Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Sunday, October 8

Cara Membuat Footnote / Catatan Kaki di Microsoft Word Beserta Rumusnya


Cara Membuat Footnote / Catatan Kaki di Microsoft Word
Edukasi, Infokyai.com - Footnote atau catatan kaki itu apa sih yai ? mungkin terlintas dibayangan anda, catatan kaki itu catatan yang tertulis dikaki, pastinya hal itu yang terbayang oleh anda, jika saja tidak mengkaitkan dengan pengetahuan yang ada di masa saat ini. 

Footnote atau catatan kaki adalah salah satu bentuk jejak atau kutipan yang mengharuskan seseorang penulis mencantumkan sumber atau menjelaskan sebuah tulisan yang ia ambil dari beberapa penulis sebelumnnya. 

Mencantumkan Footnote atau catatan kaki adalah hal yang penting, hal ini diperlukan karena untuk dapat seseorang melihat jejak dari tulisan yang telah kita buat seperti karya tulisan berbentuk makalah. 

Kenapa sih yai, Footnote atau catatan kaki itu perlu ? 
Perlunya meletakan Footnote atau catatan kaki di makalah anda, untuk dapat makalah atau karya tulis anda dinyatakan Valid, yang berdasarkan sumber - sumber para peniliti yang telah dahulu meniliti. 

Mungkin bagi beberapa orang, ada yang masih awam tentang Footnote atau catatan kaki, dan bagaimana tata cara menambahkan Footnote atau catatan kaki di Microsoft Office Word, berikut infokyai.com jelaskan langkah - langkahnya, yaitu : 

Langkah Pertama 
Hidupkan Komputer / Laptop / Notebook Anda 
Setelah itu, anda pilih Home dan akan tampil menu seperti dibawah ini : 

Foto 1 
Pada Foto 1 diatas menunjukan tampilan menu home, dan pada langkah ini terdapat dua langkah yaitu : 
Pertama Anda Pilih All Program 
Kedua Anda Pilih Icon Microsoft Office Word. (Bila sudah ada shortcut di Desktop, jika belum ada silahkan ikuti langkah 1)
Tujuan pada langkah pertama ini adalah untuk dapat pengguna mengakses Aplikasi Microsoft Office Word. 

Langkah Kedua 
Setelah anda memilih All Program, maka akan tampil halaman seperti dibawah ini : 
Foto 2
Pada tampilan Foto 2 menunjukan, tampilan dekstop yang terdiri dari beberapa aplikasi dan folder, dan dari banyaknya folder tersebut, bisa anda pilih : 
Folder dengan nama " Microsoft Office "

Langkah Ketiga 
Setelah anda memilih Folder Microsoft Office, maka akan tampil halaman sebagai berikut : 

Foto 3
Pada Foto 3 menunjukan beberapa Aplikasi dari Folder Microsoft Office yang anda Klik, dan bisa anda pilih sesuai kebutuhan anda, karena saat ini kita sedang membahas tentang cara membuat cover makalah di Microsoft Office Word, maka anda bisa memilih Aplikasi MS Word ia yai. 

Langkah Keempat
Setelah anda memilih Aplikasi MS Word, maka akan tampil halaman sebagai berikut : 
Foto 4
Pada Foto 4, menunjukan tampilan awal Aplikasi Microsoft Word, dan bisa anda amati pada tampilan halaman awal MS Word, terdapat beberapa menu mulai Home, Insert, Page Layout, Refferences, Mailings, Review dan View.

Langkah Kelima
Perhatikan dengan baik foto dibawah ini 
Foto 5
Pada Foto 5 Menunjukan ada beberapa lingkaran yang mengarah ke tulisan "FOOTNOTE" lingkaran tersebut adalah Footnote / Catatan Kaki, dan diatas lingkaran tersebut terdapat beberapa garis yang mengarahkan ke tanda panah bewarna merah, dan menunjukan angka yang lumayan kecil jika dilihat angkanya dan agak menjorok ke atas. 

Pada angka tersebut adalah sumber tulisan yang telah anda kutip atau copy paste yai, misal saja anda mengutip dari buku Haidar, “Sustainable Livelihod Approach: The Framework, Lessons Learnt from Practice and Policy Recommendations,” 2009. Hlm 122. 

Jadi pada buku yang anda kutip tersebut, jika mau anda pindahkan ke makalah anda, anda harus mencantumkan Footnote atau catatan kaki yai, sehingga makalah atau artikel anda menjadi lebih valid, dengan adanya dasar sumber penilitian terdahulu. 

Untuk Rumus membuat Footnote atau catatan kaki, anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut : 
CTRL + ALT + F
CTRL + ALT + D

Demikian informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Cara Membuat Footnote / Catatan Kaki di Microsoft Word Beserta Rumusnya" semoga bermanfaat. (red/fmp)




Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments