Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Job Fair 14-15 Agustus 2018 KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Mei 12

Tips Menghadapi Rasa Gugup Saat Interview Kerja

Via pinterest.de
Tips Menghadapi Rasa Gugup Saat Interview Kerja

Infokyai.com - Apakah kamu sudah mempunyai pengalaman gugup saat melakukan wawancara kerja? Jika sudah pernah, bagaimana rasanya? Pasti kalian seperti tengah duduk di kursi panas, kan? Terus wajah kalian pasti pucat dan keringat bercucuran padahal diruangan tersebut ber ac? Atau bahkan kamu sampai ingin pergi ke kamar mandi? Itu adahal ciri-ciri dari kegelisahan yang disebabkan kurangnya rasa percaya diri dan selalu berfikir tentang hal buruk tidak bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Itu sebenarnya adalah hal yang wajar, karena sebagian orang yang pernah melamar pekerjaan pernah ada diposisi tersebut. Akan tetapi kamu harus ingat, jika kamu ingin diterima maka kamu harus bisa tenang dan percaya diri untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan pada kamu. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips-tips agar kamu bisa menghilangkan rasa gugup saat tengah melakukan wawancara kerja:

Baca Juga :
Bosan Kerja! Resign ? https://goo.gl/Wo9HxH
Pakaian Interview Hitam Putih, Wajib Kah ? https://goo.gl/EiFRt6
Mau Lulus Kerja ? Lengkapi Persyaratannya Seperti ini, Cek https://goo.gl/hgcVPE

1. Mempersiapkan Diri
Sebelum kamu melakukan wawancara kerja, maka kamu harus meneliti lebih lanjut perusahaan tersebut beserta posisi yang kamu lamar. Cari referensi tentang perusahaan dan posisi tersebut sebagai bahan pengetahuan kamu. Sebab semakin banyak pengetahuan kamu, maka semakin percaya diri kamu dalam menanggapi pertanyaan yang akan diajukan.

2. Buatlah Rencana
Buatlah rencana dengan baik sebelum kamu wawancara, mulai dari mempersiapkan pakaian dan sepatu yang akan kamu gunakan, memeriksa jarak tempuh ke lokasi sehingga tidak akan terjadi keterlambatan, hingga tidur yang cukup pada malam harinya. Semakin detail yang akan kamu siapkan, maka semakin baik loh.

3. Berlatih
Buatlah poin penting tentang ide yang nantinya akan kamu sampaikan saat wawancara kerja. Usahakan jangan menghafal jawaban untuk pertanyaan yang mungkin muncul. Ingat ya, kecemasan hanya akan dapat mengacaukan semua yang sudah kamu siapkan. Oleh karena itu, saran terbaik adalah melakukan praktek atau simulasi wawancara. Berlatih untuk memastikan suara agar tidak gemetar dan gerak gerik tubuh didepan cermin.

4. Usahakan Untuk Datang Lebih Awal
Kamu harus bisa mengusahakan agar tiba di lokasi wawancara lebih awal. Sehingga kamu mempunyai waktu santai sejenak untuk mengumpulkan pikiran, mengambil napas, dan memusatkan perhatian pada diri sendiri. 

5. Memunculkan Senyuman
Tersenyumlah saat kamu tengah melakukan wawancara. Sehingga kamu akan bisa merasa nyaman dan membuat orang yang akan mewawancarai kamu juga merasa nyaman. Sehingga ini bisa menjadi tambahan poin tersendiri untuk kamu.

6. Berpikir positif dan Percaya Diri
Kamu harus berfikir positif dan percaya diri sehingga kamu seolah-olah telah memiliki banyak pengetahuan tentang perusahaan dan bidang yang kamu ambil. Jika tangan kamu bergetar maka letakkan di atas pangkuan ya jangan di atas meja. Selain itu cobalah Tarik nafas agar perasaan kamu lebih tenang. Jika saat wawancara kamu merasa percaya diri, maka seseorang yang mewawancarai kamu akan mengabaikan apapun kegugupan yang mungkin kamu miliki.

7. Berdoa
Sebelum kamu wawancara maka jangan lupa berdoa terlebih dahulu. Sehingga kamu mempunyai kekuatan tersendiri pada diri kamu dan agar rencana yang telah kamu persiapkan sebelumnya bisa berjalan dengan lancar.

Demikianlah informasi yang dapat disajikan kali ini terkait tentang "Tips Menghadapi Rasa Gugup Saat Interview Kerja" semoga bermanfaat. (Fai)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...