Breaking News

Pengertian Saham dan Jenis Saham

livescience.com

Pengertian Saham dan Jenis Saham 
Saham? pastinya sudah banyak yang mendengar kata saham di era modern saat ini, saham merupakan surat tanda ikut penyertaan atau bisa juga disebut kepemilikan seseorang atau badan terhadap suatu saham di perusahaan yang tercatat di bursa efek. 

Di era modern saat ini, sudah banyak yang terjun ke dunia saham, mulai dari kalangan muda hingga kalangan tua, karena untuk saat ini, saham lebih mudah diakses, berbeda dengan jaman dahulu. Saat ini, anda hanya mendownload sebuah aplikasi saham, dan anda bisa memilih saham mana yang anda inginkan, kemudian anda beli. 

Namun bilamana anda sudah terjun ke dunia saham, anda perlu paham bahwa saham terdiri dari dua jenis saham, yakni saham biasa dan saham preferen, apakah kalian sudah tau yai? jika belum tau silahkan simak dibawah ini:

Saham Biasa
Didalam bursa efek, ada yang menawarkan surat berharga, namun saja saham yang merupakan produk yang familiar dikalangan masyarakat, tapi anda perlu tau, bahwa setiap perusahaan ada yang menerbitkan surat berharga, yang mana perusahaan ini dikenal dengan sebutan emiten, jadi saham yang bentuk kepemilikannya yang paling banyak menarik dana dari masyarakat.

Saham Preferen
Berbeda dengan saham biasa, saham prefen ini, merupakan gabungan dari karakterisitik saham biasa dan obligasi. Saham ini, memiliki ciri khas tersendiri, seperti saham biasa, yang tidak selamanya memberikan deviden kepada pemiliknya. Oleh itu, jika perusahaan mengalami kerugian, jadi pemilik saham tersebut tidak akan mendapatkan deviden yang sama seperti sebeluimnya. Selain itu saham preferen juga memiliki karakteristik obligasi, yaitu memberikan hasil yang tetap seperti bunga obligasi. (fe/ik)







0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung