Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Job Fair 14-15 Agustus 2018 KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Rabu, April 18

Sejarah Bung Karno Yang Perlu Kamu Tau

Foto Ist
Sejarah Bung Karno Yang Perlu Kamu Tau

Infokyai.com - Ir. Soekarno atau yang lebih dikenal dengan panggilan bung Karno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901. Soekarno diangkat menjadi presiden pada tanggal 18 Agustus 1945. Soekarno merupakan putra dari pasangan bapak Raden Soekami Sosrodiharjo dan Ibu Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno dijuluki sebagai "singa podium" karena menguasai beberapa bahasa asing. 

Baca JUga :
7 Potret Unik Emak - Emak Lagi Berkendara Tapi Bikin Ngakak https://goo.gl/XoFPVp
Cara Debat Australia-Asian Parliamentary System https://goo.gl/8ZYqEo
Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Menanggulangi Banjir https://goo.gl/TWLPce

Mengutip dari wikipedia, Jenjang pendidikan Soekarno dimulai dari Indische School (IS) di Tulang Agung. Lalu lanjut ke Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Jawa Timur, kemudian melanjutkan pendidikan ke Hogene Burger School (HBS) Surabaya dan melanjutkan kuliah di Technische Hogere School (THS).

Sejak remaja Soekarno sudah aktif dalam beberapa organisasi seperti Tri Koro Dharmo yang sekarang telah berganti nama menjadi Jong Java. Organisasi tersebut merupakan organisasi dari Budi Otomo. Soekarno memiliki alasan tersendiri untuk ikut bergabung di Jong Java, menurut Soekarno sebuah organisasi yang Jawa-sentris dan hanya memikirkan nilai kebudayaan memiliki tantangan tersendiri. Selain aktif dalam berorganisasi Soekarno juga aktif dalam menulis dan menghasilkan beberapa karya. 

Selain di kenal sebagai presiden Republik Indonesia Soekarno juga dikenal sebagai arsitek. Bahkan saat menjabat sebagai presiden Soekarno menghasilkan beberapa karya arsitektur dan selalu berusaha menata indonesia dengan sangat baik sebagai negara yang baru merdeka.

Pada masa penjajahan Jepang pada tahun 1942 - 1945, tokoh-tokoh Indonesia seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan lain-lain dimanfaatkan oleh Jepang untuk mengikuti beberapa organisasi seperti BPUPKI, PPKI, dan Jawa Hokokai serta ikut berperan aktif untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. 

Presiden Soekarno sendiri, saat pidato pembukaan menjelang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan, mengatakan bahwa meski kita bekerja sama dengan Jepang sebenarnya kita percaya dan yakin serta mengandalkan kekuatan sendiri. Namun saja karena ketika itu Soekarno ikut juga terlibat dalam organisasi-organisasi Jepang akhirnya Soekarno dituduh oleh Belanda bekerja sama dengan Jepang yaitu dalam kasus romusha. 

Selain aktif dalam berorganisasi Soekarno juga aktif dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Soekarno adalah perumus Pancasila, UUD 1945, dan merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Pada tanggal 19 September 1945, ketika itu Soekarno dapat menyelesaikan peristiwa Lapangan Ikada tempat rakyat Jakarta akan bentrok dengan pasukan Jepang tanpa pertumpahan darah. Karena kewibawaannya lah Soekarno dapat menyelesaikan masalah ini tanpa pertumpahan darah. Tidak hanya itu Soekarno dapat menyelesaikan masalah di kota pahlawan yaitu Surabaya, namun usahanya gagal dikarenakan provokasi oleh pasukan NICA (Belanda) bersama sekutu. 

Tidak hanya itu Soekarno juga banyak memberikan gagasan pada dunia Internasional. Contohnya pada saat konferensi Asia-Afrika. Konferensi tersebut dilaksanakan karena keprihatinan Soekarno terhadap bangsa Asia-Afrika yang pada saat itu belum merdeka. Setelah mengadakan konferensi ini akhirnya mengahasilkan Dasasila Bandung yang dikenal sebagai Ibu Kota Asia-Afrika. 

Setelah melakukan perjuangan yang sangan panjang untuk Indonesia dengan mengerahkan semua tenaga dan pikiran demi negeri tercinta. Akhirnya Soekarno harus menghentikan perjuangannya. Soekarno wafat pada tanggal 21 Juni 1970. Sebelum wafat Soekarno sempat mengalami sakit gangguan ginjal dan di rawat di Rs. Pusat Angkatan Darat. Soekarno sempat bertahan selama 5 tahun menghadapi penyakitnya. Soekarno di makamkan di Kota Blitar, Jawa Timur. Walaupun Soekarno meminta agar dirinya dimakamkan di Istana Batu Tulis, Bogor, namun Soeharto memilih memakamkan Soekarno di Blitar.

Baca JUga :
Guru Cantik ini Rela Gaun Putihnya Dicoret-coret, Demi Kreatifitas Anak Didiknya https://goo.gl/fkgSaN
Sejarah Nyepi Yang Perlu Kamu Tau https://goo.gl/1VkAQM

Nah guys, setelah membaca sejarah dari Ir. Soekarno kita harus lebih menghargai jasa para pahlawan ya, karena mereka kita bisa merdeka seperti sekarang (Red/AA)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...