Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Juli 7

Jangan Malu Tetaplah Minum Susu Walau Sudah Dewasa, Ini Manfaatnya

Via http://nulis.co.id
Jangan Malu Tetaplah Minum Susu Walau Sudah Dewasa, Ini Manfaatnya

Infokyai.com - Mengkonsumsi susu itu baik untuk kesehatan tubuh, karena di dalam kandungan susu terdapat beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, oleh karena itu baik kalangan muda hingga tua pun dianjurkan untuk minum susu, untuk menjaga keseimbangan vitamin yang ada di dalam tubuhnya.
Baca Juga : Minum Susu Sebelum Tidur dan Pagi Hari Ternyata Banyak Manfaatnya Lho https://goo.gl/XpdK7F
Seperti dilansir infokyai.com dari nulis.co.id, Orang dewasa mayoritas enggan mengonsumsi susu dengan alasan sudah tidak lagi memerlukannya untuk pertumbuhan tulang. Namun, sebenarnya manfaat susu tak sekedar pada kandungan kalsium saja. Ada juga komposisi asam lemak yang kompleks serta tak dimiliki oleh makanan lainnya.

Asam lemak yang kompleks dan unik ini penting bagi kesehatan tubuh, antara lain untuk mencegah tubuh dari resiko terjangkit penyakit tidak menular (PTM) semisal diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Dijelaskan oleh Dr. Marudut, MPS, ahli gizi dan dosen di Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, berikut ini penyebab asam lemak pada susu disebut unik dan kompleks:

Tersusun atas 50 jenis asam lemak
Asam lemak pada susu disusun oleh lebih dari 50 jenis asam lemak yang melengkapi kebutuhan.

Asam lemak trans
Susu mengandung asam lemak trans yang berbeda dari lemak trans makanan lain. Ia dihasilkan melalui biohidrogenasi dengan bantuan enzim bakteri di saluran pencernaan. Sedangkan asam lemak makanan lain dihasilkan lewat proses hidrogenasi atau penambahan atom hidrogen.

Kandungan karbon rantai ganjil
Susu mengandung karbon rantai ganjil yakni asam pentadecanoat (15:0) dan asam heptadecanoat atau asam margarat (17:0).
Baca Juga :  Ini yang Terjadi Ketika Susu Kental Manis Diminum Selayaknya Susu https://goo.gl/t6jPpf
“Keunikan dan kekompleksan asam lemak inilah yang justru memberikan banyak keuntungan bagi tubuh manusia yang mengonsumsi susu. Segelas susu rata-rata mengandung 3-4 % lemak susu dan dari jumlah lemak tersebut, 90% terdiri dari asam lemak jenuh, 3,7 asam lemak trans, dan 5,3 asam lemak tak jenuh,” jelas Dr. Marudut, MPS, seperti dilansir laman Okezone, Selasa (5/12/2017).

Jadi, walau sudah dewasa namun tetaplah mengonsumsi susu ya. (*)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...