Breaking News

Dikukuhkan, CO KKBM Lampung siap laksanakan edukasi P2PMI


Dikukuhkan, CO KKBM Lampung siap laksanakan edukasi P2PMI

Bandarlampung, Infokyai.com - BNP2TKI, Senin (26/03/2018)  Usai mengikuti pembekalan Community Organizer (CO) Penggerak Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) yang dilakukan Direktorat Pemberdayaan, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)  pada Rabu hingga jumat (23/03) lalu, CO KKBM Lampung siap laksanakan edukasi Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (P2PMI) di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga : 
Heboh! Ditengah Perjalanan ke Bandung, Ibu Ini Merasa Kontraksi Mau Melahirkan di Pelabuhan Bakauheni https://goo.gl/K4wzuY
Awalnya Dua Pria Ini Malu - Malu, Eh Sekarang Malah Ketagihan Asah Akting di CamPro_Lampung https://goo.gl/q7QNN3
Mizan Goes To Campus : Meneroka Negeri Mengarungi Samudra Hikmah https://goo.gl/cPAKp2

Bertempat di Aula BP3TKI Lampung, para CO KKBM yang masing-masing berasal dari Desa Bumidaya Kec. Palas Kab. Lampung Selatan, Desa Margototo Kec. Metro Kibang Kab. Lampung Timur, Desa Kedondong Kec. Kedondong Kab. Pesawaran dan Desa Tanjung Jaya Kec. Bangun Rejo Kab. Lampung Tengah tersebut secara resmi hari ini (26/03) dikukuhkan.

Kepala BP3TKI Lampung, Mangiring Hasoloan Sinaga pada acara pengukuhan mengimbau kepada 12 orang yang berasal dari 4 Kecamatan di Provinsi Lampung tersebut untuk selalu siap siaga membantu pelaksanaan tugas BP3TKI Lampung seperti layanan Informasi P2PMI, Advokasi permasalahan PMI hingga layanan pendampingan unit usaha berbasis komunitas “Kegiatan Sosialisasi dan pemberdayaan nantinya akan digelar pada daerah asal sekitar CO KKBM, CO  mulai identifikasi” imbau  Sinaga.

Lebih lanjut Sinaga menyatakan keberadaan CO KKBM diharapkan mampu memberi dampak yang positif bagi pemerintah utamanya masyarakat luas. Dengan adanya CO KKBM, Sinaga berharap, sebagian pekerjaan rumah BP3TKI Lampung dapat terbantu dengan peran CO KKBM yang secara tidak langsung merupakan perpanjangan tangan BP3TKI dan lebih dekat dengan masyarakat. “CO KKBM harus peka terhadap permasalahan CPMI/PMI disekitarnya sehingga dapat menjembatani Gap antara Pemerintah dan Masyarakat, pengaduan yang dilaporkan kepada mereka dapat mempermudah Pemerintah menindaklanjuti permasalahan CPMI/PMI atau keluarganya di daerah” tutup Sinaga.

Hal tersebut senada dengan himbauan Sekretaris Utama BNP2TKI, Hermono dalam penutupan kegiatan pembekalan di Bogor (21/03) yang menyatakan bahwa tim KKBM di daerah-daerah yang telah dibentuk harus diperkuat. 

Setelah pengukuhan CO KKBM Lampung dengan penyerahan SK  secara simbolis dari Kepala BP3TKI kepada Koordinator CO masing-masing, giat dilanjutkan dengan paparan penajaman Tupoksi Seksi oleh Kepala Seksi Penyiapan dan Penempatan, Kepala Seksi Perlindungan dan pemberdayaan, Kepala Seksi Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program serta Pejabat Fungsional Pengantar Kerja.

Mewakili CO KKBM, Hadi Susanto menyatakan dirinya dan tim siap menjadi mata dan telinga CPMI/PMI dilingkungan kecil Masyarakat “Suara-suara para CPMI dan PMI terutama di pelosok-pelosok desa yang merupakan kantong atau sumber PMI terbanyak kami dengarkan untuk diteruskan ke BP3TKI” ujarnya.

Baca Juga : 


Teganya! Bapak Ini Cabuli Anak Kandungnya Sendiri Dari SD Hingga SMA https://goo.gl/vFMFYz
Tolak PM 108, Driver Online Kembali Demo https://goo.gl/CHndxj



Hasil Survei SMRC Ridho-Bachtiar Unggul! https://goo.gl/AM9Qb9

Sebagai informasi, KKBM ialah komunitas dari, oleh dan untuk masyarakat setempat lingkungan desa, beberapa desa atau kecamatan sumber PMI. Suatu kesatuan sosial yang memiliki kesamaan yaitu pernah, sedang atau akan bekerja ke luar negeri sebagai PMI beranggotakan PMI, keluarga, paralegal PMI, tokoh masyarakat, penggiat isu migran. Sedangkan, penggerak KKBM adalah orang yang bekerja pada tingkat komunitas/kelompok. CO-KKBM merupakan bagian dari komunitas yang mengorganisir anggota lainnya agar dengan sadar mau bergerak melakukan usaha bersama menyelesaikan permasalahan terkait penempatan dan perlindungan PMI yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya. (Rls)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung