Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Senin, April 23

Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Foto Manfaatnyasehat.com
Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tips Kesehatan, Infokyai.com - Lengkuas atau sering juga disebut laos oleh banyak orang merupakan bumbu penyedap masakan yang pastinya sudah tak asing lagi bagi orIang yang suka memasak karena pastinya pernah sering menggunakan bumbu satu ini. Dilain daerah pastinya juga lain penyebutan dari lengkuas ini jika diJawa orang menyebutnya dengan sebutan laos, di Melayu orang menyebutnya dengan lengkueh, sedangkan  orang Sunda menyebutnya dengan sebutan laja.

Selain tuk bumbu masakan ternyata lengkuas mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh misalnya adalah: menjadi obat radang, menghilangkan bekas jerawat, meremajakan kulit, mecegah rambut rontok dan masih banyak lainnya 

Lengkuas ini mempunyai ciri-ciri batang semu dan buah yang berupa rimpang tumbuh di dalam tanah, dengan tinggi pohon bisa mencapai 2 meter lebih. Aromanya sangat khas, berserat dan bertekstur agak keras.

Disini saya akan memberikan beberapa khasiat dan manfaat dari lengkuas yang pastinya dalat bermanfaat bagi anda untuk menjadikan tubuh tetap sehat. Berikut beberapa manfaat dari lengkuas:

1. Mengobati Radang
Karena lengkuas bersifat antioksidan dan anti inflamasi juga mengandungan galangin, dan karioferidanya sehingga lengkuas sangat ampuh untuk meredakan radang.

2. Mencegah Rambut Rontok
Lengkuas yang memiliki kandungan fosfor yang sangat efektif untuk menguatkan akar rambut dan menyehatkan kulit kepala. Sehingga pertumbuhan akar rambut dapat tumbuh karena kulit kepala yang sehat juga menjadikan rambut bebas dari ketobe dan menjadikan rambut rata dan juga rapih.

3. Mengoptimalkan Pertumbuhan Rambut
Jika lengkuas dijadikan sebagi minyak lengkuas maka dapa berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Minyak ini akan meningkatkan sirkulasi darah, dengan begitu bisa membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, lengkua mengandung asam lemak yang ada didalamnya juga bisa membantu pertumbuhan rambut yang tipis, caranya dengan mencampurnya dengan minyak jojoba dan minyak lengkuas lalu dioleskan ke rambut yang tipis.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat
Lengkuas juga bisa dijadikan sebagai pembersih antiseptic alami yang akan menjaga kulit supaya tetap terlihat bersih, halus dan cerah. Lengkuas juga berfungsi untuk mencerahkan dan merevitalisasi kulit. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan jerawat membandel. Kandungan zat yang terdapat di dalam lengkuas akan mengurangi pembentukan jerawat baru dengan cara membersihkan kulit dari bakteri.

5. Mengeluarkan Racun
Untuk mengeluarkan racun didalam tubuh hendaknya dibutuhkan bantuan dari bahan makanan yang menyehatkan dan kaya nutrisi. Kandungan nutrisi yang ada pada lengkuas akan bekerja untuk mengeluarkan racun. Contoh nya adalah lengkuas yang mengandung antioksidan didalamnya mampu menangkal radikal bebas juga racun yang akan merusak kulit juga tubuh.

6. Mencegah Resiko Kanker
Karena lengkuas mengandung flavonoid galangin didalamnya berfungsi untuk melawan radikal bebas. Zat ini bisa menekan genotoxicity bahan kimia. Selain itu lengkuas juga terdapat kandungan minyak atsiri yang dapat meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil.

7. Menurunkan Demam
Lengkuas yang mengandung zat antipiretik dan analgesic yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh jamur juga menurunkan demam. 

8. Menyembuhkan Luka 
Lengkuas yang mengandung antioksidan dapat membantu menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas luka, dengan cara mengiris tipis dan menempelkannya pada bekas luka. Lakukan secara rutin minimal 2 minggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

9. Mencegah Penuaan Dini
Lengkuas juga bisa dipakai untuk perawatan tubuh, karena mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang ada didalam lengkuas.

10. Menjadikan Perut Merasa Nyaman
Khasiat lengkuas bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman diperut. Sehingga bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi mabuk perjalanan, muntah, serta mengurangi gejala diare. 

Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang ada didalam lengkuas dapat menjadikan tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan juga dapat dipraktekan dirumah.

Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan dan Kecantikan" semoga bermanfaat, terima kasih. (Red/DR/MP)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...