Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Selasa, April 10

Cara Cek Daya Tampung PTN Berdasarkan Prodi di SBMPTN


Cara Cek Daya Tampung PTN Berdasarkan Prodi di SBMPTN 2018 

Infokyai.com - Bentar lagi SNMPTN 2018 akan segera di umumkan, dan buat berjaga - jaga apakah anda lulus atau tidaknya di SNMPTN 2018, sebaiknya anda mempersiapkan berbagai informasi terkait Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 yang ada di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kampus 
Hayoo! Mau Masuk Kuliah ? Tapi Masih Binggung Mau Jurusan Apa ? https://goo.gl/n9eD1N
Daftar Beasiswa 2017 / 2018 Terbaru cek di https://goo.gl/oRT5Ud
Cara Mudah Kuliah Diluar Negeri https://goo.gl/EkD5mr


Daftar Sekolah Ikatan Dinas https://goo.gl/w34Fxh

Namun saja ada hal yang menjadi pertanyaan para netizen, yakni berapakah daya tampung setiap program studi (prodi) di berbagai kampus yang membuka pendaftaran pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dilansir dari tirto.idPendaftaran SBMPTN 2018 sebelumnya telah dibuka mulai tanggal 5-27 April mendatang yang melalui proses seleksi ujian tulis cetak (UTBC), komputer (UTBK), dan ketrampilan bagi peserta yang memilih prodi tertentu.

UTBC dan UTBK bakal dilaksanakan pada tanggal 8 Mei sedangkan ujian keterampilan akan berlangsung pada tanggal 9 dan/atau 11 Mei, sementara pengumuman hasil seleksi dapat diakses melalui laman pengumuman.sbmptn.ac.id mulai tanggal 3 Juli 2018 pukul 17:00 WIB.

Untuk informasi lebih jelas tentang SBMPTN 2018 terkait panduan pendaftaran, login, pembayaran, dan pengisian form bisa disimak pada tautan berikut ini.

Kembali ke soal prodi di SBMPTN 2018, Ketua Panitia Lokal 17 SBMPTN 2018 Prof Dachriyanus mengatakan bahwa peserta diminta jeli dalam memilih prodi guna mencegah kegagalan.

"Banyak peserta yang gagal dalam SBMPTN karena salah dalam pemilihan prodi," katanya Senin (9/4) di Padang seperti dikutip dari Antara.

Sedianya calon pendaftar bisa mencarinya melalui situs resmi SBMPTN di menu Daftar PTN. Kendati demikian, siswa harus menelusuri secara manual di setiap wilayah atau satu per satu per PTN di prodi terpilih.


Tirto.id membantu menyederhanakan proses pencarian dalam tahapan memilih prodi siswa melalui aplikasi hanya dengan dua langkah mudah, masukan prodi terpilih dan klik tombol "Cari". 

Contoh skenario dalam situasi ini, semisal calon pendaftar ingin mengetahui daya tampung atau kuota prodi Kedokteran di sejumlah PTN yang memiliki prodi tersebut. Siswa tinggal masukan prodi "Kedokteran" kemudian klik "Cari". 

Tak perlu menunggu lama, aplikasi Tirto.id akan menampilkan daftar PTN yang memiliki prodi Kedokteran plus jumlah daya tampung atau seperti tabel di bawah ini.



Perguruan TinggiProgram StudiKuota
Universitas Diponegoro (UNDIP)Kedokteran Gigi24
Universitas Gadjah Mada (UGM)Kedokteran70
Universitas Sebelas Maret (UNS)Kedokteran100
Upn "veteran" Jakarta (UPN JAKARTA)Kedokteran60
Universitas Mulawarman (UNMUL)Kedokteran Gigi12
Universitas Jambi (UNJA)Kedokteran42
Universitas Hasanuddin (UNHAS)Kedokteran Hewan27
Universitas Diponegoro (UNDIP)Kedokteran86
Universitas Lampung (UNILA)Pendidikan Kedokteran68
Universitas Gadjah Mada (UGM)Kedokteran Gigi60
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)Kedokteran Gigi30
Institut Pertanian Bogor (IPB)Kedokteran Hewan55
Universitas Padjadjaran (UNPAD)Kedokteran Hewan30
Universitas Gadjah Mada (UGM)Kedokteran Hewan96
Universitas Udayana (UNUD)Kedokteran Hewan39
Universitas Airlangga (UNAIR)Kedokteran Hewan100
Universitas Nusa Cendana (UNDANA)Kedokteran Hewan24

Pada tabel di atas tertampil tiga kolom informasi yakni daftar PTN, prodi (Kedokteran), dan daya tampung atau kuota. Siswa bisa mengetahui PTN mana yang memiliki kuota prodi Kedokteran terbanyak yang bisa dijadikan pertimbangan ketika memilih prodi tersebut saat mengisi form SBMPTN.


Untuk mengetahui daya tampung prodi tertentu di beberapa PTN bisa dilakukan menggunakan aplikasi yang disediakan Tirto.id di bawah ini dengan cara, masukan prodi favorit pada kotak yang tersedia (contoh: KEDOKTERAN) kemudian klik Cari.

Mau Coba Aplikasinya ? 
Silahkan cek di https://tirto.id/hasil-pencarian-sbmptn-2018-prodi?q=MANAJEMEN

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...