Breaking News

Keistimewaan Bulan Rajab Yang Perlu Kamu Tau

Foto Ist
Keistimewaan Bulan Rajab Yang Perlu Kamu Tau 

Infokyai.com - Memasuki Bulan Rajab, dan banyak diantaranya yang bertanya - tanya, apakah keistimewaan Bulan Rajab, dan dari hal itu pun infokyai.com mencoba merangkun dari berbagai sumber apasaja keistimewaan Bulan Rajab, simak penjelasannnya dibawah ini. 

Pada Tanggal 19 Maret 2018 Umat Islam Bakal memasuki Bulan Rajab, Bisa anda baca di arrtikel yang berjudul "PBNU : Awal Rajab 1439 Jatuh Pada Senin 19 Maret 2018" selengkapnya di https://goo.gl/2eAUF1

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang mulia dari empat (4) bulan dalam penanggalan Kalender Islam. Oleh karena itu, Pada Bulan Rajab ada sunnah yang bagus dilakukan yakni Puasa Bulan Rajab, jika anda belum mengetahui niatnya, bisa baca di artikel yang berjudul "Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Lengkap Dengan Keutamaannya" selengkapnya di https://goo.gl/hYykEx

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah video ceramahnya, tak ada ketentuan khusus disebutkan dalam Alquran atau hadis Nabi Muhammad tentang amalan di bulan ini.

Simak Videonya :


“Hadis Rasulullah tentang keutamaan bulan Rajab sahih, tetapi tak ada disebutkan tentang amalan khususnya. Cuma disebutkan secara umum yaitu berpuasalah di bulan-bulan haram. Haram di sini berarti mulia, berasal dari kata Bahasa Arab, yaitu hurum, berarti kehormatan, mulia. Jadi bulan-bulan haram itu artinya adalah bulan-bulan mulia,” jelasnya.
Bulan haram dalan Islam ada empat, yaitu Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.
“Sesuai hadis tersebut, disebutkan anjuran agar kita berpuasa di bulan-bulan ini. Jadi, khusus Rajab tak ada dijelaskan apa saja amalan khususnya karena di hadis ini penjelasannya secara umum tak mengkhususkan ke Rajab,” tambahnya.

Selama Rajab, selain berpuasa, kita bisa menghiasinya dengan amalan-amalan baik lainnya jika mau.

Misalnya, berzikir, membaca Alquran, bersedekah dan sebagainya.

Selain itu, ada lagi keistimewaan lainnya dari Rajab menurut Ustadz Khalid Basalamah.

Di sebuah video ceramahnya, dia menjelaskan tentang tafsir Surah Attaubah ayat 36 yang menjelaskan tentang larangan Allah berbuat maksiat di bulan-bulan haram ini.
“Artinya, itulah ajaran agama yang lurus, janganlah kalian menzalimi diri kalian di bulan-bulan mulia ini,” ujarnya menyitir terjemahan ayat tersebut.

Imam Qurtubi dalam sebuah tafsirnya tentang ayat ini menjelaskan bahwa siapa pun yang berbuat maksiat atau menzalimi dirinya di empat bulan mulia ini akan mendapatkan dosa yang berlipat ganda.

Demikian pula jika kita berbuat baik, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda pula.
“Dan ini disepakati pula oleh ulama-ulama tafsir lainnya,” tambahnya.

Di antara empat bulan istimewa ini hanya Zulhijjah dan Muharram yang ada amalan khususnya, yaitu di Zulhijjah ada puasa Arafah tanggal sembilan, tanggal sepuluhnya ada Hari Raya Iduladha dan tanggal 11,12 dan 13-nya ada hari Tasyrik. Seperti dilansir dari banjarmasinpost.co.id

Kemudian di Muharram ada puasa Tasua dan Asyura pada tanggal sembilan dan sepuluhnya. Nah, kalau bulan Rajab tak ada ini, hanya disuruh banyak-banyak berbuat baik dan ganjarannya akan dilipatgandakan,” jelasnya. (YF/mp)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung