Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Job Fair 14-15 Agustus 2018 KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Mei 26

Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan, Mau Tau ?

Foto deherba.com
Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan, Mau Tau ?

Kesehatan, Infokyai.com - Siapa yang tak kenal kena bratawali?, ya pastinya semua orang mengetahui nya. Bratawali yang memiliki ciri khas rasa pahit ini memiliki  nama lain antawali, andawali, putrawali atau daun gadel. Daun dan juga batang bratawali sering dijadikan sebagai obat herbal karena dipercaya memiliki efek yang dapat menyembuhkan penyakit juga menjadikan tubuh kita sehat.
Baca Juga :  Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan https://goo.gl/qhKyyL
Brotawali mengandung zat yang sangat bermanfaat loh yai, beberapa kandungannya yang bermanfaat, yakni seperti, Alkaloid, berberin dan columbina yang dipercaya mampu melawan bakteri serta mempercepat penyembuhan luka. Tidak hanya itu, daun dan batang bratawali juga mengandung zat pahit yang disebut sebagai pikotrein. Zat pahit ini mampu merangsang kinerja syaraf, otot dan juga sistem pernafasan dalam tubuh. 

Daun dan batang brotawali biasanya dipergunakan menjadi salah satu bahan dasar pembuatan jamu yai, coba deh diliat di pedagang - pedagang jamu, baik yang dipasar, toko, dan pedagang jamu keliling, pastinya ada brotowali di dagangan mereka. Hal ini dikarenakan batang dan daun bratawali yang sangat bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh kita
Baca Juga :  Manfaat Kulit Kina Bagi Kesehatan https://goo.gl/5fo8xA
Dan disini saya akan memberikan beberapa manfaat dari bratawali yang dapat menyembuhkan penyakit juga menjadikan tubuh kita tetap sehat. Berikut manfaat batang brotowali dan daunnya bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah
Bratawali dapat menurunkan kadar gula darah pada penyakit diabetes. Anda hanya cukup mengkonsumsi air rebusan bratawali, kumis kucing dan juga sambiloto secara teratur. Ramuan herbal ini akan membantu tubuh mengontrol gula darah sehingga dapat mempercepat penyembuhan penyakit diabetes. 

2. Menyembuhkan Hepatitis
Hepatitis atau disebut juga dengan penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya bilirubin dalam tubuh. Ciri paling khas dari penyakit ini adalah kuku dan mata yang mulai menguning. Jika tak segera diatasi, penyakit kuning dapat mengancam nyawa penderitanya.
Baca Juga :  Mengobati Jerawat, dengan Ramuan Obat Tradisional https://goo.gl/rBB5N8
Penyakit ini juga bisa disembuhkan obat-obatan herbal, salah satunya adalah dengan menggunakan bratawali atau antawali. Caranya  pun cukup mudah hanya dengan dengan mengkonsumsi sepertiga gelas air rebusan batang bratawali 2 kali dalam sehari dengan teratur, dengan begitu penyakit hepatitis dapat disembuhkan.

3. Menyembuhkan Malaria
Bratawali juga dapat menyembuhkan penyakit malaria dengan cara meminum ramuan bratawali tiga kali dalam sehari. Tak hanya itu, air rebusan brotowali juga akan meringankan nyeri sendi ketika malaria kambuh.

4. Menyembuhkan Rematik
Rematik merupakan radang sendi yang seringkali menyebabkan nyeri hebat. Ternyata bratawali juga dapat menyembuhkan rematik, cara nya pun cukup mudah hanya dengan membuat ramuan rebusan daun dan batang bratawali lalu minum airnya dua kali sehari masing-masing setengah gelas secara rutin dengan begitu rematik dapat disembuhkan.
Baca Juga :  5 Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah https://goo.gl/bqcb9a
5. Menambah Nafsu makan
Nafsu makan Anda bisa kembali dengan mudah hanya dengan meminum air rebusan daun dan batang bratawali. Rasa yang terkandung pada brotowali memang rasanya pahit, namun anda bisa saja menambahkan sedikit madu, atau gula untuk dapat menghilangkan rasa pahit brotowali. dengan anda mengkonsumsi ini, nafsu makan anda akan bertambah yai. coba deh, dan buktikan. 

6. Mempercepat Penyembuhan Luka
Bratawali mengandung senyawa antioksidan yang akan membuat luka cepat mengering. Untuk mendapatkan manfaat batang brotowali yang satu ini, Anda hanya perlu menumbuk batang dan daun brotowali lalu menempelkannya pada luka. Selain itu yai, anda juga bisa menggunakan air rebusan brotowali loh yai, hmm buat apakah ? ternyata air rebusnya, dapat dipergunakan  sebagai pembasuh luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

7. Menurunkan demam
Manfaat batang bratawali lainnya adalah sebagai obat penurun demam. Ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi air perasan batang bratawali yang dicampur dengan madu dan diminun secara rutin setiap harinya, sehingga dapat menurunkan demam dengan segera.

Dan itulah beberapa manfaat dari bratawali baik dari daunnya ataupun batangnya yang dapat menyembuhkan penyakit juga menjadikan tubuh kita tetap sehat.
Baca Juga :  Manfaat Meminum Infused Water, Mau Tau ? https://goo.gl/jX5nWL
Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan, Mau Tau ?" semoga dapat bermanfaat, dan bisa menjadi bahan referensi dalam kehidupan. (Red/DR/MP)


Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...