Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Minggu, Juli 1

Ini Dia Resep Dendeng Balado yang Maknyus bikin anda Ketagihan

Via http://resepcaramemasak.info
Ini Dia Resep Dendeng Balado yang Maknyus bikin anda Ketagihan

Infokyai.com - Dendeng balado adalah menu makanan yang bercita rasa pedas. Dendeng balado ini terbuat dari daging kambing, daging sapi ataupun daging hewan yang lainnya. Namun, yang paling sering dipakai adalah daging kambing. Dendeng balado memiliki rasa yang pedas, karena itulah dendeng balado sering di buru para pencinta makanan pedas. Dendeng balado biasanya di padukan dengan makanan lain seperti nasi putih dan sayur daun singkong rebus. Rasanya yang begitu pedas memang sangat cocok bila dipadukan dengan sayur-sayuran, terutama sayuran daun singkong.

Menu ini sangat jarang kita temui, sebab harga daging kambing ataupun sapi, masih terbilang tinggi karena itulah jarang penjual makanan yang menjual dendeng balado. Namun, jika Anda ingin menikmatinya, tidak perlu khawatir, biasanya masih tersedia di rumah-rumah makan besar, seperti rumah makan Padang. Atau Anda juga bisa untuk membuatnya sendiri dirumah. Belum tahu caranya? Tenang, saya akan membagikan informasinya untuk Anda. Jadi, simak terus artikel yaa..

Memasak dendeng balado ini, sebenarnya masih terbilang sederhana karena simple dan tidak banyak menggunakan bahan-bahan. Adapun bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat dendeng balado adalah sebagai berikut :
- ½ kg daging kambing/sapi (masih dalam keadaan segar)
- 1 buah jeruk nipis ( belah menjadi 2 bagian kemudian peras dan saring airnya )
- Garam kasar
- Minyak goreng
- 100 gr cabe merah
- 10 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 buah tomat merah ukuran sedang

Setelah bahan-bahan diatas telah tersedia, selanjutnya kita akan memulai untuk memasaknya. Ada beberapa langkah untuk memasak dendeng balado, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah pertama, Cucilah daging hingga bersih, pisahkan urat-uratan dan lemak yang masih menempel pada daging.

Langkah kedua, setelah daging bersih, potong tipis-tipis dan lebar mengikuti arah serat daging. Setelah itu, taruh ke dalam wadah dan sisihkan

Langkah ketiga, haluskan bawang putih dan garam setelah itu, masukkan kedalam wadah daging lalu remas-remas daging dan tambahkan air jeruk nipis. Pastikan bumbu tercampur rata. Tunggu beberapa menit, ini dilakukan supaya bumbu meresap sempurna kedalam daging.

Langkah ke empat, setelah tercampur rata, selanjutnya kita jemur daging dibawah terik matahari yang panas. Jemur terus menerus hingga daging mengering.

Langkah ke lima, setelah selesai penjemuran, potong-potong daging yang sudah kering dengan ukuran 6x6 cm lalu goreng dengan minyak yang panas hingga kering.

Langkah ke enam, siapkan penggilingan, lalu giling kasar cabe merah, bawang merah, garam dan tomat

Langkah ke tujuh, setelah bumbu digiling kasar, tumis bumbu hingga tercium bau harum. Setelah itu, masukkan dendeng yang sudah di goreng. Kemudian aduk-aduk terus hingga tercampur rata.

Langkah ke delapan, Selang beberapa menit, angkat dendeng balado dan hidangkan dengan nasi putih yang masih hangat bersama sayur daun singkong.

Dendeng balado merupakan makanan yang awet di konsumsi. Makanan ini bisa bertahan hingga 1-2 Minggu didalam kemasan. Jadi, bila Anda hendak memakannya di kemudian hari, Anda bisa menyimpan nya di dalam lemari es.

Nah, demikianlah cara membuat dendeng balado, cukip mudah bukan? silahkan mencobanya dirumah yaa (tm)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...