’an kita dan tetap semangat semua.
Baca Juga :  Apa Saja Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa? https://goo.gl/Q9CDFz
Demikianlah artikel ini yang berjudul "Cara Mudah Khatam Al Qur’an Selama Bulan Ramadhan" semoga bermanfaat (fad)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...