Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Jumat, Juni 29

Pilkada dengan Syarat Khusus, Paslon Harus Bisa Baca Al Qur'an


Pilkada dengan Syarat Khusus, Paslon Harus Bisa Baca Al Qur'an 

Infokyai.com - Aceh merupakan salah satu Provinsi yang berada di Indonesia yang terletak di ujung utara pulau Sumatera. .
Baca Juga : Kasihan Ibu Siti Hanya Bisa Terbaring di Tempat Tidurnya, Mau Berjalan Pun Sulit Karena Kakinya Mengalami Pengapuran Tulang https://goo.gl/Sh6bXp
.
Banda Aceh merupakan Ibukotanya dari Provinsi Aceh, jika membicarakan soal berapa jumlah penduduknya, diperkirakan jumlahnya sekitar 4.500.000 jiwa yai.
.
.
Provinsi yang berada di paling barat Indonesia ini, ternyata baru-baru ini juga mengikuti Pilkada serentak 2018 lho, namun saja ada persyaratan khusus bagi paslon yang mendaftar di Provinsi Aceh yakni Paslon haru bisa baca Al Qur'an.
.
.
Ternyata selain Provinsi Aceh, ada tiga Provinsi lagi lho yang menerapkan syarat khusus, yakni Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Papua serta Provinsi Papua Barat.
.
.
Seperti dilansir @infokyai dari Beritatagar.id Tak ada pilgub di Jogja Memang, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak pernah menyelenggarakan pemilihan gubernur. Meskipun begitu ada pilkada di sana.

Pilkada tersebut hanya memilih secara langsung wali kota (Kota Yogyakarta) dan bupati (Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulon Progo). Menurut UU Keistimewaan DIY, gubernur dan wakil gubernur dijabat oleh Hamengku Buwono dan Paku Alam. Tugas DPRD hanya menetapkan nama yang disodorkan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman sebagai gubernur dan wakil gubernur.

Alquran dan putra daerah

Untuk menjadi calon gubernur dan calon wakil gubernur Aceh, salah satu syaratnya adalah "menjalankan syariat agamanya". Dalam praktik, Pasal 12 ayat (2) huruf (a) dalam UU Otonomi Khusus Aceh juga berarti si kandidat dapat membaca Alquran.

Sedangkan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, ada syarat khusus bagi gubernur dan wakil gubernur. Harus orang asli Papua. Demikian menurut UU Otonomi Papua. (Red) ⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹ Anda punya Info menarik? kirimkan saja ke DM 🙏👍
⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹⏹ (Terimakasih sudah membaca 👀, menyukai ❤ dan jangan lupa tag temen & sahabatmu untuk saling berbagi informasi 👍) .


#infokyai #viral #lampung #bandarlampung#lampungselatan #pesawaran #pringsewu#tanggamus #lampungbarat #pesisirbarat#lampungtengah #metro #lampungtimur#lampungutara #gubernur  #pilkada #pilkada2018 #papua #aceh #yogyakarta

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...