Breaking News

Beberapa Mitos Mengenai Bagian Tubuh Manusia Yang Sering Kali Salah Kaprah

via http://www.irishcentral.com
Beberapa Mitos Mengenai Bagian Tubuh Manusia Yang Sering Kali Salah Kaprah
Infokyai.com - Pada zaman dahulu pertukaran informasi berjalan sangat lambat karena keterbatasan sumber data untuk mendapatkan informasi. Sangat berbanding jauh dengan zaman serba mudah saat ini karena saat ini untuk mendapatkan sebuah informasi atau pertukaran informasi dapat terjadi secara cepat dan langsung. Orang-orang memang telah dituntut untuk selalu update dengan informasi terkini. Salah satu yang digunakan adalah media sosial. Media sosial adalah salah satu wadah untuk bertukar informasi. Orang yang aktif di internet pasti telah memiliki media sosial, baik hanya untuk sekadar eksis atau memang sengaja digunakan untuk mengikuti arus informasi.

Suka tidak suka, mau tidak mau semua itu telah terjadi di era informasi saat ini. Informasi memang suatu hal yang bermanfaat, tetapi tidak semua informasi dijamin kebenarannya, bahkan ada beberapa informasi yang justru menyesatkan dan menyebabkan kerugian bagi pemakainya. Contohnya adalah mengenai informasi yang salah mengenai bagian yang ada di tubuh kita yang sering kali salah kaprah. Apa sajakah mitos tentang tubuh manusia yang selama ini kita salah kaprah?

1. Gula Bisa Menyebabkan Anak Hiperaktif
via https://www.reference.com
Gula adalah salah satu sumber energi untuk tubuh kita. Sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa membiarkan anak mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkannya hiperaktif. Apakah benar? Fakta yang sebenarnya adalah tidak ada loh hubungan antara mengkonsumsi gula berlebihan dengan perilaku hiperaktif anak. Jadi jangan salah kaprah ya hehehe. Gula memang menjadi cadangan energi tubuh akan tetapi tidak mempengaruhi pola hiperaktif tersebut. Namun ya dalam mengkonsumsi gula juga harus dalam batas wajar ya sesuai yang dianjurkan agar tidak menyebabkan masalah kesehatan, seperti obesitas, diabet, dan sakit gigi.

2. Permen Karet yang Tertelan akan Tinggal dalam Lambung untuk Waktu yang Lama
Via ldiikediri.com
Bagi sebagian orang, permen karet adalah hal yang paling digemari, bahkan ada yang sampai tidak bisa lepas dari mengunyah permen yang satu ini loh. Hayo ngaku. Apakah kamu juga seperti itu? Hahaha. Ataukah kamu sewaktu kecil juga pernah mengalami ketidaksengajaan menelan permen karet? Ya wajar sih, namanya juga masih kecil. Bahkan orang dewasa pun terkadang pernah mengalaminya karena faktor ketidaksengajaan. Mitos yang beredar bahwa menelan permen karet itu akan membuat permen karet tersebut tinggal di dalam lambung untuk waktu yang cukup lama. Memang faktanya permen karet itu tidak dapat dicerna tubuh karena memang diperuntukkan hanya untuk dikunyah saja. Akan tetapi ingat, apapun sesuatu yang tidak dapat dicerna baik oleh tubuh tentu akan langsung masuk ke dalam saluran pembuangan, begitu juga dengan permen karet. Jadi, ya kalau kamu pernah tidak sengaja menelan permen karet ya kamu tidak perlu terlalu khawatir ya. Tapi ya jangan laju ditelan terus menerus jika kamu memakan permen karet.

3. Rambut Bercabang Dapat Disembuhkan dengan Sampo
Via http://seputarkehidupanbunda.blogspot.com
Apakah benar bahwa rambut bercabang dapat disembuhkan dengan sampo? Sebagian kaum hawa memang gemar mencatok atau mewarnai rambutnya dan jika hal tersebut tidak disertai dengan perawatan yang cukup, maka akan timbul masalah yang paling ditakuti yaitu rambut bercabang. Masalah tersebut mulai muncul ketika lapisan paling luar pelindung rambut rusak sehingga memaparkan inti rambut yang rentan terhadap kerusakan. Mitos yang terdengar, rambut bercabang dapat disembuhkan dengan menggunakan sampo. Padahal faktanya penggunaan sampo atau obat rambut tidak dapat menyembuhkan rambut yang telah bercabang karena kondisi rambut bercabang sudah termasuk ke dalam taraf tidak bisa disembuhkan lagi. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan memotong bagian rambut yang bercabang. Itu adalah satu-satunya langkah baik dalam pencegahan ke depan. 

4. Wortel Dapat Menyembuhkan Pengelihatan
Via hellosehat.com
Pengelihatan adalah salah satu indra paling penting yang kita miliki. Tetapi, seiring bertambahnya usia dan berbagai faktor lainnya, mata kita pasti mulai mengalami penurunan dalam kualitas pengelihatan. Alhasil, banyak orang yang membutuhkan kacamata atau lensa kontak untuk dapat membantu agar pengelihatan menjadi baik. Mitos yang beredar adalah dengan memakan wortel maka pengelihatan akan balik seperti sedia kala. Faktanya makanan tersebut tidak bisa mengembalikan kondisi mata kita seperti sediakala loh. Wortel hanya kaya akan karotena yang merupakan substansi penting yang nantinya diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A itu sendiri memang sangat berperan penting untuk kesehatan mata akan tetapi hanya sebatas mencegah penurunan kualitas pengelihatan lebih lanjut. Sebab jika seseorang kekurangan vitamin A yang signifikan maka dapat menyebabkan kebutaan. 

5. Manusia Ada yang Lebih Dominan Otak Kiri atau Kanan
Via http://kelasdesain.com
Otak manusia adalah salah satu organ yang mengatur segala aktivitas yang kita lakukan. Bayangkan saja ada jutaan saraf yang bekerja setiap hari tanpa henti dan mitosnya jika orang lebih dominan menggunakan otak kiri maka orang tersebut selalu berpikir logis dan jika orang tersebut lebih dominan menggunakan otak kanan maka merupakan sosok yang lebih kreatif. Faktanya adalah otak telah memiliki bagian-bagian tertentu dan akan bekerja sepenuhnya saat kita melakukan aktivitas. Saat kita berpikir logis ataupun sedang melakukan hal kreatif, semuanya pasti akan saling bersinergi dengan baik antara otak kanan maupun otak kiri loh. So, jangan salah kaprah lagi ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua ya. Sekian dan terimakasih. (red/fa)



0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung