Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Selasa, Februari 13

Dampak Positif dan Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Telepon Genggam

Foto Ist
Dampak Positif dan Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Telepon Genggam 

Infokyai.com - Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis dan merupakan salah satu pengetahuan ilmu terapan. Teknologi juga berarti suatu informasi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Hal ini membuat perkembangan suatu teknologi telah berhasil membuat masyarakat untuk hidup semakin maju, berkembang, dan mandiri. Teknologi juga menurut Sardar tahun 1987 merupakan sebuah sarana dalam memecahkan masalah yang mendasar dari setiap peradaban manusia. Tanpa adanya teknologi, maka hal ini akan menyebabkan banyak masalah tidak bisa terpecahkan dengan baik dan sempurna.

Baca Juga :
November atua Nopember, Mana Yang Benar ? https://goo.gl/uEMpnJ
Tes Kesamptaan https://goo.gl/J1otgn
Apa Arti Mager https://goo.gl/vMqwvL

Perkembangan sebuah teknologi tersebut sudah ditandai dengan semakin canggihnya suatu teknologi yaitu telepon genggam. Telepon genggam menurut Wikipedia adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap. Namun dapat dibawa kemana saja sehingga tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. Telepon genggam ditemukan oleh Martin Cooper pada 3 April 1973. Pada awalnya fungsi dari telepon genggam hanya untuk melakukan dan menerima sebuah panggilan telepon serta untuk pengiriman dan penerimaan pesan singkat. Tapi sekarang fungsi tersebut telah bertambah mengikuti perkembangan zaman yaitu menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3), video, kamera digitar, game, dan layanan internet. Sehingga telepon genggam telah berubah seperti mini komputer. 

Perkembangan sebuah telepon genggam itulah yang telah menghasilkan banyak dampak positif maupun dampak negatif pada kehidupan manusia. Dampak positif telepon genggam sangat banyak seperti aktifitas kehidupan manusia dapat berjalan dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan sebuah telepon genggam, seperti memesan suatu ojek online untuk berpergian kemana saja sampai bisa memesan suatu makanan tanpa harus keluar rumah. (re: delivery order).  Telepon genggam juga dapat digunakan manusia untuk mencari sumber informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat serta dengan telepon genggam dapat membuat manusia bisa mendapatkan uang dengan mudah melalui penjualan online di beragam media sosial tanpa harus membuka sebuah toko. 
Akan tetapi, hal negatif yang terjadi dari telepon genggam juga tidaklah sedikit yaitu membuat manusia menjadi malas untuk keluar rumah sehingga tidak lagi saling mengenal satu sama lain terkhususnya tetangga sekitar. Anak-anak kecil juga tidak lagi bermain dan berkumpul bersama karena telah sibuk bermain game dengan telepon genggam mereka masing-masing. Serta maraknya penjualan online yang membuat manusia dengan mudah melakukan suatu penipuan yang sangat merugikan banyak pihak.

Baca Juga :
Peralatan dan Perlengkapan Cakak Pepadun Yang Harus Dipersiapkan https://goo.gl/fwcJGz
Cara Registrasi Baru dan Daftar Ulang Nomor HP Sesuai NIK KTP https://goo.gl/jzrpHb
Syarat Pemutihan Pajak https://goo.gl/U5qmA7
Dirampok di ATM Lalu Masukkan PIN Terbalik, Alarm Security Akan Bunyi, Benarkah ? https://goo.gl/ukNekB

Maka dari itu masing-masing individu terutama anak-anak dibawah umur harus terus dipantau untuk bisa memilih mana dampak positif yang harus diikuti dan membuang jauh-jauh dampak negatif. Tidak ada manusia yang bisa disalahkan dari berkembangnya teknologi sebuah telepon genggam di era globalisasi ini. Karena setiap manusia suka tidak suka memang dituntut untuk terus update mengenai perkembangan sebuah teknologi agar tidak ketinggalan zaman. Sebab teknologi sangat berguna untuk mempermudah semua manusia di dunia terutama pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat saja dan membuat sebuah pekerjaan tersebut dapat selesai dalam waktu singkat. Tapi manusia harus bisa mengingat bahwa setiap manusia yang hidup tidak ada yang bisa hidup secara sendiri, sehingga bersosialisasi dan mengenal dengan banyak masyarakat sekitar harus terus dilakukan terus menerus, walaupun perkembangan sebuah teknologi telah sangat mudah membuat manusia untuk berfikir bahwa mereka dapat hidup secara mandiri dan tidak membutuhkan bantuan orang lain.(Red/Fai)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...