Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com

Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Follow Instagram @Infokyai KLIK DISINI

Add @LINE Infokyai KLIK DISINI

Add PIN BBM Infokyai KLIK DISINI

Add BBM Channel Infokyai KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram KLIK DISINI

Thursday, August 24

Jenis - Jenis Beasiswa Yang Perlu Kamu Tau


Jenis - Jenis Beasiswa Yang Perlu Kamu Tau
Edukasi, infokyai.com - Beasiswa adalah salah satu bentuk pemberian bantuan, yang diberikan oleh seseorang, perusahaan, lembaga, pemerintah kepada mahasiswa baik dalam bentuk material ataupun non material. 

Beasiswa biasanya diberikan kepada mahasiswa, demi untuk keberlangsungan pendidikannya agar berjalan lebih lancar, biasanya beasiswa diberikan, dikarenakan mahasiswa tersebut memiliki sebuah prestasi, ataupun karena kurang mampu. 

Menurut Murniasih (2009) beasiswa diartikan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penghargaan itu dapat berupa akses tertentu pada suatu institusi atau penghargaan berupa bantuan keuangan. Pada dasarnya, beasiswa adalah penghasilan bagi yang menerimanya. Hal ini sesuai dengan ketentuan pasal 4 ayat (1) Undang-undang PPh/2000. Disebutkan pengertian penghasilan adalah tambahan kemampuan ekonomis dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang diterima atau diperoleh dari sumber Indonesia atau luar Indonesia yang dapat digunakan untuk konsumsi atau menambah kekayaan Wajib Pajak. Karena beasiswa bisa diartikan menambah kemampuan ekonomis bagi penerimanya, berarti beasiswa merupakan penghasilan.

Menurut Murniasih (2009), ada beberapa jenis beasiswa yaitu:
a. Beasiswa Penghargaan
Beasiswa ini biasanya diberikan kepada kandidat yang memiliki keunggulan akademik. Beasiswa ini diberikan berdasarkan prestasi akademik mereka secara keseluruhan. Misalnya, dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Meski sangat kompetitif, beasiswa ini ada dalam berbagai bentuk.

b. Beasiswa Bantuan
Jenis beasiswa ini adalah untuk mendanai kegiatan akademik para mahasiswa yang kurang beruntung, tetapi memiliki prestasi. Komite beasiswa biasanya memberikan beberapa penilaian pada kesulitan ini, misalnya, seperti pendapatan orangtua, jumlah saudara kandung yang sama-sama tengah menempuh studi, pengeluaran, biaya hidup, dan lain-lain.

c. Beasiswa Atletik
Universitas biasanya merekrut atlet populer untuk diberikan beasiswa dan dijadikan tim atletik perguruan tinggi mereka. Banyak atlet menyelesaikan pendidikan mereka secara gratis, tetapi membayarnya dengan prestasi olahraga. Beasiswa seperti ini biasanya tidak perlu dikejar, karena akan diberikan keada mereka yang memiliki prestasi.

d. Beasiswa Penuh
Banyak orang menilai bahwa beasiswa diberikan kepada penerimanya untuk menutupi keperluan akademik secara keseluruhan. Jika Anda benar-benar beruntung, tentunya Anda akan mendapatkan beasiwa seperti ini. Beasiswa akan diberikan untuk menutupi kebutuhan hidup, buku, dan biaya pendidikan. Namun, banyak beasiswa lainnya meng-cover biaya hidup, buku, atau sebagian dari uang sekolah.

Setelah kita mengetahui tentanh jenis - jenis berasisa, seperti beasiswa penghargaan, beasiswa bantuan, beasiswa atletik, beasiswa penuh, dari penjelasan diatas, infokyai.com akan membahas lebih lanjut mengenai masalah beasiswa yang berada di perguruan tinggi, yaitu sebagai berikut : 

Pertama yang infokyai.com bahas, adalah beasiswa Bidik Misi

Beasiswa Bidik Misi adalah salah satu program beasiswa yang diberikan oleh Dirjen Dikti untuk perguruan tinggi negeri ataupun swasta, jadi beasiswa jenis bidik misi, merupakan beasiswa bantuan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang kurang mampu. 

Pada beasiswa bidik misi, dilatar belakangi oleh permasalahan kehidupannya yang kurang mampu, sehingga akses pendidikannya dari jenjang sekolah menengah akhir yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi terkendala karena masalah biaya, oleh karena itu dengan adanya beasiswa Bidik Misi, sudah banyak mahasiswa yang kurang mampu mendapatkannya, dan dapat melanjutkan pendidikannya. 

Kedua adalah beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau biasa disebut dengan beasiswa PPA


Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik adalah salah satu program beasiswa yang diberikan untuk peningkatan pemerataan dan kesempatan belajar bagi setiap mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya, sehingga pada saat mahasiswa mengalami kendala pada saat ia kuliah, dikarenakan faktor kekonomian keluarganya sedang kesulitan, maka bisa mengajukan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, sehingga pada beasiswa PPA, dikategorikan sebagai berikut : 
- Meningkatkan pemerataan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar pendidikan.
- Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa agar mereka dapat menyelesaikan studi/pendidikan tepat waktunya.
- Mendorong untuk meningkatkan prestasi akademik sehingga memacu peningkatan kualitas pendidikan.

Ketiga adalah Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia adalah salah satu beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah kepada sejumlah mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia, sesuai dengan tujuannya untuk memberikan bantuan keuangan tanpa ada ikatan dinas kepada mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik, yang dibuktikan dengan IPK

Keempat adalah Beasiswa Yayasan Supersemar

Beasiswa Yayasan Supersemar adalah salah satu beasiswa yang diberikan oleh sebuah Yayasan Supersemar yang berlaku kepada mahasiswa semua jurusan, sesuai dengan pedoman beasiswa supersemar. 

Kelima adalah Beasiswa bantuan belajar mahasiswa (BBM)
Beasiswa BBM

Beasiswa bantuan belajar mahasiswa (BBM) adalah salah satu program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mengalami kendala perekonomian, sehingga dengan adanya beasiswa BBM sama saja dengan beasiswa PPA, tujuannya unyuk membantu mahasiswa mengurangi beban keduaorang tuanya. 

Sekian informasi yang dapat infokyai.com sajikan,s emoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, dan jangan lupa share atau bagikan artikel ini jika bermanfaat, silahkan share atau bagikan dengan menggunakan tombol share / bagikan dibawah ini, terima kasih . (mp)
Add Friend

Artikel Terkait

Comments
0 Comments