Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker Gink Technolgy Batas 26 April 2018 KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Saturday, January 13

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Laut Bagi Kesehatan

Foto 108jakarta.com
Manfaat Mengkonsumsi Ikan Laut Bagi Kesehatan

Kesehatan, Infokyai.com - Siapa yang tak kenal dengan ikan?, pasti nya semua orang mengetahuinya bakan sangat menyukai makanan yang terbuat dari kita. Kita juga diberikan periaran yang cukup luas, hingga tak jarang banyak ikan yang dijajakan dipasar, supermarket, pinggir laut, restoran dan tempat-tempat lainnya.

Ikan juga sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena.didalamnya terkandung beberapa zat yang dapat menjadikan tubuh kita tetap sehat dan bisa juga menjadikan kita pintar. Hal ini disebabkan karena mengandung zat yang disebut Omega 3 yang mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak. 

Jika bandingkan dengan ikan tawar, kandungan gizi yang terkandung didalam ikan laut lebih banyak, karena ikan laut lebih banyak mengandungan omega 3 yang lebih tinggi dari pada ikan tawar. Dan kandungan utama yang terdapat didalam ikan laut adalah zat makro molekul tubuh, misalnya seperti protein tinggi, lemak, vitamin  dan mineral.

Dan disini saya akan memberikan beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan laut dan tentunya dapat menjadikan tubuh kita tetap sehat. Berikut beberapa manfaat dari ikan laut:

1. Menyembuhkan Anemia
Anemia atau sering disebut dengan kurang darah biasanya memiliki ciri tubuh yang lemas dan pucat. Mereka yang menderita anemia ini haruslah mengkonsumsi banyak sayur-sayuran untuk membantu pembentukan sel darah merah. Dan ini daoat disembuhkan dengan sering mengkonsumsi ikan laut, karena ikan laut mengandung nutrisi vitamin B kompleks yang juga membantu untuk pembentukan sel haemoglobin. Dengan begitu eritrosit (sel darah merah) juga akan terbentuk.

2. Mengahsilkan Energi
Vitamin B kompleks yang terkadung didalam ikan laut juga dapat membantu proses metabolisme karbohidrat tubuh dan dapat juga untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

3. Merangsang Otak
Zat taurine yang terkandung didalam ikan laut sangat baik untuk merangsang sel otak yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Pada ikan laut, terdapat beberapa zat yang dapat / mampu merangsang perkembangan otak adalah asam lemak Omega 3 (EPA dan DHA). Karena sebagian besar otak manusia mengandung zat omega 3, sehingga dipercaya untuk membantu perkembangan sel otak juga dapat menambahkan daya ingat otak.

4. Mencegah Migrain
Ikan laut adalah ikan yang menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki kaya akan kandungan vitaminnya yai. Adanya fungsi vitamin B kompleks membantu tubuh mengurangi dan mencegah migraine atau sering disebut dengan sakit kepala sebelah.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Ikan laut juga dapat menjaga kesehatan mata dan dapat juga membantu mencegah kebutaan pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena dalam ikan laut terdapat banyak manfaat vitamin A dan B kompleks.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Degeneratif
Penyakit degeneratif adalah penyakit yang timbul di usia tua, misalnya jantung koroner. Penyebabnya adalah karena kolestrol yang tidak terkontrol.
Asam lemak omega 3 yang terkandung didalam ikan laut juga dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit degeneratif. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan kanker. Selain omega 3, ternyata ada juga kandungan mineral selenium yang mampu membantu metabolisme tubuh. Manfaat antioksidan di dalamnya juga dipercaya untuk mengatasi masalah penyakit degeneratif.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan
Protein yang terkandung didalam ikan laut berbeda dengan protein yang ada pada daging lainnya seperti daging sapi, ayam, atau kambing. ini dikarenakan serat pada protein ikan laut hanya memiliki rantai penyusun protein yang pendek, Sehingga penyerapan lebih cepat dan lebih mudah. Tentu saja ini tidak memberatkan kinerja pada usus halus, sehingga dapat membantu proses pencernaan.

8. Baik untuk Pertumbuhan
Ikan juga berperan dalam proses pembentukan tulang. hal ini disebabkan karena kamdungam vitamin D yang ada dalam ikan laut sangat berperan untuk menjaga kekuatan tulang. Makanan jenis ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

9. Mengontrol Kolesterol
Asam lemak tak jenuh yang terkandung didalam ikan berfungsi dalam menjaga stamina tubuh agar tetap fit. Pada zat ini, adalah salah satu zat yang mampu mengontrol kolesetrol tubuh agar tetap normal berasal dari manfaat omega 3. Kandungan zat di dalamnya terdapat EPA dan DHA mampu menurunkan kolestrol tinggi dan mengikat lemak.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dengan mengonsumsi asam lemak omega 3 yang banyak terdapat dalam ikan laut, sehingga dapat membantu unutuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kondisi tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.

Dan itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan laut yang pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena ikan banyak mengandung zat yang bermanfaat.  Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Manfaat Mengkonsumsi Ikan Laut Bagi Kesehatan" semoga dapat bermanfaat, dan bisa menjadi bahan referensi dalam kehidupan. (Red/DR/MP)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...