Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Job Fair 13 - 14 Desember 2018 KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Rabu, April 18

Transformasi Diri Dengan Membangkitkan Alam Bawah Sadar

ILustrasi | Foto news.com.au
Transformasi Diri Dengan Membangkitkan Alam Bawah Sadar

Infokyai.com - Pernahkah kalian bertanya bagaimanakah tubuh kita bisa melakukan setiap aktivitas, dan dapat  mengeluarkan berbagai macam ekspresi dan emosi?. Yang kita ketahui semua itu berasal dari perintah otak yang akan disebarkan kesetiap saraf di seluruh tubuh. Namun pertanyaan besarnya adalah dimanakah seluruh ingatan yang ada tentang setiap hal yang telah kita lakukan, serta emosi maupun ekspresi yang kita tampilkan sebelumnya disimpan?, apakah hal-hal tersebut benar-benar tersimpan, atau justru hanya sesuatu yang muncul sesaat kemudian akan menghilang tanpa jejak?. 

Saat manusia dilahirkan dan menangis, dan kemudian tertawa apakah kita ingat momen-momen itu. Dan jawabanya tentu saja tidak, karena saat kita mulai tumbuh dan beranjak dewasa, lalu menua segala memori di masa lampau perlahan akan mulai memudar seiring dengan semakin jauh jarak memori tersebut dengan kita yang ada di masa saat ini. Dan setiap ingatan tersebut akan disimpan di dalam alam bawah sadar kita. 

Sebagain besar orang akan benar-benar melupakan ingatan masa lampaunya dengan alasan yang berbeda-beda, namun setiap ingatan tersebut sebenarnya dapat dibangkitkan kembali dengan sengaja maupun tidak disengaja, kebanyakan dari kita mungkin akan mengalami kata yang kedua yakni secara tidak sengaja ingatan itu dapat muncul di saat-saat yang kritis maupun keadaan yang biasa, dan seolah-olah kita pernah merasa berada atau mengaitkan suatu ingatan dengan aktivitas yang tengah dilakukan di masa kini. Ini adalah hal yang paling umum dikenal oleh kita semua yang biasanya disebut dengan dejavu. 

Dan pertanyaan kedua adalah mengapa sebagian besar ingatan yang kita miliki hanya tersimpan di alam bawah sadar dan jarang atau hampir tidak pernah sama sekali muncul di saat kita mungkin memutuhkannya. Contohnya seperti saat kita sedang belajar untuk ujian besok, biasanya itu akan dilakukan dengan sungguh-sungguh, namun hasil dari belajar dalam satu malam ternyata tidak cukup untuk mendapat nilai yang baik, padahal sebenarnya kita hanya tinggal mengulang pelajaran tersebut, karena itu sudah dipelajari sebelumnya saat berada di kelas, anggap saja itu sudah kita pelajari seminggu yang lalu, tapi kenapa pelajaran tersebut seakan sama sekali tidak tersimpan di dalam otak. Sebenarnya semua itu tidaklah benar, karena setiap ingatan atau hal yang pernah kita baca dan pelajari maka secara otomatis akan tersimpan di memori otak. Lalu kemana hilangnya semua itu?. Dan disinilah  kita akan membahas tentang alam bawah sadar dan cara membangkitkanya. 

Adakah yang kenal dengan kata “Subconscious”?, kata tersebut berasal dari bahasa inggris yang artinya “Alam bawah sadar.” Yaitu merupakan sebuah pikirian bawah sadar dimana semua ingatan, kebiasaan, rencana, dan keinginan terbentuk sehingga dapat berubah menjadi kenyataan. Segala yang tertanam di dalam subconscious mind merupakan unsur pembangunan self image  atau citra diri yang diyakini sebagai kepribadian sesorang. Citra diri ini terbangun melalui proses yang dimulai dari pengalaman masa kecil yang telah tertanam di alam bawah sadar. Segala hal yang berkaitan dengan rasa atau perasaan akan dioperasikan oleh otak kanan. 

Sayangnya kadangkali, seseorang itu terlalu menyangka bahwa apa yang ada pada dirinya, merupakan suatu yang tetap dan tidak bisa diubah. Karena itulah tanpa disadari kapasitas subconscious mind-nya mengendap dan tersembunyi. Sebenarnya anggapan yang kurang baik mengenai diri sendiri bisa diubah menjadi lebih baik sesuai keinginan. Proses ini disebut sebagai subconscious reprogramming. Yakni dengan menghapus program otak, meskipun untuk menghapusnya dari alam bawah sadar tidaklah mudah. 

Hal itu membutuhkan sebuah proses dan waktu. Inilah yang disebut self transformation. Karenanya harus diadakan aktivitas tambahan di luar paket yang disediakan oleh banyak pusat pelatihan pikiran dan meditasi agar efisien. Dengan seringnya berlatih bukan mustahil akan memunculkan daya pikir yang powerfull. Dan kondisi ini bukan tak mungkin akan membuat seseorang berada dalam keadaan superconscious. Dimana seluruh daya pikir terpakai secara seimbang.  


Pada dasarnya untuk meningkatkan atau membangkitkan alam bawah sadar adalah dengan melatih keseimbangan otak, yakni antara otak kanan dan otak kiri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam senam otak, atupun melalui pusat pelatihan pikiran yang ada. Dan semua itu harus dilakukan secara rutin tanpa henti dan jeda hingga terasa adanya perbedaan dalam proses penyimpanan ingatan. Ini adalah cara tradisional yang sangat efektif untuk diterapkan pada diri sendiri. 

Dan pada era modern saat ini ada pula media yang dapat digunakan untuk membangkitkan alam bawah sadar tanpa harus melalui latihan yang intens, salah satu contohnya adalah dengan media gelombang suara. Gelombang suara ini terdiri dari gabungan suara alam dan suara gelombang yang mendengung. Media tersebut dapat digunakan saat dalam keadaan yang tenang sehingga akan bekerja dengan baik untuk membangkitkan alam bawah sadar sesuai keinginan kita.  (Red/E)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...