Breaking News

Akhlak Mulia Nabi Muhammad SAW


Akhlak Mulia Nabi Muhammad SAW

Infokyai.com - Muhammad SAW adalah seorang yang terpercaya dalam segala-galanya, baik tutur kata maupun perbuatannya. Beliau adalah orang yang paling baik akhlak dan budi pekertinya. Bahkan, beliau pun terpelihara dari semua bentuk perangi jahat, keji, durhaka dan zhalim, tak hanya itu saja, beliau pun seseorang yang telah terjamin kebahagiaan hidupnya dihari akhir. Dengan kata lain beliau adalah merupakan figur pribadi yang patut dan wajib kita jadikan suri teladan.
.
.
Akhlak Rasulullah SAW, yang terkenal diantaranya, pemurah, tidak kikir dengan siapa saja. Berani, tidak pernah mundur di dalam kebenaran. Adil, tidak pernah zhalim di dalam memutuskan hukum. Jujur dan terpercaya sepanjang hidupnya.
.
.
Demikianlah di antaranya akhlak dan sifat-sifat Rasullullah SAW yang patut diteladani dan di ikuti, Allah Ta'ala berfirman :
Artinya : "Sungguh ada bagimu semua didalam diri Rasulullah contoh, yang baik bagi yang mengharap Allah dan hari kemudian"(Al Ahzab : 21)
.
.
Bahwa Rasulullah SAW adalah contoh yang harus kita ikuti, sebab dengan mengikuti dan mencontoh jejak dan perilaku beliau kita akan memperoleh keridhaan Allah dan Allah menjamin kebahagiaan hidup kita di hari kemudian.
Jabir bin Abdullah berkata : Rasulullah SAW tidak pernah menjawab tidak apabila di tanya.
.
.
Nabi Muhammad SAW suka mempererat antara sahabat-sahabatnya menghormati orang yang mulia dari tiap golongan dan mengangkatnya sebagai pemimpin golongannya. .
.
Memperingatkan manusia, agar berhati-hati menjaga diri mereka, tanpa mematikan bakat dan semangat seseorang. Rasullullah SAW, suka mencari sahabatnya kalau tidak kelihatan dan suka memberikan hak kepada setiap orang yang hadir, hingga masing-masing yang hadir tidak merasa bahwa seseorang lebih mulia, karena lebih dekat kepada Rosulullah SAW.
.
.
Siapa yang duduk bersama Rosulullah atau mendekati beliau karena ada sesuatu keperluan, Rasulullah melayani dengan penuh kesabaran, sehingga orang itu yang berpaling dari Rasullullah. Siapa saya yang memohon kepadanya, Rasullullah mengabulkan permohonannya atau menolaknya dengan ucapan yang menyenangkan, sehingga manusia merasa lega dengan Budi baik dan akhlak Nabi Muhammad saw.. yang berlaku sebagai bapak mereka mempunyai hak sama di mata Rasulullah. 

Kita yakin bahwa Risalah Nabi Muhammad membawa ajaran yang benar, beliau membawa amanat Allah berupa Agama Islam, sebagai pedoman hidup yang lurus dan wajib kita mengikutinya. Dengan mengikuti tuntunan beliau itukah kita akan dapat mencapai kebahagiaan dunia akhirat, sebagai mana firman Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an : Dan inilah jalan Tuhanmu, (jalan) yang lurus. Sesungguhnya kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran. Bagi mereka (disediakan) Darussalam (Sorga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal shaleh yang selalu mereka kerjakan_(Al An'am : 126-127)

.
.
#infokyai #sunnah #ceramah #kajian #ustadz #islam #muslim #kebaikan #peduli #renungan #berbagipahala #dakwah #dosa #ampunan #kesalahan #muhammad #shubuh #jumat #berkah #amalan #istimewa #praysulses #praypalu #gempa #musibah #cobaan

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung