Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Jumat, Februari 2

Buset !Inflasi Kota Bandar Lampung Tertinggi Nasional

Foto Ist
Buset !Inflasi Kota Bandar Lampung Tertinggi Nasional

Bandar Lampung, Infokyai.com - Pada Januari 2018 Tingkat inflasi yang terjadi di Kota Bandarlampung mencapai 1,42 persen. Dari persentasi angkat tersebut menempatkan posisi kota berjuluk Tapis Berseri berada diperingkat teratas daftar inflasi dari 82 kota di Indonesia.

Baca Juga :
Wajibkah Akun Medsos Untuk Kampanye Didaftarkan ke KPU ? https://goo.gl/J79r6B
Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pringsewu https://goo.gl/NrBQRo
Sukseskan Pilkada Serentak 2018, Gubernur Ridho Ajak Seluruh Komponen https://goo.gl/cU3ByP

Berdasarkan penghitungan tahun kalender (point to point) sebesar 1,42 persen dan inflasi year on year (yoy) adalah sebesar 3,73 persen yang menjadi dasar terhitungnya Inflasi Kota Bandar Lampung 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Yeane Irmaningrum mengatakan, inflasi terjadi lantaran adanya kenaikan indeks harga konsumen (IHK) dari 131,31 pada Desember 2017 menjadi 133,17 di Januari 2018.

Inflasi diperanguhi enam kelompok komoditi perdagangan. Diantaranya kelompok bahan makanan yang memberikan andil sebesar 0,64%. Kemudian makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau menyumbang inflasi sebesar 0,25%.

Selanjutnya kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,37%. Kelompok sandang sebesar 0,04 persen. Kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,09 persen. Terakhir adalah kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,03 persen.

“Kelompok kesehatan tidak memberikan andil dalam pembentukan inflasi maupun deflasi,” ujarnya saat memberikan keterangan pers di kantor BPS Lampung, Kamis (1/2).

Baca Juga :
Buset !Diduga Akibat Duel Maut, Satu Orang Tewas Jadi Korban https://goo.gl/eA5HN5
Tewas Ditemukan di Kamar Tidurnya, Pria Ini Gegerkan Warga https://goo.gl/kQCEtg
Wow, Kampanye Hitam Jadi Isu Penting Pilkada Serentak 2018, Kok Bisa ? https://goo.gl/7uKqLD

Yeane menambahkan, komoditi yang paling dominan memberikan andil inflasi adalah kebutuhan pokok yaitu beras, cabai merah, ayam goreng, mie, ikan layang dan cabai rawit, tukang bukan mandor, bimbingan belajar dan rokok kretek.

Kota Bandarlampung menempati peringkat pertama dari 82 kota yang diamati perkembangan harganya. Dari 82 kota 79 mengalami inflasi dan 3 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi 1,42 persen di Bandarlampung, sedangkan yang terendah terjadi di Tangerang sebesar 0,04 persen.

Deflasi tertinggi terjadi di Jayapura sebesar 1,12 persen, dan deflasi terendah terjadi di Meulaboh sebesar 0,14 persen.

Sebelumnya, pada Desember 2017 kota Bandarlampung juga mengalami inflasi, dengan besaran mencapai 0,47%, karena adanya kenaikan indeks harga konsumen (IHK), dari 130,70 pada November 2017 menjadi 131,31 pada desember 2017.

Bandarlampung menempati peringkat ke 66 dari 82 kota yang diamati perkembangan harganya pada bulan lalu. Dari 82 kota, seluruhnya mengalami inflasi dan tidak ada yang mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Jayapura sebesar 2,8% sedangkan inflasi terendah terjadi di Sorong sebesar 0,8%.

Baca Juga :
Putri : Kepada Ayah Tercinta Yang Lebih Dahulu Pergi, Tersenyumlah di Surga https://goo.gl/qQxgvY
Tewas Satu Orang Kecelakaan di Marga Tiga Lampung Timur https://goo.gl/rSnQcq

Surat Izin Lokasi PT BMM Dipertanyakan https://goo.gl/YmKb67

Kota Bandarlampung pada Desember 2017 berdasarkan perhitungan inflasi tahun kalender (point to point) dan inflasi year on year (yoy) adalah sebesar 3,14%.(*)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...