Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Selasa, Juli 31

Bolehkah Menahan Kencing Terlalu Lama ?

Foto Ist
Bolehkah Menahan Kencing Terlalu Lama ?

Kesehatan, Infokyai.com - Menahan kencing ? apakah anda pernah ? yaps, pastinya hampir setiap orang pernah melakukan hal ini, menahan kencing dengan waktu yang lama, bisa saja disebabkan dari adanya beberapa faktor yakni, pada umumnya waktu tidur, seringkali kita menahan kencing pada waktu tidur, lalu pada saat jam sekolah, kantor, dan jam - jam penting lainnya.

Baca Juga :
Khasiat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan  https://goo.gl/GGvZ7p
Manfaat Baru China Bagi Kesehatan https://goo.gl/7JUHdT
Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kanan Yang Perlu Kamu Tau https://goo.gl/p1kzQv

Gejala ingin kencing memang tidak ada yang tau kapan datangnya, bisa saja anda waktu minum, sehabis itu beberapa menit kemudian anda ingin kencing, dan bahkan bisa beberapa jam dari itu, tergantung proses di dalam tubuh anda masing - masing, namun lantas apabila menahan kencing terlalu lama berbahayakah ? 

Dari informasi yang infokyai.com himpun, bahwasanya menahan kencing terlalu lama itu tidak baik, karena urine yang dikeluarkan tubuh adalah hasil membuang zat racun dan sebagainya. 

Memang benar kantung kemih bisa menyimpan cairan urine, namun saja jika cepat dibuang maka akan berdampak kurang baik pada bagian - bagian tubuh lainnya. Dilansir dari hellosehat.com, bahwa orang dewasa yang sehat dapat menahan sekitar 450 ml urine di dalam kantung kemih. Sedangkan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun dapat menyimpan hingga 113 ml. Semakin dewasa akan semakin tinggi kemampuan menampung air kencing.

Apa yang terjadi saat sedang menahan kencing?
Ketika Anda merasa ingin kencing, yang terjadi di dalam tubuh adalah kandung kemih sudah mulai penuh dengan cairan. Respon ini adalah proses yang cukup rumit dan melibatkan banyak otot, organ, dan sistem saraf yang bekerja untuk memberi tahu Anda inilah saatnya untuk buang air kecil.

Dilansir dari laman Healthline, saat kandung kemih Anda sudah hampir setengah penuh, kandung kemih akan mengaktifkan saraf di sekitarnya untuk memberi tahu otak. Otak akan mendapatkan sinyal bahwa kandung kemih mulai penuh dan memberi perintah untuk segera buang air kecil. Ketika mendapatkan sinyal tersebut, sistem saraf pusat akan refleks mengirimkan sinyal lagi ke saraf di sekitar kantung kemih untuk menahan pergerakannya, jangan dikeluarkan dahulu hingga Anda tiba di toilet.

Semakin lama Anda menahan pipis, ini artinya secara sadar Anda sedang melawan sinyal yang diberikan kandung kemih Anda untuk segera pipis. Semakin meregang kandung kemih Anda, maka rasa tidak nyaman pun akan semakin terasa.

Meskipun kandung kemih sebenarnya mampu meregang dan menampung urine hingga 1.000 ml, dalam beberapa kasus kandung kemih bisa pecah, dan untuk memperbaikinya butuh pembedahan khusus. Untungnya, kasus ini terhitung jarang terjadi.

Lalu apakah berbahaya jika menahan urine keluar dari kandung kemih?
Umumnya, Anda masih boleh menahan kencing asal tidak terlalu lama dan tidak sering dilakukan. Sebab, normalnya tubuh memang memiliki kemampuan alami untuk menahan air kencing keluar dari kandung kemih.

Namun, jika kandung kemih Anda menahan hingga lebih dari kapasitasnya dalam jangka waktu yang semakin lama, Anda akan mulai merasa sangat tidak nyaman.

Untuk berapa lama boleh ditahan dan berapa lama tidak boleh sebenarnya tidak ada batasan khusus, ini bisa bervariasi dari orang ke orang. Tergantung dengan respon saraf Anda, usia, seberapa banyak cairan yang Anda hasilkan, dan berapa lamanya.

Kita tetap tidak disarankan untuk menahan kencing terlalu lama
Meskipun tubuh bisa mengatur untuk menahannya, menahannya terlalu lama juga tetap ada risikonya.  

Dr. Nazia Bandukwala, seorang ahli urologi menyarankan untuk secara teratur buang air kecil setiap 3 jam sekali, meskipun Anda sedang tidak kebelet buang air sekalipun. 

Saat menahan kencing terlalu lama, nanti ketika Anda buang air kecil urine akan dipaksakan keluar dengan sangat cepat atau Anda tidak pada posisi buang air kecil yang benar (jongkok). Kondisi ini bisa melemahkan atau memaksa kerja yang berlebihan pada otot dasar panggul. Hal tersebut bisa membuat otot dasar panggul jadi terlalu aktif, nyeri kandung kemih, atau mengalami inkontinensia urine.

Menurut Dr. Bandukwala, menahan pipis terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih. Ketika Anda tidak mengosongkan kandung kemih Anda yang sudah penuh dengan bakteri di dalamnya, maka akan semakin banyak bakteri yang menetap dan berkembang dalam kandung kemih. Kondisi inilah yang membuat orang yang menahan kencing lebih tinggi risikonya untuk mengalami infeksi saluran kemih.

Selain itu, menahan kencing dalam batas waktu yang tidak terlalu lama bagi orang-orang yang sehat mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Namun, jika Anda memiliki kondisi berikut ini, akan membahayakan dan sangat tidak dianjurkan untuk menahan buang air kecil:

Pembesaran prostat
Gangguan pada kantung kemih
Gangguan ginjal
Retensi urine
Wanita yang sedang hamil

Dari informasi diatas terkait tentang Bolehkah Menahan Kencing Terlalu Lama ?. memang benar, bahwa kantung kemih bisa menyimpan urine, namun saja memang tidak dianjurkan untuk menahan kencing terlalu lama, karena dapat menyebabkan beberapa organ dibagian tubuh mengalami gejala - gejala seperti halnya yang telah disebutkan diatas. 

Oleh karena itu, sebaiknya lebih baik kita mencegah, daripada mengobati, dan sebaiknya bilamana anda ingin kencing segeralah, dan jangan tunda - tunda lagi, seperti penjelasan diatas, bahwa orang dewasa yang sehat dapat menahan sekitar 450 ml urine di dalam kantung kemih. Sedangkan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun dapat menyimpan hingga 113 ml. Semakin dewasa akan semakin tinggi kemampuan menampung air kencing. Jadi semoga bermanfaat informasi diatas, terima kasih. 

Baca Juga :
Manfaat Pelukan Bagi Kesehatan, Ingat Buat Yang Halal Ya, Cek https://goo.gl/mB5t8D
Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan https://goo.gl/rCcfda

Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan https://goo.gl/n4TBcj

Dan di ingatkan, bilamana anda mengalami gejala - gejala karena menahan kencing terlalu lama, bisa anda langsung mencoba minum banyak air untuk dapat melancarkan peredaran saluran kencing anda, dan bilamana masih mengalami gejala - gejala, sebaiknya periksakan ke dokter, untuk mengetahui kejelasan gejala yang ada di derita. Terima kasih. (Red/mp)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...