Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Info CPNS 2018 KLIK DISINI

Info Beasiswa 2018 KLIK DISINI

Loading...

Thursday, December 28

Masalah Gangguan Mata Yang Perlu Kamu Tau, Berikut Cara Pencegahannya

Foto Ist
Masalah Gangguan Mata Yang Perlu Kamu Tau, Berikut Cara Pencegahannya 

Kesehatan, infokyai.com Mata merupakan sistem indra manusia yang sangat penting bagi kehidupan manusia yang berfungsi untuk melihat keadaan sekitar, warna, benda dan semua nya. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan mata kita dengan baik supaya tidak cepat rusak atau terkena gangguan mata seperti: rabun jauh, rabun dekat, katarak, presbiopi, buta warna, kebutaan dll.

Gangguan mata dapat terjadi bila ditandai dengan mata terasa sakit atau kering apabila terlalu lama menatap layar komputer atau pun handphone, sering menggosok-gosok kan mata dengan tangan yang dapat mengakibatkan mata menjadi iritasi, dan rabun atau tidak jelasnya sesuatu yang dilihat seperti tulisan, benda, wajah seseorang dan sebagainya.

Meskipun penyakit mata ini tidak menular tetapi bila tidak ditangani oleh dokter mata atau dibiarkan saja maka dapat merusak mata dan dapat berakibat fatal yaitu mengalami kebutaan.
Berikut ada beberapa macam masalah ganguan pada mata dan cara mencegahnya yang akan saya bahas diartikel ini,sebagai berikut:

1. Rabun Dekat
Rabun dekat atau yang biasa disebut dengan hipermetropi merupakan ganguan pada indra penglihatan yang disebabkan oleh bola mata terlalu pipih atau terlalu pendek sehingga bayangan benda yang dilihat oleh mata jatuh kebelakang retina yang dapat menyebabkan si penderita rabun dekat tidak bisa melihat benda yang jaraknya terlalu dekat dan hanya bisa melihat benda yang jarak nya jauh, jika melihat benda yang jarak nya dekat maka akan terlihat samar-samar dan tidak jelas.

Rabun dekat ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata yang berlensa cembung atau positif dan dapat juga dengan memakan makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti halnya wotel. Kacamata dengan lensa cembung dapat mengembalikan mata yang tadi nya tidak bisa melihat benda yang jarak nya dekat menjadi bisa dilihat.

2. Rabun Jauh
Rabun jauh atau yang biasanya disebut dengan miopi ini merupakan ganguan mata yang disebabkan oleh bola mata terlalu mencembung sehingga bayangan benda yang dilihat oleh mata jatuh didepan retina. Rabun jauh ini mengakibatkan si penderita tidak dapat melihat benda yang jarak nya jauh dan hanya bisa melihat benda yang jarak nya ddekat saja, rabun jauh ini merupakan kebalikannya dari rabun dekat.

Rabun jauh ini dapat dicegah dengan banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yaitu wortel dan juga bisa menggunakan kacamata yang berlensakan lensa cekung atau negatif. Kacamata tersebut akan mengembalikan penglihatan si penderita sehingga dapat melihat benda yang jarak nya jauh.

3. Presbiopi
Presbiopi adalah keadaan dimana mata tidak biasa melihat benda yang jarak nya jauh dan dekat, hal ini disebabkan karena otot yang menggerakkan bola mata telah mengendur sehingga daya akomodasi mata berkurang dan mengakibatkan rabun jauh dan rabun dekat.

Presbiopi itu sendiri dapat diatasi dengan menggunakan kacamata yang berlensa rangkap yaitu lensa cembung dan cekung, yang dapat mengembalikan penglihatan sehingga dapat membantu melihat benda yang jaraknya jauh dan dekat, penderita juga diharuskan untuk menjaga kesehatan mata dengan banyak memakan makanan yang mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

4. Katarak
Katarak adalah gangguan pada penglihatan yang disebabkan adanya kelainan pada mata berupa pengeruhan lensa mata. Katarak ini biasanya menyerang pada seseorang yang sudah berusia lanjut atau tua dan penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit mata menahun.

Katarak dapat disembuhkan dengan cara mengoperasi mata si penderita, dokter akan mengambil selaput putih yang menutupi mata sehingga si penderita dapat melihat kembali.

5. Buta Warna
Buta warna merupakan keadaan dimana mata mengalami kelainan tidak dapat membedakan warna-warna tertentu. Buta warna dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu buta warna total dan buta warna sebagian. Buta warna total itu sendiri adalah mata hanya dapat membedakan warna hitam dan putih, sedangkan buta warna sebagian adalah mata tidak bisa membedakan warna tertentu. Ini dapat diatasi dengan berkonsultasi kepada dokter mata. 

6. Kebutaan
Kebutaan merupakan penyakit mata yang paliang buruk karena sang penderita sudah tidak dapat melihat. Kebutaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu persial dan lengkap. Kebutaan parsial adalah kebutaan yang mempunyai pandangan terbatas, sedangkan kebutaan lengkap adalah kebutaan yang tidak bisa melihat sama sekali.  

Kebutaan dapat diatasi dengan mencari pendonor yang mau untuk mendonorkan mata nya untuk si penderita kebutaan tersebut. 

Jadi,hendaklah kita harus menjaga kesehatan mata agar dapat terhindar dari ganguan mata diatas. Jika mata sudah rusak maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari kita dan bisa juga dapat berujung pada kebutaan. 

Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang Masalah Gangguan Mata Yang Perlu Kamu Tau, Berikut Cara Pencegahannya , semoga dapat bermanfaat. (Red/DR/MP)

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments