Breaking News

Malaysia Tengah Berusaha Mengklaim Pencak Silat Sebagai Warisan Kebudayaan


Malaysia Tengah Berusaha Mengklaim Pencak Silat Sebagai Warisan Kebudayaan

Infokyai.com - Indonesia dan Malaysia sedang memperjuangkan klaim pencak silat sebagai warisan kebudayaan di UNESCO.
.
.
Untuk melawan Malaysia, tim kebudayaan Indonesia telah mempersiapkan berbagai data dan fakta yang mengulas asal-usul, variasi, dan penyebaran pencak silat, sehingga pencak silat diakui sebagai budaya Indonesia.
.
.
“Yang kita lakukan dari kajian ini adalah menuliskan kronologinya itu, kemudian bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu sehingga itu kemudian menjadi seperti sekarang.
"Sejauh ini kajian itu cukup efektif menegaskan sebetulnya silat itu dari mana,” jelas Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid, dilansir dari Republika.
.
.
Berbagai publikasi di media konvensional, media digital, hingga media sosial, juga dijadikan data tambahan untuk memperkuat klaim.
“Karena itu, kuncinya sekarang kita harus memperkuat klaim itu, 'di mana sih silat itu berasal?' itu tugas kita semua,” tegas dia.

Hilmar juga mengajak masyarakat tak hanya mencaci Malaysia atas klaim ini, namun melawan klaim tersebut dengan memperbanyak studi, kajian, dan publikasi mengenai pencak silat di Indonesia.
“Tentu ini isu populer ya, semua orang pada komentar ‘silat kita dicuri seharusnya itu dipertahankan’, segala macam . Tapi kok saya lebih cenderung, ya sudah mending kita kuatkan klaim kita,” tutupnya. (*)


(Terimakasih sudah membaca 👀, menyukai ❤ dan jangan lupa tag temen & sahabatmu untuk saling berbagi informasi 👍) .

#infokyai #viral #lampung #bandarlampung#lampungselatan #pesawaran #pringsewu#tanggamus #lampungbarat #pesisirbarat#lampungtengah #metro #netizen #merdeka #asiangames2018 #asian #emas #medaliemas #pencaksilat #malaysia #budaya

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung