Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Job Fair 13 - 14 Desember 2018 KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Rabu, September 19

Tanya Jawab Seputar Pendaftaran CPNS Terbaru, Terlengkap

Foto Ist
Tanya Jawab Seputar Pendaftaran CPNS Terbaru, Terlengkap
Informasi, Infokyai.com - Pertanyaan dan jawaban dibawah ini adalah terkait permasalahan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil, berikut infokyai.com sajikan dengan sumber yang diambil dari beberapa sumber yaitu :

Permasalahan NIK Dan KK Tidak Ditemukan atau Tidak Sesuai, Kenapa ya ? 
HELPDESK SSCN 2018 - NIK DAN NO KK TIDAK DITEMUKAN
Bantuan Pelamar yang tidak bisa melakukan proses registrasi ke dalam aplikasi SSCN dikarenakan Nomor Induk Kependudukan dan/atau Nomor Kartu Keluarga tidak ditemukan

DATA NIK DAN NO KK TIDAK SESUAI
Bantuan Pelamar yang tidak bisa melakukan proses registrasi ke dalam aplikasi SSCN dikarenakan Data Pelamar tidak sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan dan/atau Nomor Kartu Keluarga yang di-input kan

Bagaimana jika data Kependudukan dan Catatan Sipil saya tidak sesuai dengan ijazah?
Hubungi Kantor DUKCAPIL sesuai alamat KTP untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki

Pihak Dukcapil juga menyediakan call center bagi para calon pelamar yang dapat menyampaikan berbagai kendalanya. Bila ada pelamar yang mengalami masalah pendaftaran, dipersilakan menghubungi Hotline Dukcapil 1500537, whatsapp dan sms di 08118005373 dan email ke callcenter.dukcapil@gmail.com.

Untuk keluhan yang dikirim ke whatsapp/sms/email, calon pelamar diwajibkan menggunakan format NIK (spasi) #nama_lengkap spasi #nomor_KK (spasi) #nomor_telp (spasi) #keluhan.

Pihak BKN juga memfasilitasi calon pelamar dengan menyediakan situs sscnhelpdesk.bkn.go.id, kantor helpdesk yang terletak di Gedung I Kantor Pusat BKN serta terus berkoordinasi dengan Pihak Ditjen Dukcapil demi kelancaran pendaftaran pada hari-hari selanjutnya.

Permasalahan NIK Tidak Terdaftar, Kenapa ya ? 
Mengutip dari liputan6.com, Sekretaris Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Aba Subagja mengatakan, salah satu kemungkinan ialah karena adanya duplikasi NIK. Artinya, pelamar yang NIK-nya tidak terdaftar karena ada pihak lain yang memasukkan NIK tersebut saat pendaftaran CPNS 2017

Padahal, setiap pelamar hanya diizinkan melamar pada satu jabatan dan satu instansi. "Jadi kalau saya masukin langsung ke-input karena prinsipnya cuma sekali," kata dia di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Aba mengatakan, kondisi tersebut terjadi karena pelamar kurang teliti memasukkan data. Dia menuturkan, salah ketik NIK bisa berdampak pada pelamar CPNS lain.

"(Contoh) Saya sebenarnya maksudnya punya saya, harusnya nol, saya ketik satu, jadi bukan punya saya. Itu punya orang. Akhirnya dua-duanya tidak dapat. Akhirnya dua orang itu tidak bisa masuk," ucap dia.

Sebab itu, Aba meminta pelamar CPNS berhati-hati saat memasukkan data. Aba bilang, masalah data merupakan hal penting karena berkaitan dengan tahapan selanjutnya.


"Pertama orang itu harus betul-betul meneliti ketika memasukkan data. Karena data itu hanya diinputnya sekali, sehingga berakibat tindak lanjutnya dan ke sananya. Apalagi NIK jadi wajib karena terintegrasi. NIK cuma sekali. Kalau itu tidak valid, orang bisa berkali-kali. Itu sebetulnya salah satu untuk seleksi orang enggak bisa double-double," ujar dia.

Apakah boleh memperbaiki data yang sudah dikirim? 
Jawabannya TIDAK DAPAT memperbaiki data yang sudah di kirim, untuk itu BERHATI-HATI dalam mengisi data. Apabila ternyata masih ada data yang perlu diperbaiki setelah dikirim maka data tersebut dapat diperbaiki pada saat setelah lulus ujian dan akan proses pemberkasan untuk penetapan NIP

Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi "User Tidak Ditemukan", bagaimana solusinya?
Cek kembali Kartu Informasi Akun SSCN Anda, pastikan username yang anda ketik sesuai dengan username pada Kartu tersebut. Jika masih muncul informasi "User Tidak Ditemukan" maka anda dapat menghubungi HelpDesk SSCN 2017.

Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi "User Tidak Ditemukan", bagaimana solusinya?
Panitia CPNS akan melakukan pengecekan pada database SSCN 2017, untuk itu kami membutuhkan beberapa dokumen (FC KTP, KK) sebagai bukti pencarian data. Anda dapat menghubungi HelpDesk SSCN 2017, disini https://sscnhelpdesk.bkn.go.id/

Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi "Password Salah", bagaimana solusinya?
Cek kembali Kartu Informasi Akun SSCN Anda untuk memastikan User dan Password sudah terdaftar ke SSCN. Silahkan menuju HelpDesk SSCN 2017, disini https://sscnhelpdesk.bkn.go.id/

Sudah melakukan pendaftaran akun SSCN 2017, apakah bisa langsung login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?
Setelah anda melakukan pendaftaran akun SSCN 2017, maka anda dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK dan password yang sudah dibuat.

Dapatkah saya mengganti/membatalkan instansi yang telah saya pilih?
Anda tidak dapat mengganti instansi yang telah anda pilih apabila anda sudah menekan tombol kirim.

Bagaimana jika hasil cetak Kartu Informasi Akun SSCN tidak sesuai dengan isian?
Lakukan clear history kemudian refresh browser Anda dengan tekan (ctrl + f5).

Bagaimana jika hasil cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2017 tidak sesuai dengan isian?
Lakukan clear history kemudian refresh browser Anda dengan tekan (ctrl + f5).

Bagaimana cara mencetak ulang Kartu Informasi Akun SSCN 2017?
Silahkan lakukan Log In ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda daftarkan pilih menu Riwayat

Bagaimana cara mencetak ulang Kartu Pendaftaran SSCN 2017?
Silahkan lakukan Log In ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda daftarkan pilih menu Riwayat

Bagaimana cara mencetak ulang Kartu Peserta Ujian CPNS 2017?
Silahkan lakukan Log In ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda daftarkan pilih menu Riwayat

Tidak bisa upload (unggah) dokumen?
Pastikan ukuran file yang akan di upload tidak melebihi 300 Kb per file, format file dalam bentuk PDF, apabila melebihi ukuran tersebut maka dengan otomatis file atau berkas yang akan anda upload atau kirim akan gagal atau ditolak

Bagaimana cara upload (unggah) dokumen persyaratan?
Pastikan ukuran file yang akan di upload tidak melebihi 300 Kb, format file dalam bentuk PDF, selanjutnya buka link BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SSCN 2017 v.1
Berapa ukuran file yang diupload?
1. Pas Foto berwarna maksimal 200 Kb
2. Dokumen lain maksimal 300 Kb per dokumen

Bagaimana agar proses upload dokumen dapat lebih cepat?
Bersihkan cache, cookies (riwayat history) sehingga kita bisa lebih cepat dalam proses UPLOAD, gunakan koneksi internet yang cukup besar . paket internet yang menyediakan space bandwith besar supaya dalam pengiriman file atau berkas bisa berjalan lancar dan sesuai dengan kuota yang telah disediakan.

Dokumen apa saja yang harus di upload?
Persyaratan dokumen apa saja yang harus di upload dapat di lihat pada pengumuman pendaftaran instansi.

Saya sudah melamar secara online, apakah perlu mengirimkan berkas fisik untuk seleksi administrasi?
Anda dapat memperhatikan pengumuman dan menyiapkan berkas-berkas tersebut ketika dibutuhkan pada tahapan tes tertentu.

Bagaimana jika kartu pendaftaran atau kartu ujian saya hilang?
Anda dapat mencetak ulang Kartu Informasi Akun, Kartu Pendaftaran SSCN, Kartu Peserta Ujian melalui login ke portal SSCN.


Kapan Pengumuman seleksi Administrasi Periode I? 
Pengumuman Tanggal 5 September 2017



Seputar Pertanyaan yang sering kali dipertanyakan, dan akhirnya terjawab oleh Admin SSCN BKN, silahkan baca dibawah ini :



Kenapa Situs SSCN BKN Tidak Bisa Diakses Yai ? 
Jika situs SSCN BKN tidak bisa di akses, maka sistem SSCN BKN masih mengalami Maintenance (Pemeliharaan) dikarenakan banyaknya pelamar kerja yang mendaftar, untuk menjaga kestabilan situs SSCN BKN, maka pihak Panitia sering melakukan Maintenance

Jadi jika anda mengalami permasalahan tidak bisa masuk ke situs SSCN BKN, maka dari itu, website tersebut lagi dalam tahap perbaikan dikarenakan terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki di situs tersebut.


Untuk menjaga kenyaman situs dimohonkan untuk para pelamar CPNS harap dapat bersabar, dan selalu memantau situs Resmi penerimaaan CPNS 2017 yaitu https://sscndaftar.bkn.go.id. jika sudah dapat diakses kembali atau tidaknya.



Sumber : SSCN


Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...