Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Job Fair 13 - 14 Desember 2018 KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Minggu, Maret 11

Asal Usul Terjadinya Hujan

Ilustrasi | Foto Ist
Asal Usul Terjadinya Hujan

Infokyai.com - Hujan adalah salah satu fenomena langka yang seringkali kita lihat setiap minggunya, dan bahkan bisa setiap harinya kita lihat bilamana Iklim hujan silih berganti. namun saja dari proses terjadinya hujan, banyak diantara kita, yang masih bertanya - tanya, bagaimana asal usulnya kok bisa air muncul dari atas ia ? nah dari hal itu pun banyak diantara kita yang menjadi penasaran, bagaimana asal mula air itu bisa turun dari atas di bagian langit - langit, dari fenomena langka itu pun infokyai.com tertarik menulusuri informasi tersebut, berikut proses terjadinya hujan yang perlu anda ketahui, yakni :

Baca Juga ;
Trend Medsos Paling Booming Tahun Ini https://goo.gl/6eLv8Y
Fakta Menarik Soal Tambang Emas Freeport https://goo.gl/zzxr68

1.Adanya bantuan panas matahari
Matahari adalah faktor pembantu terjadinya hujan
Foto Wikipedia.org
Matahari merupakan salah satu faktor terpenting dalam proses terjadinya hujan di Bumi, lantas mengapa kok bisa ? dikarenakan matahari adalah salah satu faktor yang menjadi pendukung terjadinya hujan, karena tanpa adanya bantuan panas matahari maka tidak akan terjadi proses yang namanya hujan. Sebab sinar matahari yang sangat panas dan berkilau itu telah membuat air di bumi menguap ke udara.

Jadi bisa di ilustrasikan seperti ini, panas matahari tersebut menyinari beberapa wilayah yang ada di dunia, seperti sungai, danau, laut, samudera, nah dari penyinaran kedaerah tersebut pun, air pun menguap ke udara, dan setelah menguap ke udaram serta penguapan juga terjadi pada manusia, hewan , tumbuhan dan benda-benda lainnya yang memiliki kandungan air.

Setelah air tersebut menguap maka akan menjadi pemadatan uap air dengan suhu yang tinggi, bisa dilihat dari Ilustrasi gambar dibawah ini :

Pemadatan Suhu Air
Foto Ist
Dalam ilustrasi gambar tersebut, bahwa air yang telah menguap yang berada di bumi itu, baik ke angkasa, secara tidak langsung air yang berwujud uap tersebut berubah menjadi sebuah embun. Kemudian embun yang semakin banyak tersebut mengumpul menjadi beberapa titik - titik yang semakin besar akan menjadi sebuah gumpalan awan.

Proses ini sering terlihat bilamana hujan belum turun, dan bisa anda amati, bahwa gumpalan awan tersebut, awal mula prosesnya dari air yang berada di bumi, lalu menguap, sehingga membentuk embun hingga menjadilah sebuah gumpalan awan.
Berdasarkan penelitian, pada tahap ini tetes-tetes air memiliki ukuran 5-20 mm yang mana pada ukuran ini tetesan air akan jatuh ke Bumi dengan kecepatan 0,01- 5 cm/detik sedangkan kecepatan aliran udara ke atas jauh lebih tinggi sehingga tetes air yang terbentuk tidak akan jatuh ke Bumi. "Dikutip dari lembahilmu.com
2.Adanya bantuan angin
Proses Terjadinya Hujan Bantuan Angin
Foto Ist
Pada proses pertama menjelaskan terkait penguapan air hingga menjadi gumpalan awan, namun saja dalam proses kedua ini, setelah terbentuknya beberapa gumpalan awan yang terjadi karena adanya penumpukan beberapa uap air yang menjadi embun di beberapa titik.

Kumpulan titik-titik awan yang ada di langit akan membentuk awan-awan kecil. Sehingga angin akan membuat awan-awan kecil tersebut saling bertabrakan dan menyatu membentuk kumpulan awan besar. Setelah itu awas besar tersebut akan bergerak naik sampai kepada titik suhu yang lebih rendah sehingga nantinya akan berubah warna menjadi kelabu.

3.Turunlah Hujan 
Proses Turunnya Hujan
Foto Ist
Setelah kumpulan awan besar berubah warna menjadi kelabu karena kandungan air yang dimiliki. Maka awan tersebut semakin besar dan tidak terbendung lagi menahan beratnya kumpulan titik-titik air. Sehingga butiran-butiran air tersebut jatuh ke Bumi dan disebut peristiwa hujan.

proses terjadinya hujan
Foto Ist
Bisa disimpulkan kembali bagaimana proses terjadinya hujan dari penjelasan diatas, yakni :
1.Panas Matahari Menyebabkan Penguapan Air di Muka Bumi
2.Air menguap, lalu membuat beberapa titik hingga menjadi gumpalan awan
3.Setelah terbentuk awan, maka dengan bantuan angin, terbawalah gumpalan awan tersebut ke beberapa wilayah, sehingga terjatuhlah gumpalan awan tersebut ke muka bumi, dan inilah yang disebut proses terjadinya hujan ke muka bumi.

Baca Juga ;
Kenapa Hari Minggu Libur ? https://goo.gl/hdXNFR
Menghilangkan Komedo Dengan Handuk Panas https://goo.gl/BE2D1X

Demikianlah penjelasan artikel singkat mengenai “Asal Usul Terjadinya Hujan” Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah membaca. (Red/fa/mp)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...