Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Minggu, April 22

Penyakit Musim Hujan Yang Sering Menyerang Manusia

WAVEBREAKMEDIA LTD VIA GETTY IMAGES
Penyakit Musim Hujan Yang Sering Menyerang Manusia 

Kesehatan, Infokyai.com - musim penghujan terjadi diindonesia pada bulan november sampai dengan bulan april,yang ditandai dengan jumlah curah hujan yang cukup besar. Musim penghujan juga dapat mengakibatkan bencana banjir. Bencana banjir sendiri rentan akan tumbuhnya dan berkembangnya bakteri yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit. 

Contoh penyakit yang terjadi pada musim penghujan antara lain demam berdarah, diare, penyakit kulit, flu, tifus, cikungunya, demam dll yang akan bahas diartikel ini dan beserta cara pencegahan nya.

Saat musim penghujan datang hendak lah kita harus waspada akan datang penyakit dan selalu menjaga kebersihan,penyakit yang berbahaya yaitu demam berdarah yang sering kali terjadi saat musim penghujan datang.

Berikut ada beberapa macam penyakit yang sering terjadi saat musim penghujan dan beserta pencegahannya:

1. Demam Berdarah
Demam berdarah yang sering disingkat dengan DBD merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia karena dapat mengakibatkan penderita nya panas tinggi dan apabila penderita nya telat untuk ditangani oleh dokter bisa-bisa si penderita dapat kehilangan nyawa nya. Demam berdarah sendiri diakibatkan oleh nyamuk aedes aegypti yang dapat menularkan penyakit demam berdarah. Saat musim penghujan pastinya akan banyak genangan air dan sampah-sampah yang dapat menjadi tempat berkembang biak nya nyamuk penular demam berdarah.

Demam beradarah sendiri dapat dihindari atau dicegah dengan menjaga kebesihan lingkungan sekitar tempat tinggal, dengan membuang sampah pada tempat nya,mengubur kaleng-kaleng bekas yang sudah tidak terpakai lagi dan yang dapat menampung air yang bisa menjadi tempat berkembang biak nya nyamuk, rutin menguras tempat penampungan air dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat. Dengan begitu penyakit demam berdarah dapat dicegah sehingga tidak ada lagi orang yang terkena penyakit demam berdarah.

2. Diare
 Diare merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Diare tersebut sering terjadi saat musim penghujan karena disaat-saat seperti itu lah kuman dan bakteri berkembang biak sangat pesat yang akibatnya dapat menimbulkan penyakit diare ini. Penyakit diare ini ditandai dengan encer nya fases si penderita, sering pergi bolak balik ke kamar mandi dan disertai dengan sakit perut. 

Diare ini disebabkan karena jarangnya menjaga kebersihan makanan dan lingkungan tempat tinggal dengan begitu kuman dan bakteri leluasa masuk kedalam tubuh dan akhirnya menyebabkan penyakit diare.

Apabila sudah terkena diare untuk pertolongan pertama hendak lah diberikan cairan oralit, cairan oralit adalah garam yang dilarutkan dengan air hangat. Dan untuk mencegah penyakit diare ini datang hendak lah menjaga kebersihan makanan,lingkungan tempat tinggal, mencuci peralatan makan dengan bersih, membiasakan mencuci makan sebelum dan sesudah makan. Dengan begitu penyakit diare dapat dihindari.

3. Penyakit Kulit
Penyakit kulit ini biasa nya ditimbulkan akibat banjir yang membawa kuman dan bakteri sehingga dapat membuat kulit menjadi gatal-gatal,iritasi, bahkan infeksi.
Penyakit kulit ini dapat dicegah dengan membiasakan menjaga kebersihan lingkungan,serta kesehatan kulit itu sendiri sehingga terhindar dari penyakit kulit.

4. Flu
Penyakit flu atau disebut dengan influenza merupakan penyakit pada sistem pernapasan yang disebabkan kan oleh virus influenza. Flu ini dapat ditularkan melalui udara ketika bersin dan batuk.
Gejala umum yang sering terjadi ketika terkena flu adalah demam, tidak enak badan, lesu, batuk, hidung yang mengeluarkan cairan dan juga tersumbat, mudah lelah, merasa kedinginan, nyeri pada otot, dan nafsu makan yang menurun.

Flu dapat dicegah dengan membiasakan menjaga kebersihan,dan apa bila sudah menderita flu hendaknya jangan terlalu sering menyentuh bagian hidung dan mulut, dan gunakan lah tissu atau sarung tangan untuk mencegah terjadi nya penularan flu tersebut kepada orang lain.

5. Tifus
Tifus merupakan penyakit yang diakibatkan kuman salmonella typhosa yang senang berkembang biak didalam air genangan yang kotor ketika musim penghujan datang. Penyakit ini ditandai dengan panas tinggi yang tak kunjung turun dan lemas nya tubuh karena kekurangan cairan.

Penyakit tifus dapat dicegah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, jangan konsumsi jajanan yang tidak sehat, jaga kesehatan lingkungan, bersihkan peralatan makanan dengan baik. Apabila sudah terkena penyakit tifus hendaklah langsung dibawa kerumah sakit agar dapat ditangani oleh dokter. 

6. Cikungunya
Sama seperti halnya demam berdarah cikungunya juga sering terjadi di musim penghujan sepeti saat ini yang disebabkan oleh virus cikungunya dan juga nyamuk aedes aegypti.

Penyakit cikungunya ditandai dengan adanya gejala demam mendadak, nyeri pada sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang, dan ruam (bintik-bintik kemerahan) pada kulit, nyeri otot, sakit kepala, menggigil, kemerahan pada selaput mata, mual, muntah, gatal pada ruam, dan pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher.

Penyakit cikugunya dapat dicegah dengan membiasakan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, meminum air hagat,menghidari merokok, segera mandi apabila kehujanan, dan rutin melakukan olahraga.

7. Demam
Demam merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Ini dapat disebabkan karena terkena air hujan yang terlalu lama dan antibody yang lemah. 

Demam dapat dicegah dengan mengompres dahi dengan sapu tangan yang sudah di rendam diair dingin.

Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Manusia " semoga bermanfaat, dan jangan lupa jaga selalu kesehatan anda, cukup sekian dan terima kasih.  (Red/DR/MP)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...