Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Lowongan Kerja Gink Tech KLIK DISINI

Wednesday, September 20

Alur Pendaftaran Kementerian Sosial Republik Indonesia


Alur Pendaftaran Kementerian Sosial Republik Indonesia

Lowongan Kerja, Infokyai.com - Kementerian Sosial Republik Indonesia (disingkat Kemensos) dahulu Departemen Sosial (disingkat Depsos) adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan dan membidangi urusan dalam negeri di dalam pemerintahan untuk membantu presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan negara di bidang sosial. Kementerian Sosial dipimpin oleh seorang Menteri Sosial (Mensos) yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh Khofifah Indar Parawansa.

Baca JUga :
Pengumuman Formasi  Kementerian Sosial https://goo.gl/KmY28B


Pengumuman Pendaftaran
Sebelum malakukan pendaftaran siapkan terlebih dahulu data-data yang diminta, yaitu :
Identitas yang diisi sesuai dengan yang tercantum didalam ijazah yang digunakan untuk melamar
Pasphoto berwarna digital tipe jpg, pjpg, jpeg ukuran maksimal 50 KB
Akreditasi Jurusan Perguruan Tinggi
Judul Skripsi/Tugas Akhir dari jurusan yang digunakan untuk melamar
Nomor dan Tanggal Ijazah
Alamat domisili lengkap dan nomor yang dapat dihubungi untuk surat menyurat dan komunikasi
Formasi dan Wilayah pilihan penempatan, karena tidak semua formasi tersedia untuk semua wilayah
Akun login untuk mencetak formulir, kartu ujian dan lain-lain
Saat melakukan pendaftaran, terdapat beberapa data yang dapat dikosongkan dan sebagian data yang harus diisi, perhatikan baik-baik catatan untuk setiap data guna menghemat waktu.

Saat melakukan pendaftaran, format penulisan adalah Huruf Kapital untuk setiap awal kata, kecuali penulisan singkatan gelar akademik atau akronim ditulis sebagaimana adanya.

Saat melakukan pendaftaran, terdapat kode captcha yang harus diisi dan harus betul-betul sesuai dengan gambar yang terdapat disampingnya. Bila digambar tertulis huruf kapital tuliskan kapital atau sebaliknya.

Perhatian !

Berhati-hatilah saat melakukan pengisian formulir pendaftaran online karena data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki apabila terdapat kesalahan dalam pengisian.
Data yang diisikan dalam formulir pendaftaran online akan digunakan sampai tahap akhir seleksi.

TATA CARA PENDAFTARAN 
Langkah Pertama
1. Registrasi dilakukan secara online melalui laman : https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga mulai tanggal 11 September 2017 sampai dengan tanggal 25 September pukul 23.59 WIB;

Anda masuk ke sscn.bkn.go.id


Setelah anda masuk ke menu SSCN, maka akan tampil seperti diatas, 

Langkah Kedua 

Untuk Alur Pendaftaran CPNS Online selengkapnya bisa anda cek di https://goo.gl/PEdLzm



Langkah berikutnya
Pelamar login  di  portal  CPNS Kementerian  Sosial dengan alamat  http://cpns.kemsos.go.id menggunakan NIK  dan password  yang  telah didaftarkan.Untuk akses  dan  login di http://cpns.kemsos.go.id diperlukan  waktu  3  (tiga)  jam  setelah  mendapatkan  akun  dari http://sscn.bkn.go.id.
Pelamar mengisi Formulir Pendaftaran secara lengkap.
Pelamar mengunduh  Formulir  Pendaftaran yang telah  diisi dan menandatanganinya di atas materai Rp.6000,-
Pelamar mengunggah hasil scan dokumen lamaran dalam format  pdf dalam 1 (satu) file yang meliputi:
Formulir Pendaftaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp.6.000,-
Surat lamaran yang ditujukan  kepada Menteri  Sosial RI di Jakarta, yang diketik  dengan komputer dan  ditandatangani dengan pena bertinta  hitam, bermaterai  Rp.6000,-. (format dapat diunduh dilaman http://cpns.kemsos.go.id.
Ijazah asli yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
Transkip Nilai Asli.
KartuTandaPendudukAsliatauSuratketerangantelahmelakukanrekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
Khusus pelamar formasi Putra/i Papua dan Papua Barat selain mengunggah persyaratan diatas, juga mengunggah : Ijazah Asli jenjang SD,SMP, dan SMU serta Akte / Keterangan Lahir/ Keterangan Kepala Desa yang menerangkan bahwa pelamar asli Papua atau Papua Barat dari  garis keturunan orang tua (Bapak) asli dari Papua atau Papua Barat.
Pasfoto berlatar belakang warna merah ukuran 3x4.
Pada saat  mengisi Formulir  Pendaftaran daring,  pelamar dapat  memilih  lokasi SKD seperti daftar di bawah ini. Pilihan lokasi SKDtidaklah mutlak dapat dirubah berdasarkan kebutuhan oleh Tim Pelaksana PengadaanCPNSKementerian Sosial TA 2017
Tahapan Seleksi :
Seleksi Administrasi
Seleksi administrasi adalah pelaksanaan verifikasi dokumen lamaran yang telah diunggah dan mencocokannya dengan persyaratan dan data pelamar pada Formulir Pendaftaran.
Seleksi Kompetensi  Dasar (SKD) menggunakan Computer   Assisted   Test  (CAT) dengan bobot 40%.
Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)dengan bobot 60%, meliputi:
Untuk SKB Jabatan Fungsional ( Butir II. 1. s/d  10 dan 13, 14 ) dengan materi  substansi jabatan menggunakan Computer  Assisted  Test (CAT).
Untuk Jabatan Pelaksana ( Butir  II. 11 dan 12 ) menggunakan metode  psikotes dengan kriteria disarankan dan tidak disarankan. Peserta yang dinyatakan lulus SKBadalah peserta yang mendapatkan kriteria disarankan dan hasilnya diintegrasikan dengan hasil SKD.

Baca JUga :
Pengumuman Formasi  Kementerian Sosial https://goo.gl/KmY28B




Menu Login
Untuk dapat login, pelamar harus memiliki akun yang akan dibuat secara otomatis setelah melakukan pendaftaran

Merupakan menu untuk login kedalam aplikasi, setelah login pelamar dapat mencetak formulir pendaftaran dan kartu ujian khusus bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi

Menu Data Pribadi
Merupakan menu untuk melihat data pribadi yang digunakan saat mendaftar. Menu ini hanya dapat diakses oleh pelamar yang telah melakukan pendaftaran

Menu Formulir Pendaftaran
Merupakan menu untuk melihat format formulir pendaftaran. Selain itu menu ini dapat pula digunakan untuk mengunduh atau mencetak formulir pendaftaran yang akan digunakan sebagai kelengkapan berkas pendaftaran. Menu ini hanya dapat diakses oleh pelamar yang telah melakukan pendaftaran.

Menu Kartu Ujian
Merupakan menu untuk melihat format Kartu Ujian. Selain itu menu ini dapat pula digunakan untuk mengunduh atau mencetak kartu ujian yang akan digunakan sebagai tanda peserta ujian. Menu ini hanya dapat diakses oleh pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Menu Riwayat Hidup
Merupakan menu untuk menampilkan halaman pengisian daftar riwayat hidup. Menu ini hanya dapat diakses oleh pelamar yang dinyatakan lulus wawancara.

Sumber : http://cpns.kemsos.go.id/

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments