Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Kamis, Maret 1

Mengenal Diri dan Percaya Diri


Mengenal Diri dan Percaya Diri

Infokyai.com - Tidak semua dari kita sudah mengenal dirinya sendiri dan menemukan tujuan hidupnya. Walau begitu, kebanyakan dari kita ingin punya hidup yang sukses dan bahagia. Jadi bagaimana caranya supaya kita bisa mengenal diri kita dan memiliki tujuan hidup yang membantu kita bahagia?

Untuk mengenal lebih dekat dirimu, cobalah mulai dari memetakan apa yang perlu kita ubah dalam diri sendiri dan apa yang tidak perlu kita ubah. Selain itu kita juga dapat mengukur kercerdasan yang kita miliki melalui test kecerdasan sederhana. Ada sembilan kecerdasan yang dimiliki setiap manusia. Setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda dari sembilan kecerdasan tersebut. Cobalah kenali dirimu, pada bagian mana kamu menonjol? Beri rating berbentuk lima bintang jika sangat menonjol, tiga bintang jika cukup menonjol dan satu bintang jika kamu tidak menonjol.


Prof. Dr. Howard Gardner adalah seorang psikolog dan ahli pendidikan dari Universitas Harvard AS yang merumuskan teorinya Multiple Intelligences (kecerdasan ganda / majemuk). Menurut penelitian Howard Gardner, di dalam diri setiap orang tersimpan sembilan jenis kecerdasan yang siap berkembang. Yuk simak semua tipe kecerdasannya :
1.Kecerdasan linguistik (Linguistic intelligence)
Kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata – kata secara efektif baik secara oral maupun secara tertulis. Contohnya pencipta puisi, editor, jurnalis, dramawan, sastrawan, orator Tokoh terkenal seperti: Sukarno, Paus Yohanes Paulus II, Winston Churhill.

2.Kecerdasan matematis-logis (Logical – mthematical intelligence)
Kemampuan ini berkaitan dengan penggunaan bilangan dan logika. Jalan pikiran bernalar dengan mudah mengembangkan pola sebab akibat. Contohnya matematikus, programer, logikus.Tokoh terkenal seperti : Einstein (ahli fisika), Habibie (ahli pesawat)

3.Kecerdasan ruang (Spatial intelligence)
Kemampuan untuk menangkap dunia ruang visual secara tepat dan kemampuan untuk mengenal bentuk dan benda secara tepat serta mempunyai daya imaginasi secara tepat. Contohnya pemburu, arsitek, dekorator. Tokoh terkenal seperti Sidharta (pemahat), Pablo Pacasso (pelukis)

4.Kecerdasan kinestetic-badani (bodily- kinesthetic intelligence)
Kemampuan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Contohnya aktor, atlet, penari ahli bedah. Tokoh terkenal seperti : Charlie Chaplin (pemain pantonim yang ulung), Steven Seagal (actor)

5.Kecerdasan musikal (Musical intelligence)
Kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk – bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta kemampuan memainkan alat music. Contohnya komponis Tokoh terkenal seperti Beethoven, Mozart.

6.Kecerdasan interpersonal (Interpersonal intelligence)
Kemampuan untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan , intensi, motivasi, watak, temperamen orang lain. Kemampuan yang menonjol dalam berelasi dan berkomunikasi dengan berbagai orang. Contohnya komunikator, fasilitator. Tokoh terkenal Mahatma Gandhi (tokoh perdamaian India), Ibu Teresa (Pejuang kaum miskin)

7.Kecerdasan intrapersonal (Intrapersonal intelligence)
Kemampuan berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan untuk bertindak secara adaptif berdasar pengalaman diri serta mampu berefleksi dan keseimbangan diri, kesadaran tinggi akan gagasan – gagasan. Mereka mudah berkonsentrasi dengan baik, suka bekerja sendiri dan cenderung pendiam. Contohnya para pendoa batin.

8.Kecerdasan lingkungan/aturalis (Naturalist intlligence)
Kemampuan untuk mengerti flora dan fauna dengan baik, menikmati alam, mengenal tanaman dan binatang dengan baik. Contohnya: Tokoh terkenal Charles Darwin

9.Kecerdasan eksistensial (Exixtential intlligence)
Kemampuan menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan – persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia. Contohnya persoalan mengapa ada, apa makna hidup ini. Tokoh terkenal seperti Plato, Sokrates, Thomas Aquina.
----
Selain tipe kecerdasan pada manusia, ada juga 4 tipe kepribadian yang perlu untuk kita ketahui untuk lebih mengenal kepribadian kita.  Ada beberapa teori mengenai macam-macam kepribadian. Teori yang paling popular dan terus dikembangkan adalah teori Hipocrates-Galenus. Berikut ini adalah penggolongan manusia berdasarkan keempat golongan kepribadian:
1.Melankolis, si Sensitif 
Jika seseorang mempunyai sifat sensitif, romantis, dan teratur yang dominan, bisa dipastikan dia bertipe melankolis. Si melankolis mempunyai rasa empati yang tinggi. Saat ada teman yang tertimpa masalah, tak jarang dialah orang pertama yang merasakannya dan menjadi pendengar yang baik. Selain pandai berempati, melankolis juga sangat romantis dan jago membuat puisi. Ia cenderung perfeksionis, mempunyai rasa seni yang tinggi, suka akan gambar, dan cukup berbakat menjadi seniman.

Orang bertipe melankolis biasanya suka menyendiri. Terkadang dia terjebak dalam masa lalu dengan ratusan kisah sedih sambil meratapi nasib dan suka membesar besarkan masalah. Tipe melankolis juga umumnya tertutup, kalau ada masalah biasanya disembunykan. Kalaupun dibagi, pastilah diceritakan pada orang yang paling dipercaya. Dia juga kadang suka meremehkan diri sendiri, padahal apa yang dikerjakannya mungkin lebih bagus dari orang lain. Sifat lainnya adalah takut pada kegagalan dan idealis.

2.Plegmatis, si Pencinta Damai
Kaum plegmatis umumnya menghindari konflik karena bagi mereka perdamaian itu nomor satu. Mereka juga baik hati, tenang, rendah hati, penyabar, dan terlihat kalem. Banyak orang bertipe plegmatis yang mempunyai rasa humor tinggi dan menyenangkan untuk diajak bergaul. Si plegmatis merupakan tipe pendengar, jadi dia suka mendengarkan orang berbicara. Kalau kamu ingin curhat, pilih saja orang bersifat plegmatis!
Orang plegmatis suka pada hal-hal simpel. Dia tidak mau melibatkan diri dalam konflik, bahkan konflik dalam dirinya sendiri. Bagi mereka, kalau ada yang mudah mengapa dipersulit? Selain itu, mereka suka menunda-nunda dalam mengambil keputusan. Sifat tidak bersemangat dan malasnya juga terkadang keterlaluan. Jika kamu berteman dengan tipe plegmatis, cambuklah mereka agar cepat bergerak!

3.Sanguinis, si Superstar
Orang dengan tipe sanguinis terkenal banyak omong. Dia memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mengusasai pembicaraan. Sanguinis memiliki hasrat untuk bersenang-senang yang tinggi. Mereka suka akan ketenaran, perhatian, kasih sayang, dan dukungan dari orang lain. Tipe sanguis juga memiliki rasa optimistis yang tinggi, humoris, dan mudah bergaul. Emosi mereka cepat berubah, sesaat mereka bisa terlihat bahagia namun beberapa saat kemudian menangis bombay. Mereka juga senang mengutarakan candaan sehingga membuat orang orang-orang di sekitarnya senang.
Pada umumnya, orang bertipe sanguinis memiliki pemikiran yang pendek, sulit berkonsentrasi dan tidak teratur. Mereka dapat stres jika hidupnya terasa tak menyenangkan karena orang sanguis takut untuk menjadi tidak populer. Jika misalkan dalam sebuah kelompok ada orang yang banyak omong, dialah si Superstar.

4.Koleris, si Kuat
Mereka yang bertipe ini biasanya suka mengatur dan memerintah orang lain. Dia tidak mau ada orang yang berdiam diri saja sementara dia sibuk bekerja atau beraktivitas. Orang koleris suka akan tantangan dan petualangan. Berkat sifatnya yang tegas, pantang menyerang dan pantang mengalah, tak heran banyak dari usahanya yang sukses.
Sayangnya, mereka adalah orang yang tidak sabaran. Segalanya harus cepat karena memang produktivitas mereka tinggi. Mereka juga gampang sekali marah, dan suka berperilaku kasar. Jadi kalau kamu mempunyai teman yang suka uring uringan, sering berkata kasar dan gampang marah, dialah si koleris. Mereka juga suka akan kontoversi dan pertengkaran, bertolak belakang dengan dengan plegmatis yang cinta damai. Sifat mereka juga kurang simpatik dengan sesama dan suka memanipulasi atau memperalat orang lain. Jika melakukan kesalahan, mereka sangat susah meminta maaf. Tipe koleris sedikit mirip dengan sanguis, mereka gampang bergaul dan optimistis. Selain itu, mereka juga bisa berkomunikasi dengan baik dan terbuka dengan orang lain. Hmm tipe orang seperti ini tampaknya cocok sebagai pemimpin.
Kamu bisa 
melakukan tes kepribadian di link berikut:

Jadi setelah mengenal lebih jauh tentang dirimu, kamu akan lebih mudah menentukan tujuan hidup berdasarkan kemampuanmu dan passion yang kamu miliki. Ayo lakukan hal yang bisa menunjukkan potensimu di hadapan umum. Misal, jika kamu pandai bermusik, ikutilah festival. Jika kamu pandai menggambar, buatlah pa meran kecil. Jika kamu pandai bicara, ceramahlah di masjid. Abadikan dalam dan jangan lupa untuk share di account sosial mediamu dan bangun rasa percaya dirimu! (Rls)

Artikel dari program @skillstosucceed
Sumber : 
1.Modul Employability Skills – Skills to Succeed Program, Save the Children
2.http://www.kesah.com/2012/07/9-macam-kecerdasan-menurut-howard.html 
3.http://www.isigood.com/wawasan/4-tipe-kepribadian-manusia-sanguinis-melankolis-koleris-plegmatis-kamu-yang-mana/ 


Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...