Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Job Fair 14-15 Agustus 2018 KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Rabu, Juni 13

Kuliner Khas Lebaran yang Bikin Kamu Selalu Kangen Momennya

Ilustrasi hidangan Lebaran. © iStock
Kuliner Khas Lebaran yang Bikin Kamu Selalu Kangen Momennya

Infokyai.com - Momen lebaran adalah salah satu momen yang paling dinanti - nanti, dan bahkan rasanya ingin berlama - lama menikmati momen lebaran. Beberapa menu khas lebaran pun menghiasi momen tersebut, dan bahkan tak jarang dari kita semua merasakan hal yang sama, tanpa menyantap beberapa menu khas lebaran, rasanya kurang mantap. 

Berbicara soal kuliner, wah pastinya banyak sekali kuliner yang dibicarakan, namun saja untuk kuliner khas lebaran hanya beberapa saja yang pasti teringat jelas yakni ketupat, rendang, opor ayam, wah wah menu itu sering menghiasi momen lebaran, dan tak kala menyantap makanan - makanan itu rasanya syahdu deh. 

Karena tema yang saat ini dibahas adalah kuliner khas lebaran, yuk simak beberapa kuliner yang bikin kamu selalu kangen momen lebaran, dan tak kala tidak merasa bukan momennya jika tidak ada beberapa menu dibawah ini, yuk simak : 

1. Ketupat
Ilustrasi Ketupat | Foto Ist
Ketupat? taukah anda dengan ketupat ? yaps, pastinya sudah sangat familiar banget makanan satu ini, apalagi jika sudah saat lebaran, wah tak ada ketupat terlihat nuansa lebaran pun tidak menghisasi, hehe namun saja di beberapa daerah ada juga yang tidak menggunakan ketupat lho, melainkan khas - khas dari daerah mereka, seperti lepet, lemper, skubal dan lain sebaginya. 

Mengulas sedikit tentang ketupat, ketupat adalah salah satu jenis makanan yang bisa dikatakan saudaraan deh dengan lontong, karena terbuatnya sama - sama denga  bahan beras, dan konon dahulunya dipopulerkan oleh salah satu dari Walisongo, yaitu Sunan Kalijaga.

Ketupat merupakan sebuah tradisi, yang konon ada terdapat unsur - unsur tradisi Jawa Islam yang diperkenankan sang wali, ketupat juga memiliki makna tersendiri lho, nah, nah ketupat ternyata berasal dari kata kupat lho, yang memiliki makna ganda, yakni ngaku lepat (mengakui kesalahan) dan laku papat (empat tindakan).

Laku papat alias empat tindakan yang dimaksud adalah luberan, leburan, lebaran, dan laburan. Keempatnya bermakna berakhirnya puasa, berbagi rezeki berlimpah dalam artian zakat fitrah, peleburan dosa, dan memutihkan kembali hati.

Nah, untuk penggunaan janur yang membungkus ketupat itu sendiri merupakan ciri khas yang memiliki arti tersendiri, pastakan makanan ketupat dilestarikan. 

2.Opor Ayam 

Opor ? hayoo taukah anda dengan opor ? makanan satu ini, ehem ehem bisa dikatakan makanan yang sering tersaji berbarengan dengan ketupat nih, rasanya jika ada ketupat tanpa opor ayam rasanya hambar deh, hehe, walau hanya kuah santannya yang menghiasi ketupat, wah tetap saja rasanya enak lho, seprerti contoh saja lontong sayur, maknyus kan, ingat bukan masalah dagingnya namun cita rasa bumbu yang terkandungnya itu yang bikin mantap.

Menurut kabarnya opor mempunyai ciri khas tersendiri lho, katanya sih penyuguhan opor didampingi ketupat sebagai bentuk makna simbolis mengakui kesalahan dengan tulus dan iikuti meminta maaf

3.Rendang
ilustrasi rendang ayam (Jilly Cheung/Asia One/AP Photos)
Rendang, wah makanan satu ini adalah makanan yang paling diidamkan nih, xixi pastinya jika makanan ini tidak ada di nuansa lebaran, haduh rumah tetangga pun jadi incaran wkwk, hayoo ngaku yang pernah kaya gini, berkunjung ke rumah tetangga cuma hanya ingin menikmati rendang hehe. 

Yaps, menu rendang adalah salah satu makanan yang lezat, makanan khas minangkabau ini, merupakan makanan yang tak lepas dari jamuan lebaran deh.

Demikianlah informasi terkait "Kuliner Khas Lebaran yang Bikin Kamu Selalu Kangen Momennya" semoga dapat bermanfat, terima kasih. (Rd)


Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...