Breaking News

Apa Itu Tes Kesamaptaan ?

Foto Ist
Apa Itu Tes Kesamaptaan ?

Informasi, Infokyai.com - Tes kesamaptaan adalah salah satu tahap seleksi yang terbilang sama dengan tes fisik atau tes kebugaran, biasanya tes seperti ini diperuntukan oleh calon pelamar CPNS, Sekolah Ikatan Dinas dan Perusahaan. 

Sebelum membahas lebih dalam, sebaiknya anda pahami dulu yai, arti kata Kesamaptaan, samapta adalah kata yang memiliki arti kata Siap / Ready / Prepared atau lebih condongnya adalah kesiapan fisik. 

Dalam tes kesamptaan terdapat beberapa jenis tes yai, diantaranya adalah lari, push up, sit up, pull up, chining, dan shuttle run. 

Tes Lari 
Biasanya Tes lari, peserta diminta untuk melakukan lari selama 12 menit memutari lapangan, bagi pria jarak tempuh minimal 1.200 meter, sedangkan untuk wanita jarak tempuh minimal 1.200 meter, namun saja jika untuk wanita diberikan waktu lebih lama, yakni 14 menit. 

Standar Tes Lari Pria
Jarak Tempuh 1.200 Meter
Waktu 12 Menit

Standar Tes Lari Wanita
Jarak Tempuh 1.200 Meter
Waktu 14 Menit

Tes Push Up 
Push up adalah salah satu tes yang diharuskan peserta mengikutinya, dan dengan diadakan tes ini, pihak panitia bisa mengetahui daya tahan lengan bagian luar para peserta tes. 

Standar Push Up Pria 
35 s.d 40 kali 
Waktu 1 Menit

Standar Push Up Wanita
30 s.d 35 kali 
Waktu 1 Menit

Tes Sit Up 
Sit up adalah salah satu tes yang ada di Tes Kesamptaan, sit up adalah gerakan duduk kemudian bangun. Pihak panitia melaksanakan tes ini, untuk dapat mengetahui kemampuan peserta dalam daya tahan serta fleksibilitas otot perut. 

Standar Sit Up Pria 
35 s.d 40 kali 
Waktu 1 Menit

Standar Sit Up Wanita
30 s.d 35 kali 
Waktu 1 Menit

Tes Pull Up
Pull up adalah tes untuk mengetahui kekuatan otot lengan peserta. Pull up adalah gerakan dengan cara seperti peserta bergantung pada sebuah tiang horizontal, lalu peserta menarik badan ke atas sampai dagu melewati tiang itu dan kembali turun sampai tangan lurus.

Standar Pull Up Pria 
10 kali 
Waktu 1 Menit

Standar Pull Up Wanita
5 kali
Waktu 1 Menit

Tes Shuttle Run
Tes Shuttle run merupakan salah satu tes yang dilakukan oleh peserta, dengan lari membentuk angka 8 (delapan). contohnya peserta lari ke rute yang telah ditentukan panitia, dengan kecepatan penuh (sprint) lalu nanti peserta diminta melewati dua patok besi yang telah ditentukan oleh pihak panitia, dan membentuk angka 8. 

Standar Shuttle Run Pria 
3 kali putaran
Waktu Tercepat

Standar Shuttle Run Wanita
1 kali
Waktu Tercepat

Demikianlah, informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Apa Itu Tes Kesamaptaan ?" semoga bermanfaat . (red/mp)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung