Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker PT Zona Plastik KLIK DISINI

Loker Gink Technology KLIK DISINI

Thursday, August 17

Sejarah Singkat Kemerdekaan Republik Indonesia

Foto Ist
Sejarah Singkat Kemerdekaan Republik Indonesia

Informasi, infokyai.com - Negara Indonesia adalah salah satu Negara yang telah merdeka Pada Hari Jum'at Tanggal 17 Agustus 1945, dengan merdekanya Negara Indonesia dengan dibacakannya proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai pendampingnya, yang bertempat di Jalan. Pegangsaan Timur no. 56 di Jakarta Pusat.

Awal mula pada tanggal 6 Agustus 1945 telah terjadi peristiwa besar, yaitu ledakan sebuah bom atom besar yang meledak di Kota Hirohsima Jepang, sehingga pada saat terjadinya ledakan tersebut Jepang yang pada saat itu sedang menjajah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bom atom tersebut dijatuhkan diatas Kota Hiroshima Jepang oleh Amerika Serikat, dengan terjadinya ledakan tersebut membuat moral semangat tentara Jepang di seluruh dunia menjadi menurun, sehingga sehari kemudian Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia BPUPKI, atau Dokuritsu Junbi Cosakai, berganti nama menjadi PPKI ( Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau disebut juga Dokuritsu Junbi Inkai dalam bahasa Jepang, untuk lebih menegaskan keinginan dan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa jepang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai  yang didirikan oleh pemerintah jepang pada tanggal 29 april 1945 yang beranggotakan 63 orang. kemudian berganti pada tanggal 07 Agustus 1945 menjadi PPKI (Panitian Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa jepang disebut Dokuritsu Junbi inkai, Lalu pada tanggal 9 Agustus 1945, bom atom kedua dijatuhkan di atas Nagasaki sehingga menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya.

Dari kejadian tersebut, akhirnya momen ini dimanfaatkan Indonesia untuk dapat segera memproklamasikan kemerdekaanya, pada tanggal 10 Agustus 1945 Sutan syahrir mendengar lewat radio bahwa jepang telah menyerah Amerika Serikat dan sekutunya.

Dari momen ini, para pejuang Indonesia semakin mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, dan saat kembalinya Ir Soekarno dari Dalat, Sutan Syahrir terus mendesak untuk dapat Memerdekakan Indonesia.

Pada Tanggal 15 Agustus 1945 Jepang benar - benar telah menyerah pada sekutunya, akhirnya pada tanggal 16 Agustus 1945, para pemuda Indonesia membawa Ir Soekarno berserta keluarganya dan juga Moh Hatta ke Rengasdengklok.

Tujuan para pemuda membawa Ir Soekarno dan Moh Hatta ke Rengasdengklok untuk dapat mereka berdua tidak dapat dipengaruhi oleh Jepang.

Lalu di Jakarta, Wikana dan Mr Ahmad Soebarjo menyetuji untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia yai, maka diutuslah Yusuh Kunto yai, untuk menjempu Ir Soekarno berserta keluarganya dan juga Moh Hatta, untuk kembali ke Jakarta yai.

Setelah sampai ke Jakarta, mereka dibawa ke rumah Nishimura dan dibawa kembali kerumah Laksamana Maeda, untuk dapat merancang sebuah konsep kemerdekaan, teks proklamasi pun lalu disusun pada dini harinya yang diketik oleh Sayuti Melik.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 dipagi hari, di kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Jakarta Timur tepat pukul 10.00 WIB dibacakanlah Teks Proklamasi dan juga dikibarkan Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Soekarno Ibu Fatmawati.

Setelah selesai Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih, sorak bergembira disambut oleh seluruh Rakyat Indonesia.

Pada Tanggal 18 Agystus 1945, PPKI mengambil sebuah keputusan, dan mengesahkan UUD 1945 dan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. 

Sekian sekilas Sejarah Singkat Kemerdekaan Republik Indonesia, yang dapat infokyai.com sajikan dengan mengutip dari beberapa sumber sejarah Indonesia, semoga dari sajian intomasi ini, dapat memberikan pengetahuan bagi anda tentang makna Kemerdekaan Republik Indonesia, berikut ini video Proklamasi Arsip Naskah dan Suara :

Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments