Breaking News

Keutamaan dan Keberkahan Hari Jum'at yang Perlu Kamu Tau


Keutamaan dan Keberkahan Hari Jum'at yang Perlu Kamu Tau

Infokyai.com - Hari Jum'at merupakan hari yang paling utama (afdhal) dibandingkan dari hari - hari lainnya. Di hari ini, adalah hari yang penuh barakah. Allah SWT mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin.
.
.
Banyak di antaranya beberapa keutamaan dan barakah di Hari Jum'at. Di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
.
"Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”
.
.
Seperti dalam Surat Al-Jumu’ah surat ke-62. Surat ini tergolong surat Madaniyah yang terdiri atas 11 ayat. Dinamakan Al Jumu’ah yang berarti hari jum’at diambil dari perkataan Al Jumu’ah yang terdapat pada ayat ke 9 surat ini.
.
.
Adapun isi pokok yang terkandung di dalam surat Al-Jumu’ah yakni, menjelaskan sifat-sifat orang-orang munafik dan sifat-sifat buruk pada umumnya, diantaranya berdusta, bersumpah palsu dan penakut, dan mengajak orang-orang mukmin supaya taat dan patuh kepada Allah dan Rasul-Nya dan supaya bersedia menafkahkan harta untuk menegakkan agama-Nya sebelum ajal datang.
.
.
Keistimewaan lain hari Jum'at adalah saat-saat dikabulkannya doa, yaitu saat-saat terakhir setelah shalat ashar (seperti yang dijelaskan dalam banyak hadits) atau di antara duduknya imam di atas mimbar saat berkhutbah Jumat sampai shalat selesai ditunaikan.

Beberapa rahasia keagungan dan keutamaan hari Jumat Hari Dikabulkannya Doa. Di antara rahasia keutamaan hari Jumat lain adalah, di hari itu terdapat waktu-waktu dikabulkannya doa.
.
.
“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” [HR.Bukhari dan Muslim]
.
.
InshaAllah, pada hari Jum'at yang berkah ini, kita semua dapat diberikan rejeki yang berlimpah oleh Allah SWT Aamiin 🙏 (*) #infokyai #viral #islam #muslim #dakwah #sunnah #jumat #berkah #berbagi

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung