Breaking News

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kanan Yang Perlu Kamu Tau

Foto Ist
Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kanan Yang Perlu Kamu Tau


Kesehatan, infokyai.com - Mengalami rasa nyeri dibagian tubuh terkadang membuat langsung gelisah, dikarenakana jikalau ada beberapa bagian di tubuh yang nyeri pasti ada sebuah gejala yang terjadi di tubuh anda, namun saja anda jangan langsung panik, kenali dahulu nyeri ditubuh anda bisa saja itu hanya nyeri biasa. 

Baca Juga :
Obat Tradisional Bronkhitis dan Cara Pijat Urutnya  https://goo.gl/yyGQLv
Apakah Penyebab Munculnya Rematik? https://goo.gl/BKQE6s
Mengobati Deman Nifas, Bagaimana ? https://goo.gl/cH9h7r

Menurut informasi yang infokyai.com himpun, memang benar nyeri diperut pada umumnnya menggambarka sebuah gejala yang terjadi pada tubuh anda, misal saja nyeri terjadi di bagian tubuh anda, dan pastinya bagian - bagian tersebut mencakup bagian seperti dari organ-organ dalam rongga perut. Organ-organ yang berada di rongga perut adalah lambung, usus kecil, usus besar, hati, kantung empedu, limpa, dan pankreas. 

Pada bagian - bagian tubuh tersebut, anda jangan langsung panik jika anda mengalami rasa nyeri, anda perlu berpikir rileks dahulu, jangan langsung menyimpulkan bahwa nyeri tersebut merupakan sinyal ada gejala yang terjadi pada bagian di perut anda, namun bisa saja nyeri tersebut hanya karena otot - otot anda nyeri akibat anda terlalu beraktifitas lama, kerar, ataupun karena tidur anda tidak dalam posisi yang baik.

Jika membahas secara medis, bagian perut sebelah kanan anda mengalami sakit, bisa saja terdapat beberapa gejala yang terjadi pada tubuh anda, seperti dilansir dari hellosehat.com misal saja karena usus buntu, divertikulitis, dan kolitis. Juga dapat disebabkan oleh peregangan atau distensi organ, seperti obstruksi usus, penyumbatan saluran empedu oleh batu empedu, atau pembengkakan hati dengan hepatitis. Selain itu, nyeri perut juga dapat dirasakan karena tidak adanya pasokan darah ke dalam organ, seperti pada penyakit kolitis iskemik. Namun, untuk alasan yang tidak jelas, nyeri perut juga dapat terjadi bukan karena peradangan, distensi, atau ketidakadaan pasokan darah, seperti pada sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome/IBS).

Nyeri perut dapat Anda rasakan di berbagai bagian perut, seperti bagian tengah, kanan, atau kiri. Berbeda letak nyerinya, maka berbeda pula penyebabnya. Pada nyeri perut yang terletak di sebelah kanan, umumnya disebabkan oleh apendisitis akut, batu empedu atau kolik bilier, kolesistitis, atau penyakit lain yang berhubungan dengan hati, usus, ginjal, atau kandung empedu.

Baca Juga
Khasiat Lidah Buaya Bagi Kesehatan https://goo.gl/GxieRg

Manfaat Matahari Bagi Kesehatan https://goo.gl/9yZpY2
Sering Melakukan Onani ? Hati2 Sperma Encer ! https://goo.gl/SGCVQ2

1. Apendisitis
Apendisitis atau radang usus buntu merupakan penyebab paling umum dari nyeri perut sebelah kanan bawah. Usus buntu merupakan organ perpanjangan dari dari usus besar. Radang usus buntu bisa terjadi saat terdapat sumbatan pada usus buntu akibat infeksi, akibatnya usus buntu membengkak dan Anda merasakan nyeri pada bagian perut sebelah kanan.

Nyeri yang dirasakan biasanya dimulai dari perut sekitar pusar (umbilikus) menuju ke perut sebelah kanan bawah. Rasa nyeri yang dirasakan menetap dan bisa memburuk jika Anda bergerak atau ada penekanan. Gejala lain yang menunjukkan penyakit apendisitis adalah kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan demam. Apendisitis biasanya diobati dengan melakukan operasi usus buntu.

2. Kolik bilier
Kolik bilier merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan nyeri perut sebelah kanan atas yang muncul tiba-tiba. Kolik bilier terjadi saat adanya sumbatan pada saluran empedu oleh batu empedu. Nyeri yang ditimbulkan biasanya berlangsung selama beberapa menit sampai satu jam setelah Anda mengonsumsi makanan, terutama makanan berlemak.

Nyeri yang dirasakan bisa muncul mendadak dan berlangsung terus-menerus, kemudian rasa nyeri bisa meningkat intensitasnya, seperti gelombang. Rasa nyeri ini muncul dari perut bagian kanan ke sisi samping kanan dan bawah tulang belikat kanan. Selain itu, Anda juga bisa merasa mual dan muntah.

Jika Anda menderita gejala di atas ditambah dengan adanya demam, merasa panas dingin atau menggigil, kekuningan di sekitar area putih mata, mungkin ini disebabkan oleh kolesistitis. Kolesistitis bisa menjadi sangat serius jika tidak segera diobati.

3. Batu ginjal
Jika Anda mempunyai batu ginjal, Anda mungkin akan merasakan nyeri perut pada bagian kanan. Rasa nyeri karena batu ginjal seringnya mirip dengan rasa nyeri karena kolik bilier. Rasa nyeri muncul mendadak dan terjadi di sisi kanan perut atau pinggang. Rasa nyeri nyeri bisa menjalar ke pangkal paha. Anda juga bisa mengalami kram, mual, dan muntah.

Seringnya rasa nyeri ini muncul dalam intensitas yang sangat parah. Sehingga, biasanya individu yang merasakan nyeri ini akan berusaha untuk mencari posisi yang nyaman. Rasa nyeri yang dirasakan tergantung dari besarnya batu pada ginjal. Batu ginjal yang berukuran kecil mungkin tidak akan menimbulkan rasa nyeri seperti ini dan masih bisa keluar dari tubuh tanpa penanganan khusus. Namun, jika batunya sudah besar, lebih dari 7 mm, prosedur pembedahan diperlukan untuk mengeluarkan batu ini agar ginjal Anda tidak memburuk.

4. Sembelit
Konstipasi atau sembelit adalah kesulitan buang air besar. Perlu diingat bahwa sembelit bukan hanya karena feses yang keras atau sulit keluar, sembelit juga bisa dikatakan jika Anda jarang buang air besar. Normalnya, orang dewasa buang air besar sebanyak 3 kali atau lebih per minggu.

Sembelit terkadang menimbulkan rasa nyeri di bagian perut kanan. Jika keadaan ini memburuk, Anda juga bisa mengalami pembengkakan pada perut dan kadang muntah. Sembelit bisa dicegah atau diobati dengan minum air yang banyak dan makan makanan berserat.

5. Penyakit lain
Penyakit lain yang berhubungan dengan nyeri perut sebelah kanan adalah limfadenitis mesentrika (peradangan kelenjar getah bening pada selaput yang melekat di usus atau dinding perut), kista ovarium, kehamilan ektopik, kanker usus besar, hepatitis atau penyakit lain yang berhubungan dengan hati.

Baca Juga :
Mengobati Eksim dengan Obat Tradisional https://goo.gl/h1mFrD
Khasiat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan  https://goo.gl/GGvZ7p
Manfaat Baru China Bagi Kesehatan https://goo.gl/7JUHdT

Dari beberapa referensi diatas terkait Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kanan Yang Perlu Kamu Tau, sebaiknya jika anda masih mengalami rasa nyeri dibagian perut anda, serta terdapat beberapa gejala lainnya, sebaiknya segera periksakan ke dokter Anda. Dokter akan memeriksa Anda lebih lanjut untuk mengetahui penyakit atau masalah yang sedang Anda derita. (Red/mp)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung