Breaking News

Panduan Pendaftaran SNMPTN Lengkap, Mulai Login Hingga Cetak Kartu Peserta

Foto beritasatu.com
Panduan Pendaftaran SNMPTN Lengkap, Mulai Login Hingga Cetak Kartu Peserta 
Edukasi, Infokyai.com - Anda kelas tiga (3) SMA/SMK/MA/MAK ? JIka ia apakah anda sudah memenuhi persyaratan mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2018 ? Jika belum simak penjelasannya dibawah ini. 

GRUP WHAT'S APP  SNMPTN 2018 https://chat.whatsapp.com/0RHn9XmtFvLEa8hmBhE5gj 

Baca Juga :
Tanya-Jawab Seputar SNMPTN Lengkap https://goo.gl/3YF2LS
Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi  https://goo.gl/fVZNQV
Daftar Beasiswa 2017 / 2018 Terbaru cek di https://goo.gl/oRT5Ud

Pertama - tama yang perlu anda ingat adalah, jika anda tidak bisa login di menu SNMPTN, maka and aharus memperhatikan dahulu, apakah persyaratan anda sudah lengkap atau belummnya. 

Perlu diingatkan, sebelum mendaftar SNMPTN, sebaiknya siswa harus melengkapi data - data dahulu, namun jika data anda sudah lengkap, anda bisa langsung login ke SNMPTN, dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password yang sama untuk Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Silahkan kunjungi https://pdss.snmptn.ac.id/.

Bagi siswa yang telah memenuhi syarat dan akan mendaftar SNMPTN 2018, ada baiknya memahami proses dan tahapannya. Berikut ini panduan untuk siswa calon pendaftar SNMPTN dan penjelasan proses masing-masing tahapan pendaftaran. yang dikutip dari snmptn.ac.id, yakni : 

Pendahuluan
Siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui alamat: http://web.snmptn.ac.id. Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN. Hanya siswa yang memenuhi syarat saja yang dapat mendaftar SNMPTN. Persyaratan untuk dapat mendaftar SNMPTN 2018 dapat dilihat di http://www.snmptn.ac.id/
Berikut adalah tahapannya:
  1. Login dengan menggunakan NISN dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada PDSS
  2. Siswa melakukan pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN
  3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN, mencakup: memilih PTN dan program studi, mengunggah foto, mengisi form pendaftaran, mengunggah bukti prestasi jika ada, menggunggah portofolio jika memilih program studi Seni dan/atau Olahraga
  4. Siswa memfinalisasi pendaftaran SNMPTN (setelah difinalisasi, pendaftaran TIDAK DAPAT DIUBAH lagi; jika tidak difinalisasi, akan dianggap TIDAK mendaftar)
  5. Siswa mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta

Login Siswa

Tampilan awal web pendaftaran SNMPTN adalah sebagai berikut:
Masukkan NISN dan password pada form login di atas. Gunakan NISN dan password yang diberikan sekolah ketika akan melakukan verifikasi nilai di PDSS. Jika Anda baru pertama kali login, maka Anda akan langsung diminta mengganti password pada halaman berikut:
Silahkan ganti password Anda.
Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan "Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2018. Silakan mengikuti SBMPTN 2018." seperti pada tampilan berikut:

Menyetujui Pernyataan

Sebelum siswa melakukan pendaftaran SNMPTN 2018, siswa diharuskan untuk membaca dan menyetujui pernyataan kesungguhan untuk mendaftar melalui jalur SNMPTN dan akan menerima konsekuensinya. Berikut merupakan tampilan pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN:
Apabila siswa menyetujui pernyataan yang diberikan, siswa menekan box peryataan persetujuan lalu menekan tombol ‘Proses’ untuk melanjutkan pada proses pendaftaran SNMPTN 2018.

Melakukan Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Pendaftaran pada daftar menu di bagian atas lalu klik tombol Formulir Pendaftaran seperti pada tampilan berikut:
Formulir pendaftaran terdiri dari 4 bagian, yaitu:
  1. PTN Pilihan 1
  2. PTN Pilihan 2
  3. Unggah foto
  4. Formulir Pendaftaran
Berikut adalah ketentuan pemilihan PTN dan program studi:
  1. Anda dapat memilih maksimum 3 program studi
  2. Anda dapat memilih maksimum 2 perguruan tinggi
  3. Anda dapat memilih maksimum 2 program studi untuk tiap perguruan tinggi
Salah satu dari perguruan tinggi yang dipilih harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah Anda (kecuali untuk provinsi Sulawesi Barat dan sekolah RI di luar negeri - karena tidak ada perguruan tinggi untuk provinsi tersebut)
Urutan PTN dan program studi menentukan prioritas pilihan. Siswa akan diseleksi dari proritas pertama (PTN pilihan 1 dan program studi pilihan 1). Jika tidak lolos seleksi, maka siswa akan diseleksi untuk pilihan berikutnya.
Klik nama PTN yang Anda pilih seperti pada tampilan berikut:
Pilih program studi yang Anda inginkan dari daftar program studi pada PTN yang Anda pilih, seperti pada tampilan berikut:
Kemudian klik tombol Selanjutnya>>.
Setelah memilih PTN dan Pogram Studi, Anda harus mengunggah foto. Foto yang diunggah harus memenuhi persyaratan berikut:
  • Wajah siswa terlihat jelas
  • Pakaian rapi
  • Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel
  • Format JPEG (.jpg)
  • Ukuran file tidak lebih dari 1 MB
Dari tampilan berikut, unggahlah fota Anda yang telah sesuai dengan persyaratan di atas:
Setelah mengunggah foto, foto dapat di-crop sesuai dengan kebutuhan dan ukuran yang tepat. Kotak untuk crop foto sesuai kebutuhan dapat digeser dan dapat diperbesar atau diperkecil. Berikut contoh tampilannya:


Jika Anda fotonya sudah sesuai persyaratan, klik tombol Selanjutnya>>
Selanjutnya, isilah form pendaftaran seperti pada tampilan berikut:
Di awal formulir pendaftaran akan tampil pilihan PTN dan program studi Anda. Pastikan datanya sudah benar. Seluruh item isian pada formulir yang bertanda (*) harus diisi dengan benar. Jika pengisian sudah selesai, klik tombol Selesai dan Simpan.

Jika Anda memiliki data prestasi, silahkan pilih menu Prestasi di bagian atas. Pada layar akan muncul tampilan berikut:
Anda dapat mengunggah maksimal tiga (3) sertifikat/piagam, atau bukti prestasi lainnya.

Jika Anda memilih program studi Seni dan/atau Olahraga, maka Anda harus melengkapi portofolio Seni dan/atau Olahraga. Pilih menu Portofolio pada daftar menu di bagian atas. Pada layar akan muncul tampilan berikut:
Saat membuat portofolio, gunakan template yang telah disediakan. Portofolio yang telah dibuat harus diunggah pada laman ini. Unggah portofolio yang telah dibuat. Beberapa portofolio harus dilengkapi dengan video. Unggah video di tempat yang disediakan. Ukuran portofolio tidak boleh lebih dari 10MB dan ukuran video tidak boleh lebih dari 15MBSebaiknya Anda tidak mengunggah portofolio dan video pada 3 hari terakhir masa pendaftaran SNMPTN. Unggahlah di masa awal pendaftaran untuk menghindari kegagalan saat mengunggah karena ada banyak siswa yang sedang terhubung ke server.
Jika Anda sudah menggunggah portofolio dan portofolio harus dilengkapi video, maka akan muncul tampilan untuk menunggah video seperti berikut:
Jika Anda ingin mengubah dokumen portofolio, pilih tab Ubah Dokumen Portofolio.

Berikut ini dapat diunduh petunjuk teknis, borang, dan template portofolio untuk bidang olahraga dan seni:
Siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio sendratasik (Seni Drama, Tari, dan Musik) cukup melengkapi salah satu dari portofolio Teater dan Seni Pertunjukan , Seni Tari, atau Seni Musik dan Karawitan sesuai dengan peminatan yang diinginkan
Jika Anda adalah siswa peserta beasiswa Bidikmisi, Anda harus memasukkan KAP dan PIN Anda. Berikut adalah langka-langkahnya:
  1. Pilih menu Bidikmisi pada daftar menu di bagian atas.
  2. Masukkan KAP dan PIN Anda pada form berikut:
Sistem akan memverifikasi KAP dan PIN Anda ke sistem Bidikmisi. Pastikan KAP dan PIN yang Anda isikan sudah benar. Siswa peserta Bidikmisi tidak dapat memilih program studi dari Universitas Islam Negeri (UIN/IAIN).

Jika pendafftaran sudah selesai dilakukan, Anda dapat melakukan finalisasi pendaftaran. Setelah finalisasi, data pendaftaran tidak dapat diubah kembali. Pastikan kembali seluruh data yang diperlukan sudah Anda isikan. Untuk melakukan finalisasi, klik tombol Finalisasi Pendaftaran seperti pada tampilan berikut:
Pada layar akan tampil halaman konfirmasi finalisasi seperti berikut:
Ceklis semua pernyataan konfirmasi siswa, lalu klik tombol Finalisasi Pendaftaran. Jika masih ragu-ragu silahkan klik Tunda FinalisasiPastikan Anda segera melakukan finalisasi sebelum masa pendaftaran berakhir. Jika pendaftaran tidak difinalisasi, Anda dianggap TIDAK mendaftar.
Jika Anda memilih tombol Finalisasi Pendaftaran, akan muncul halaman konfirmasi kembali seperti berikut:
Silahkan klik tombol Finalisasi Pendaftaran jika Anda sudah yakin. Selanjutnya, pada layar akan muncul tampilan berikut:

Tahap terakhir pendaftaran SNMPTN adalah mencetak kartu peserta. Pada jadwal yang telah ditentukan, klik Unduh Kartu Peserta pada Home seperti pada tampilan berikut yang akan tampil saat Anda login di periode pencetakan kartu:
Berikut contoh hasil unduh kartu peserta:
Jika Anda lupa password, Anda dapat menghubungi pihak sekolah untuk mendapatkan password yang baru. Pastikan agar password cukup aman akan tetapi mudah diingat. Jangan berikan password kepada pihak manapun. (Red/mp)


Baca Juga :
Cara Mudah Kuliah Diluar Negeri https://goo.gl/EkD5mr

Daftar Sekolah Ikatan Dinas https://goo.gl/w34Fxh
Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics https://goo.gl/mUWiBv

Berikut Video Panduan PDSS 
© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung