Breaking News

Ini Balasan untuk Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Jangan Sampai Salah Membahas


Ini Balasan untuk Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Jangan Sampai Salah Membahas

Infokyai.com - Saat Idul fitri Anda bertemu seseorang atau keluarga lalu ia mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum ( semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian). Atau mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minka (semoga Allah menerima (puasa dan amal) kami dan (puasa dan amal) Anda.
Baca Juga : Fidyah (Tebusan) Bagi yang Tidak Dapat Berpuasa https://goo.gl/PhWWFw
Lalu apa jawaban Anda?
Dikutip dari Bersamadakwah,net, ketika seorang Muslim bertemu dengan sesama Muslim pada momen Idulfitri, para sahabat Nabi mencontohkan untuk mengucapkan selamat hari raya dengan ucapan sekaligus doa:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ (Taqabbalallahu minna wa minkum)

Yang artinya semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian. “Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka,” tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari.

Lalu bagaimana jawaban taqabbalallahu minna wa minkum?

Dalam riwayat sahabat dan salafush shalih yang sampai kepada kita, jawaban taqabbalallahu minna wa minkum adalah doa yang sama: taqabbalallahu minna wa minkum.

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)
Baca Juga :  Bayar Fidyah Dengan Uang Klik di https://goo.gl/UkUByS
Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a)

Demikianlah jawaban sahabat dan salafus shalih, ketika mendapatkan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum.

Jawaban ini seperti perintah Allah dalam Alquran,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا “Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal” (QS An Nisa’ : 86). Wallahu a’lam bish shawab. (Tribun-video.com) .
Baca Juga :  Takaran Bayar Fidyah https://goo.gl/bkJQcn
#idulfitri #ied #hariraya #lebaran #ramadhan #maaf #selamatlebaran #harirayaidulfitri #harilebaran #salam

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung