Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Juni 23

Ini Dia Resep Pepes Jamur Tahu Ternyata Mudah Lho Membuatnya

Foto Tribunstyle.com
Ini Dia Resep Pepes Jamur Tahu Ternyata Mudah Lho Membuatnya

Kuliner, Infokyai.com - Pepes merupakan menu makanan yang diolah dengan cara dikukus dengan menggunakan daun pisang. Saat ini pepes sudah berkembang pesat dan telah melahirkan inovasi-inovasi baru. Hasil dari inovasi baru tersebut salah-satunya ialah pepes jamur tahu. Apakah pepes jamur tahu itu?. pepes jamur tahu ialah pepes yang terbuat dari 2 bahan utama, yaitu jamur dan tahu. Sebelum menu ini ada, yang lebih terkenal duluan ialah...... Yap..!, betul banget, 'pepes ikan'. Pepes ikan memang sudah sejak dulu terkenal dan memiliki rasa yang lezat, karena itulah sampai saat ini pun pepes ikan menjadi makanan favorite keluarga dirumah. 

Meskipun pepes ikan sudah terkenal dengan rasanya yang lezat, namun pepes jamur tahu juga tidak kalah lezatnya dengan pepes ikan. Namun, bagi anda yang masih kesulitan untuk mencari ikan, tidak perlu khawatir, anda dapat menggantikannya dengan jamur & tahu. Ini  bisa menjadi salah satu pilihan anda untuk dapat anda masak menjadi pepes. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara pengolahan pepes jamur tahu. Sebelum kita mulai, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan bahan-bahannya. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut :

Bahan yang diperlukan :
- Tahu cibuntu 5 buah dengan ukuran besar
- Bawang Merah 5 butir
- Bawang putih 2 butir
- Telur ayam 2 butir
- ½ buah kelapa
- 250 ons jamur merang
- Daun kemangi 20 lembar
- Daun salam 10 lembar
- Serai dua batang
- Cabai rawit utuh 10 butir
- Tomat besar satu buah
- Daun bawang 2 batang
- Gula, garam, dan penyebab rasa
- Daun pisang untuk membungkus

Bilamana bahan-bahan nya telah selesai dipersiapkan, selanjutnya adalah proses untuk mengolahnya. Dalam mengolah pepes jamur tahu, tidak jauh berbeda dengan cara pengolahan pepes-pepes lainnya. Untuk mengetahui informasi selengkapnya silahkan simak uraian di bawah ini yaa
Untuk membuat pepes jamur tahu, ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Langkah pertama, pastikan tahu yang kita pilih adalah tahu yang segar. Lumatkan tahu hingga hancur, lalu sisihkan. Haluskan bawang merah dan bawang putih, lalu sisihkan. Selanjutnya kocok telur hingga rata, lalu sisihkan. Potong-potong tomat menjadi beberapa bagian, lalu sisihkan. Selanjutnya, iris serong memanjang dua buah serai. Lalu sisihkan. Potong memanjang daun bawang. Bersihkan jamur hingga benar-benar bersih

Langkah kedua, siapkan wadah untuk mengaduk adonan. Masukkan jamur, tahu serta bawang halus. Aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya, tambahkan garam, gula dan penyedap rasa supaya masakan menjadi lezat. Selain itu, tambahkan juga santan kelapa yang kental dan telur ayam yang telah dikocok sebelumnya. Setelah bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam wadah, aduk-aduk kembali hingga rata

Langkah ketiga, dalam langkah yang ketiga ini, kita akan memulai untuk membungkus adonan. Sebelum dibungkus. Pastikan daun lemas dan tidak kaku. Jika daunnya kaku, maka akan cepat robek, karena itulah terlebih dahulu kita harus melemaskan daun pisang terlebih dahulu. Caranya adalah dengan cara di jemur atau di panaskan diatas api. Setelah daun siap, selanjutnya mulai pembungkusan. Bagikan daun atau potong-potong daun hingga cukup, tambahkan bumbu yang telah diiris serta cabai pada tiap-tiap bungkusnya lalu semat dengan menggunakan Lidi.

Langkah keempat, setelah pembungkusan selesai, selanjutnya adalah proses pengukusan. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga pepes matang. Setelah matang ,sajikan hangat-hangat, hal ini lebih nikmat dibandingkan pepes yang sudah dingin.

Nah, demikianlah cara pembuatan pepes jamur tahu, cukup mudah bukan?. Bila anda tertarik dan suka dengan menu yang satu ini, silahkan anda mencobanya dirumah yaa. Terimakasih telah mengunjungi website ini, mudah-mudahan apa yang kita baca dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. (TM)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...