Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di Telkomsel KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Minggu, Agustus 12

Kenapa Hari Minggu Libur ?

Foto Ist
Kenapa Hari Minggu Libur ?
Informasi, infokyai.com - Hari Minggu adalah hari libur nasional Negara Indonesia, dikarenakan Indonesia menggunakan tanggalan berdasarkan kalender masehi, yang konon pada asal usul kenapa kok hari minggu libur, sejarahnya karena berasal dari bangsa Romawi Kuno. 

Mengutip dari history.com, awal mula sejarah hari minggu bisa libur, dikarenakan, penanggalan yang Negara Indonesia pergunakan adalah tanggalan masehi yang berasal dari bangsa Romawi Kuno, tradisi hari minggu ditetapkan menjadi hari libur, telah ditetapkan sejak jaman Romawi Kuno di Italia yai. 

Menurut kabarnya, ditetapkan hari minggu sebagai hari libur, bukan pada hari - hari lainnya, seperti senin, selasa, rabu dst, dikarenakan pada hari minggu orang Romawi Kuno melakukan kegiatan Ibadah. 

Oleh karena itu, untuk lebih memfokuskan Ibadah, orang Romawi Kuno menetapkan Hari Minggu sebagai hari libur, agar ibadah yang dilakukan tidak akan terganggu dengan adanya sebuah kegiatan pada hari itu, sehingga ditandailah hari minggu menjadi hari libur. 

Selain itu juga, menurut kabarnya, Hari Minggu sebagai tanda kemenangan Bangsa Romawi Kuno dalam eranya menguasai berbagai negara - negara di Eropa yai, seperti negara - negara yang berhasil dikuasai meliputi : Negara Inggris, Jerman, Belanda, Prancis dan yang lainnya. 

Dari sedikit penjelasan diatas, kita akhirnya dapat mengetahui sedikit, kenapa hari minggu bisa ditetapkan menjadi hari libur, faktor utama dari Bangsa Romawi Kuno yang ingin menfokuskan ibadahnya, dan juga dalam merayakan kemenangan. 

Dan dari tradisi libur hari Minggu ini telah diwariskan ke beberapa negara - negara yang telah terjajah, salah satunya adalah Negara Indonesia, sehingga warisan hari minggu menjadi hari libur nasional melekat di negara kita yai. 

Namun saja, usul mula usul, alasan lainnya yang infokyai.com kutip dari beberapa situs, katanya, Negara Indonesia menetapkan hari minggu menjadi hari libur, dikarenakan 6 (enam) hari bekerja, dan 1 (satu) hari untuk libur, adalah salah satu kebutuhan waktu untuk menghilangkan kepenatan. 

Sekian informasi yang dapat infokyai.com bahas kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, dan jangan lupa klik share atau bagikan artikel ini ke kawan - kawan anda, semoga bermanfaat informasinya, terima kasih. (tm/mp)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...