Breaking News

Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2018 Lengkap Dengan Panduan


Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2018 Lengkap Dengan Panduan

Edukasi, infokyai.com - Baru Lulus ? Mau Kuliah ? Tapi Belum Ada Biaya. Pada Tahun 2018 ini Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan mulai dari tahun 2010 telah menggaggas Program Bantuan Biaya Pendidikan yakni Program Bidik Misi, untuk masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga :
Daftar Beasiswa 2017 / 2018 Terbaru cek di https://goo.gl/oRT5Ud
Cara Mudah Kuliah Diluar Negeri https://goo.gl/EkD5mr
Daftar Sekolah Ikatan Dinas https://goo.gl/w34Fxh

Dengan adanya Program Beasiswa Bidik Misi yang digagas dari Tahun 2010 hingga 2016 sudah banyak masyarakat yang kurang mampu, mendapatkannya, dengan memiliki potensi akademik yang baik, sehingga masyarakat yang kurang mampu juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak seperti menyelesaikan jenjang pendidkan sarjana. 

Bagi anda yang telah menjadi seseorang lulusan program beasiswa bidik misi ataupun masih baru mendaftar, diharapkan anda nantinya akan menjadi sumber daya manusia yang siap berkompetensi di era modern saat ini serta siap menjadi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Bagi anda yang tidak mempunyai prestasi, dan nilai raport anda naik turun, jangan mudah putus asa ya, menurut kabar yang beredar, bahwa program bidik misi, bisa saja anda keterima, jika anda memenuhi prosedur, jadi bisa dilihat dari 3 kriteria, nilai raport, prestasi, dan tidak mampu. 

Setiap warga Negara Republik Indonesia berhak mendapatkan pengajaran. Hak setiap warga Negara tersebut telah dicantumkan dalam Pasal 31 (1) Undang-Undang Dasar 1945. Berdasarkan pasal tersebut, maka Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi, dan masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan. Untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak mendapatkan bantuan biaya pendidikan bagi mereka yang memiliki potensi akademik baik dan tidak mampu secara ekonomi serta berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi

Persyaratan BIDIKMISI 
Persyaratan untuk mendaftar / Pendaftaran Bidikmisi adalah sebagai berikut:
1.  Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2018;
2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: a. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau b. Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
3) Seleksi mandiri PTN.
b. Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
c. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Panduan Pendaftaran Bidikmisi 2018
Panduan Pendaftaran Daring (On-line) Bidikmisi 2018
Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring pada laman bidikmisi
( http://bidikmisi belmawa.ristekdikti.go.id ) adalah sebagai berikut:
1. Tahapan pendaftaran Bidikmisi
a. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran II bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
b. Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja;
c. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
d. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masingmasing siswa yang sudah direkomendasikan;
e. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.

2. Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut.
a. SNMPTN melalui http://www.snmptn.ac.id
b. SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id
c. PMDK Politeknik melalui http://pmdk.politeknik.or.id
d. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN.
e. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS

Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang, yaitu:
a. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi;
b. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
c. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
d. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
e. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
f. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain dikegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
g. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
h. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) diatas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
i. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.

Panduan Pendaftaran Langsung (Off-line) Bidikmisi 2018
1. Sekolah dan atau calon yang tidak dapat melakukan tahapan pendaftaran Bidikmisi secara on-line untuk Seleksi Mandiri karena keterbatasan akses internet, maka:
a. Calon mengisi formulir yang terdapat di dalam lampiran Buku Pedoman Bidikmisi 2018, dan selanjutnya formulir yang telah diisi beserta berkas persyaratan lainnya disampaikan ke Kepala Sekolah.
b. Kepala Sekolah mengirimkan formulir rekomendasi (Lampiran 2), formulir pendaftaran (Lampiran 3) berserta kelengkapan berkas lainnya secara kolektif kepada masing-masing Rektor/Direktur/Ketua PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri sesuai pilihan calon. Surat pengantar rekomendasi diberi keterangan perihal surat tentang Pendaftaran Bidikmisi 2018

Baca Juga :
Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics https://goo.gl/mUWiBv
Uang Kuliah Tunggal (UKT) 2017 https://goo.gl/k9gJ3S
Passing Grade SNMPTN Universitas Negeri Terbaru di https://goo.gl/wGmrdP
Cara Cek Nomor Ijazah Secara Online https://goo.gl/c1FtLT

2. Berkas yang harus dikirim meliputi:
a. Formulir pendaftaran Bidikmisi yang sudah terisi;
b. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
c. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
d. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
e. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
f. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
g. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
h. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) di atas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
i. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya. Sekolah harus memastikan PTN dan PTS yang dipilih calon membuka kesempatan pola seleksi Bidikmisi secara offline.

Jadwal bidik misi di tahun 2018 ini bisa anda 

Pedoman Bidikmisi 2018 Klik Disini
Petunjuk Teknis Sekolah Bidikmisi 2018 Klik Disini

Petunjuk Teknis Siswa Bidikmisi 2018 Klik Disini

Demikian  yang dapat infokyai, informasikan mengenai program bidik misi, semoga dapat menjadi referensi anda untuk mendaftar beasiswa bidik misi 2018. (Red/mp)

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung